Jangan Meremehkan, Buruh Pabrik Justru Jadi Profesi yang Sangat Membanggakan!

Kalau kamu bangga nggak sama profesimu?

Setiap tahun angka lulusan di Indonesia selalu jauh lebih banyak daripada lapangan pekerjaan yang tersedia. Untuk itu butuh upaya dan kerja keras agar dapat bekerja pada bidang yang diinginkan. Atau setidaknya bisa mendapatkan pekerjaan yang layak, misalnya saja buruh pabrik. Namun sayangnya, banyak angkatan kerja saat ini yang tak ingin menjadi seorang buruh pabrik. Ada yang beralasan gajinya kurang, ada juga yang menolak karena gengsi.

Buruh pabrik (3.bp.blogspot.com)

Sebelum kamu meremehkan profesi buruh pabrik, ada baiknya kamu pahami beberapa fakta berikut ini. Alih-alih memalukan, profesi ini justru sangat membanggakan dan banyak menjadi incaran para pencari kerja. Ini dia alasannya.

Seragam yang membanggakan

Memang benar sih, seragam yang dipakai seorang buruh pabrik bukanlah satu-satunya dilingkungan kerja. Ada ratusan hingga ribuan karyawan yang memakai seragam serupa. Yang boleh kamu banggakan, seragam ini tentu saja tak dijual di toko manapun. Bahkan untuk mendapatkannya butuh perjuangan keras.

Seragam yang membanggakan (1.bp.blogspot.com)

Saat bertemu dengan orang lain, seragam yang menjadi identitas perusahaan ini nyatanya juga bisa bikin bangga. Orang-orang jadi tau kalau kamu bekerja di perusahaan besar dengan ribuan karyawan. Meskipun ada juga sih buruh yang bekerja tanpa seragam.

Memiliki teman kerja dari berbagai suku dan daerah di Indonesia

Dari ribuan karyawan yang bekerja di pabrik, pasti banyak juga pendatang dari luar daerah. Semuanya berkumpul dan bekerja bersama. Jadi nggak mustahil jika kamu bisa dapet teman dari luar provinsi ataupun dari suku yang berbeda-beda.

Memiliki teman kerja dari berbagai suku dan daerah di Indonesia (pt. tiara gada pratama medan – blogger)

Dengan begitu, pertemanan di lingkungan kerja menjadi semakin asik. Wawasanmu tentang kedaerahan juga bisa bertambah. Apalagi semakin banyak teman semakin banyak juga rezeki yang datang.

Jaminan kesehatan, hari tua hingga kematian ditanggung perusahaan

Bagi pabrik, karyawan merupakan aset paling penting. Perusahaan pasti tak menginginkan adanya kecelakaan kerja ataupun hal buruk lainnya, oleh karena itu setiap karyawan wajib didaftarkan BPJS oleh perusahaan. Karena saat satu saja karyawan tidak masuk kerja, produktivitas produksi bisa terganggu hingga keseluruhan.

Jaminan kesehatan, hari tua hingga kematian ditanggung perusahaan (beritadaerah.co.id)

BPJS ini ada banyak macamnya, seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, hingga BPJS Jaminan Pensiun. Setiap perusahaan pasti memiliki kebijakan yang berbeda tentang BPJS ini sehingga tidak semua perusahaan menjamin hal yang sama.

Jenjang karir yang menjanjikan

Setiap orang pasti ingin gaji dan juga karirnya terus meningkat, dan hal ini bisa terjadi kalau kamu kerja di pabrik. Mengejar karir di pabrik bisa dibilang gampang-gampang susah. Yang paling penting kamu harus ngerti cara pakai aplikasi perkantoran dan supel sama karyawan di lingkungan kerja.

Jenjang karir yang menjanjikan (gudanggaramtbk.com)

Ketika kamu bisa berteman dengan banyak karyawan serta memiliki sifat supel kepada orang lain, kamu juga bisa berkoordinasi baik dengan rekan kerja. Apalagi ditambah semangat belajar yang membara seperti ikutan kursus atau bahkan kulaih lagi. HRD pasti akan memberi perhatian lebih bahkan mempertimbangkan kamu untuk naik jabatan.

Namun semua itu tetap tergantung masing-masing perusahaan. Karena ada perusahaan atau pabrik yang memperlakukan karyawan dengan baik tapi ada juga yang buruk. Jadi, gimana nih pendapat kamu tentang buruh pabrik?

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Erinda

"You can if you think you can"

4 Kasta yang Nggak Sadar Telah Tercipta dan Dilestarikan di Sekolah

Dear Anak 90-an, Yuk Mengenang Masa Jaya Wartel