Menurut Pakar, Inilah 3 Cara Ampuh Mengatasi Ketombe. Dijamin Nggak Muncul Lagi

Masih bermasalah dengan ketombe padahal sudah pakai shampo anti ketombe? Berikut ini cara yang direkomendasikan oleh pakar biologi rambut.

Bisa dibilang, ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang paling sering dialami oleh banyak orang. Apalagi dibarengi dengan rasa gatal yang mengganggu, serta merusak penampilan jika ketombe tersebut berjatuhan di bahu ketika pakai baju berwarna gelap. Meski sekarang banyak shampo khusus untuk mengatasi permasalahan tersebut, nyatanya ketombe tak bisa disingkirkan dengan semudah itu.

Ketombe (Beauty Tips)

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Menurut Dr. Dominic Burg, kepala ilmuwan dan ahli biologi rambut, ketombe bisa disebabkan karena kulit kepala yang kering. Oleh karena itu beberapa cara ini patut kamu coba untuk menghilangkan ketombe secara permanen!

Perhatikan bahan kimia yang terkandung dalam shampo

Cara pertama yang dianjurkan oleh Dr. Dominic adalah menggunakan produk pembersih rambut yang bebas sulfat. Bahan kimia ini diketahui membuat kulit kepala menjadi kering, karena itu sebaiknya dihindari. Memang sulit memilih produk dengan kandungan kimia tertentu, oleh karena itu disarankan gunakan bahan alami.

Perhatikan bahan kimia yang terkandung dalam shampo (Vox)

Pilih bahan alami yang bisa memberikan kelembutan pada kulit kepala. Misalnya saja yang mengandung aloe vera atau lidah buaya, Vitamin E, minyak esensial seperti lavender dan rosemary, serta antioksidan seperti teh hijau dan goji berry. Bahan tersebut aman bagi kulit dan membuatnya tetap lembab.

Jangan terlalu sering keramas

Banyak yang menganggap keramas setiap hari bahkan setiap kali mandi mampu membuat rambut bersih dan sehat. Padahal cara tersebut tidak sepenuhnya benar. Keramas setiap hari bisa menyebabkan peradangan yang membuat kulit kepala menebal dan menyebabkan ketombe.

Jangan terlalu sering keramas (smooth.com.au)

Pada rambut terdapat mikroba baik yang selalu menyeimbangkan PH, menjaga nutrisi dengan memproduksi molekul pertahanan khusus, dan mengimbangi mikroba jahat. Menurut Dr. Dominic, keramas dua sampai tiga kali seminggu membuat mikroba baik akan lebih lama bekerja di kulit kepala, yang pada akhirnya dapat mengatasi ketombe.

Jangan menggunakan scrub dan kondisioner di kulit kepala

Scrub mengandung butiran halus yang bisa mengangkat sel kulit mati. Namun jika digosokkan pada kulit kepala yang sudah kering justru bisa menyebabkan iritasi. Kalau sudah terbiasa menggunakan scrub maka disarankan mencari produk dengan bahan pelembab.

Jangan menggunakan scrub dan kondisioner di kulit kepala (Reader’s Digest)

Kondisioner juga bisa membuat kulit kepala menjadi kering, apalagi jika produk berbasis bahan silikon. Daripada kondisioner, agar lebih sehat dan dapat mengatasi ketombe, Dr. Dominic merekomendasikan serum kulit kepala, yang bisa membuat rambut juga lebih sehat. Tapi jika sudah terbiasa, maka gunakan hanya pada ujung rambut saja dan jangan terkena kulit kepala ya.

Nah itulah beberapa cara ampuh dari ahli biologi untuk mengatasi masalah ketombe yang menyebalkan. Kini pakai baju hitam pun bisa lebih percaya diri, kan?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *