Begini cara belajar bahasa Inggris dengan cepat lewat musik dan nonton film

Lakukan empat hal ini dan kamu akan lancar ngoceh bahasa Inggris!

Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris wajib kamu kuasai jika ingin mengepakan sayap lebih lebar di bidang apapun. Terlebih di era pasar bebas global, ngoceh menggunakan bahasa Inggris bukan lagi tentang gaya-gayaan ala Cinta Laura, atau bukan kita gak cinta dengan bahasa Ibu, namun menggunakan bahasa Inggris sudah menjadi keharusan untuk berinteraksi dengan dunia luar yang lebih maju.

Baca juga : Tak Perlu Lagi Pelet. Karena Sekarang, Jodoh Begitu Mudah Ditemukan di Internet

Namun sayangnya masyarakat kita masih banyak yang belum menguasai bahasa Inggris, menurut penelitian yang dilakukan oleh Educational Research & Development EF English First  atau EF, Masyarakat Indonesia dalam hal bahasa Inggris masih tertinggal dengan Malaysia, Singapura, Vitenam dan India. Hasil survei EF dari 70 negara, Indonesia menempati urutan ke 32, sedangkan Malaysia 14, Singapura ke 12, India berada di urutan 20, dan Vietnam berada di posisi 29.

terjemahinggrisindonesia.com
terjemahinggrisindonesia.com

Sistem pendidikan Indonesia yang masih dalam fase perkembangan, dan minat masyarakat Indonesia yang masih rendah terhadap bahasa Inggris, disebut-sebut sebagai pemicu rendahnya kemampuan berbahasa Inggris orang Indonesia, hal itu diperparah dengan metode pengajaran bahasa inggris yang monoton sehingga banyak para pelajar yang merasa bosan dan kesusahan dalam menghadapi pelajaran bahasa Inggris.

Untuk kamu yang merasa bahasa Inggrisnya masih sebatas I Love You, Kamu bisa memperkaya kemampuanmu dengan metode yang lebih mengasyikan, yaitu mendengarkan musik dan nonton film Hollywood. berikut cara belajar bahasa Inggris dengan cepat lewat musik dan nonton film.

1. Nonton film Hollywood dengan subtittle bahasa Indonesia

Untuk memperkaya perbendaharaan kata bahasa Inggris kamu, menonton film luar dengan subtittle bahasa Indonesia merupakan hal yang sangat tepat, sebab kamu bisa mendengarkan pengucapan bahasa inggris sekalian mengetahui artinya. Melalui nonton film juga kamu bisa belajar aksen bahasa inggris dan mempertajam telingamu dalam hal listening. Ini merupakan cara belajar bahasa Inggris dengan cepat yang sangat efektif.

yudabrightside.wordpress.com
yudabrightside.wordpress.com

2. Nonton film Indonesia dengan subtittle bahasa Inggris

Untuk melengkapi ketrampilan kamu dalam berbahasa Inggris dan memperkaya perbendaharaan bahasa Inggris, kamu juga bisa menonton film Indonesia dengan beserta subtittle bahasa Inggris. Pada metode ini kamu bisa mengetahui bahasa Inggris dari kata Indonesia sekaligus penulisannya, Jadi kalo point yang pertama tadi belajar listening, untuk point yang kedua ini kita belajar reading.

kellanlutzonline.com
kellanlutzonline.com

3. Mendengarkan lagu yang menggunakan bahasa Inggris simple

Salah satu metode memperkaya perbendaharaan kata yang lainnya ialah dengan mendengarkan musik yang menggunakan lirik bahasa Inggris simple, kamu bisa menirukan nyanyian tersebut berulang-ulang sampai hafal. Ada beberapa judul lagu yang di rekomendasikan untuk belajar bahasa Inggris sebab menggunakan bahasa Inggris yang simple dan aksen yang jelas, seperti lagu Diamond dari Rihana, Hello dari Adele, atau My Love yang dinyanyikan Westlife.

Menyanyikan lagu Inggris secara terus-terusan akan mempercepat belajar bahasa Inggris kamu, selain memperkaya perbendaharaan kata, kamu juga langsung belajar mengucapkan kata bahasa Inggris melalui lagu, jadi metode ini merupakan metode yang tepat untuk belajar speaking.

dailymotion.com
dailymotion.com

4. Mendengarkan lagu berbahasa Inggris dengan membaca lirik dan artinya.

cara belajar bahasa Inggris dengan cepat selanjutnya ialah dengan menggunakan paket komplit, yaitu kamu mendengarkan lagu, melihat tulisannya dan memahami arti per kata nya. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mendownload lagu yang direkomendasikan diatas dan jangan lupa juga mendownload lirik dan artinya, cara mencari itu sangat mudah dan bertebaran di Internet.

Kenapa harus musik, bukan dialog seseorang? Hasil penelitian mengungkapkan efek musik yang sangat baik buat kesehatan mental, fisik dan fikiran. Saat mendengarkan musik gelombang otak kita sedang dalam keadaan yang stabil dan tenang, hal ini membuat semua hal yang direkam otak bisa tersimpan maksimal. Maka tidak heran jika banyak pelajar yang saat belajar membutuhkan iringan suara musik.

bukuqu.com
bukuqu.com

Musik juga mampu memperbaiki mood seseorang, mendengarkan musik yang kita sukai dan berisi kata-kata positif terbukti membuat perasaan seseorang lebih baik dan lebih bahagia. Jadi belajar bahasa Inggris menggunakan metode musik.

Itulah cara belajar bahasa Inggris dengan cepat melalui nonton film dan mendengarkan musik. Lakukan empat hal diatas secara rutin setiap hari agar penguasaan bahasa Inggrismu lebih baik dan kamu siap lancar ngoceh bahasa Inggris.

 

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Punthuk Mongkrong, Spot Tergres Menikmati Sunset dan Sunrise di Magelang

Bangganya Melihat Indonesia Borong 12 Penghargaan di Ajang Wisata Halal Dunia