Tak Sekedar Cantik, Bupati Talaud Ini Juga Jadi Sosok yang Menginspirasi

Buat kamu yang wanita, ayo jangan mau kalah dengan beliau!

Sosok-sosok pemimpin muda di bidang pemerintahan yang cakap dan kompeten di bidangnya mulai banyak bertebaran di seluruh Indonesia. Tak sekedar mampu merangkul masyarakat, beberapa di antaranya bahkan berhasil memajukan daerah yang dipimpinnya sehingga lebih bersinar dari sebelumnya.

Dari sekian banyak sosok pemimpin tersebut, muncul pula para wanita-wanita tangguh yang memegang tampuk jabatan penuh amanah itu. Salah satunya adalah Sri Wahyumi Maria Manalip, Bupati Talaud, Sulawesi Utara. Tak sekedar muda dan cantik, dirinya pun dikenal membuat banyak perubahan di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Filipina itu.

Rajin mendengar keluhan masyarakat

Sebagai orang nomor satu di Talaud, Sri Manalip tentu harus selalu siaga kapanpun masyarakat membutuhkannya. Bupati berjuluk Srikandi Perbatasan ini bahkan meluangkan waktu khusus setiap hari Senin untuk menerima keluhan masyarakat. Tak sekedar aspirasi, namun juga urusan proposal usaha kecil mulai dari sembako, pertukangan, hingga permohonan pengadaan bantuan kendaraan roda tiga. Tak heran jika beragam penghargaan macam Indonesian Good Governance Award 2015 dan Jaminan Kesehatan (JKN) Award dari Kementerian Kesehatan pernah diraihnya.

Rajin mendengar keluhan masyarakatnya – manadoaktual.com

Pelan tapi pasti, Sri Manalip pun mampu mengubah wajah Kepulauan Talaud jadi lebih baik. Untuk itu, ia mengajak putra-putri Talaud yang merantau untuk kembali dan melihat sendiri kemajuan yang dicapai Talaud. Maklum, selama ini masyarakat di daerah kepulauan cenderung berkeinginan untuk merantau dan mengadu nasib di kota-kota yang lebih besar. Ini tentu ironis, apalagi mengingat kampung halaman sendiri jauh lebih memerlukan para putra daerahnya.

Fashionable, energik dan nyentrik

Tak hanya dikenal sebagai sosok yang cantik dan anggun, Sri Manalip juga tak pernah lupa untuk selalu tampil modis di manapun berada. Bupati wanita pertama di Talaud ini bahkan kerap bergaya bak sosialita, dan bisa kamu lihat langsung melalui akun Instagramnya yang hingga artikel ini ditulis telah diikuti oleh 24,3 ribu orang.

Tampil modis bak sosialita – Tribun Medan

Kalau kamu berpikir pejabat wanita nyentrik dan energik cuma Susi Pudjiastuti semata, maka kamu salah besar, karena Sri Manalip pun tak kalah nyentik dan energiknya dengan Susi. Nggak percaya? Coba tengok kerennya Sri Manalip menunggangi motor trail saat ‘blusukan’ di Talaud. Masih kurang? Simak juga bagaimana ia mengemudikan sendiri kapal cepat untuk meninjau daerah di kawasan Kepulauan Talaud. Sri Manalip pun tak jarang terlihat aktif dalam kegiatan olahraga, termasuk dengan menyelam. Luar biasa!

Menginspirasi wanita Indonesia

Melalui apa yang sudah kita ketahui di atas, Sri Manalip jelas menjadi sosok yang menginspirasi, terutama bagi para wanita di Indonesia. Saat ini, para wanita juga mulai diperhitungkan untuk menempati posisi strategis di bidang apapun, sehingga stigma bahwa ‘para wanita tempatnya adalah di dapur’ sudah mulai bergeser ke arah yang lebih baik.

Sri Manalip bahkan mampu mengemudikan kapal sendiri – Instagram

Kegigihan Sri Manalip untuk terus mengembangkan Kabupaten Talaud juga bisa menjadi teladan bagi kita semua, bahwa bukan daerahnya yang bermasalah sehingga ditinggalkan putra-putri terbaiknya, namun karena kurangnya kesadaran untuk membangun daerah asal. Padahal jika mau dan tekun, daerah setertinggal apapun bisa juga bangkit dan maju menjadi daerah modern yang jauh lebih baik.

Sri Manalip tak ragu mengendarai trail menerjang medan terjal – Instagram

Sosok Sri Manalip yang tidak ragu untuk melakukan kegiatan ekstrem yang selama ini menjadi dominasi kaum Adam juga bisa menjadi contoh bagi kaum Hawa, bahwa kesetaraan gender tak hanya sekedar wacana, tapi juga bisa diterapkan bahkan dalam kondisi lapangan sekalipun. Kalian para wanita juga tak perlu takut untuk dicap tidak feminim dan kehilangan keanggunannya, karena toh Sri Manalip tetap terlihat cantik, anggun, dan feminim saat ia mengendarai motor trail menerjang medan terjal sekalipun.

 

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Efek Bahaya Dari Obat Batuk Sachetan yang Kini Digunakan Untuk Mabuk Para Remaja

Wanita Berpendidikan Tinggi Sulit Menikah? Kata Siapa?