Buruknya Masa Lalu Tak Usah Disalahkan, Sebab Itu Bagian yang Akan Selalu Indah Untuk Dikenang

Dan masa depanmu masih suci, maka melangkahlah tanpa keraguan

Benar bahwa kita hidup untuk hari ini dan masa depan, tapi bukan berarti masa lalu lantas harus dibuang jauh dan dihapus dari ingatan. Seburuk apapun kamu di masa lalu, atau seburuk apapun kenangan yang kamu miliki di masa lalu, itu semua sudah berlalu dan tak perlu dirisaukan lagi.

Baca juga : 5 Kesalahan Anak Muda yang Membuatnya Tidak Pernah Berhasil Meraih Cita-cita

Masa lalu ada untuk menjadi introspeksi diri kita di saat ini dan masa depan. Jadi biarpun kita punya banyak hal buruk di masa lalu, yakinlah bahwa selalu ada pesan positif yang bisa kita dapatkan darinya. Berikut ini beberapa diantaranya:

Mengingatkan kita bahwa untuk mencapai posisi seperti saat ini, kita harus melalui jalan terjal terlebih dahulu

Ada jalan berliku yang membawa kita sampai ke titik tertinggi dalam hidup (thestrategyguysite.com)

Tidak ada yang instan di dunia ini, bahkan mi instan pun perlu proses merebus selama 3 hingga 5 menit untuk bisa kamu santap. Begitu pula yang terjadi dengan masa lalu. Boleh saja dulu kamu mendapat kenangan buruk dipandang sebelah mata oleh orang-orang sekitarmu. Namun kamu yang sekarang bukanlah kamu yang dulu, kan? Melalui kilas balik itulah kamu akan lebih menghargai perjuangan yang sudah kamu lakukan hingga berada pada titik seperti saat ini.

Pemacu semangat

 

Saat kita mengalami hal-hal yang tidak mengenakkan, kita cenderung akan mengingatnya terus. Apalagi jika kejadian itu sedemikian dalam membekas di hati. Namun bagi orang-orang yang mau berjuang, itu semua justru akan menjadi pemacu semangat untuk terus berkembang dan berubah menjadi lebih baik. Ulat bulu boleh saja selalu dipandang remeh karena bentuknya yang mengerikan. Namun saat berubah menjadi kupu, penderitaannya selama itu pun tergantikan dengan keindahan yang amat mengagumkan, bukan?

Nostalgia

Kita pun bisa bernostalgi dengan masa lalu seburuk apapun (iso.500px.com)

Orang-orang bijak mengajarkan kita untuk menertawakan masa lalu. Biarlah jika dulu kita pernah mempunyai hidup kelam, asalkan ada niatan untuk mengubahnya. Tak masalah jika kamu pernah mendekam dalam bui karena melakukan tindak kejahatan di masa lalu. Namun saat kini sudah bebas, berjuanglah agar stigma buruk yang melekat pada dirimu bisa segera luntur. Dan saat kamu mencapai puncak kesuksesan kelak, kamu bisa menengok ke belakang dan menertawakan masa lalumu yang kelam itu. Dari sesuatu yang kelam itulah kamu akhirnya bisa menjadi seperti saat ini.

Masa depanmu adalah lembaran kosong yang perlu kamu isi

Masa depan adalah lembaran kosong yang perlu kamu isi dengan tinta emas (mountain-pirates.blogspot.co.id)

Masa lalu, masa kini dan masa depan bisa diibaratkan bagai sebuah buku. Masa lalu adalah halaman-halaman yang telah kamu tulis sebelumnya, sedangkan masa kini adalah bagian bukuyang tengah kamu isi dengan sejarah baru. Halaman-halaman berikutnya adalah masa depan, yang masih polos dan suci. Halaman itu ada untuk kamu isi dengan goresan tinta emas, maka kamu tak perlu menyesali tinta hitam yang dulu pernah menjadi bagian dari lembar-lembar kehidupanmu.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Karena Cinta Tak Kenal Kata Sibuk, Hanya Saja Prioritas yang Berbeda

Bagaimana Kekasihmu Bisa Percaya Padamu, Jika Kamu Selalu Membuatnya Cemburu