Rp4,7 Juta Adalah Budget Minimal untuk Kebutuhan Make Up Per Tahun. Mahal?

Itu baru untuk produk-produk level biasa

Kita membutuhkan tiga hal utama untuk hidup, yaitu sandang, papan dan pangan. Lalu ada kebutuhan sekunder, baru kemudian kebutuhan tersier –seperti make up bagi wanita. Tapi, bagaimana kalau besarnya dana yang dikeluarkan oleh kaum Hawa demi mempercantik diri terlalu mahal untuk disebut kebutuhan tersier?

Meskipun termasuk kebutuhan tersier, wanita rela menggelontorkan banyak uang untuk kebutuhan make up. | lipservicemakeup.com

Menurut Her, wanita rela menghabiskan Rp4,7 juta per tahun untuk membeli lipstik, bedak, dan sederet produk make up lain. Bahkan, ada sebagian wanita yang sampai menggelontorkan dana sebesar Rp3,3 juta per bulan karena terbiasa membeli produk yang berbeda-beda setiap tahun.

Setara dua rumah di pinggiran Jakarta

Setiap tahunnya, seseorang wanita bisa menghabiskan sekitar 38 produk untuk wajah, atau sekitar 2.455 produk hingga usia 82,5 tahun. Produk yang dibeli pun sangat beragam. Produk perawatan kulit meliputi pelembap, penyegar, krim mata, masker wajah, hingga tisu pembersih wajah.

Sedangkan untuk make up, bujet terbanyak dikeluarkan para wanita untuk membeli produk seperti lipstik, bedak, alas bedak, perona mata dan pipi, hingga pensil alis.

Setiap tahun, seseorang wanita bisa menghabiskan sekitar 38 produk untuk wajah. | huffpost.com

Ironisnya, dana yang lumayan besar di atas bukan dihabiskan untuk membeli produk perawatan kulit dan make up terkenal berharga mahal, melainkan produk make up kelas biasa.

Kalau urusannya sudah membawa-bawa nama produsen kelas atas, menurut SkinStore, dalam setahun seorang wanita bisa mengeluarkan dana sekitar Rp2,6 miliar, setara dengan harga bukan hanya satu melainkan dua rumah di pinggiran Jakarta.

Tak perlu ragu, kamu pun boleh geleng-geleng kepala setelah membaca ini, sama seperti saya.

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Waspada Pria SSI, Speak-speak Iblis Penggoda Wanita di Dunia Maya

Dinilai Tidak Amanah, Wali Kota Ini Dipasung Rakyatnya! Teguran Banget Tuh Untuk para Wakil Rakyat