Buat Kamu yang Nggak Enakan, 4 Alasan Ini Ampuh Digunakan Untuk Menolak Ajakan

Kalau memang tak mau maka tolaklah, jangan malah meng-iya-kan karena merasa nggak enakan!

Jadi orang yang nggak enakan memang susah. Apalagi sifat yang muncul dari dalam nurani ini membuat kita sulit sekali mengatakan “tidak” terhadap permintaan orang lain. Perasaan tak enak membuat kita sulit mengeluarkan pendapat hingga akhirnya harus mengikuti arus yang bahkan tidak disukai.

Kamu salah satu orang yang memiliki sifat ini? Percayalah, jika tidak segera dihilangkan bisa merugikan diri sendiri. Nah jika kamu sulit menolak ajakan teman karena merasa nggak enak, beberapa alasan di bawah ini bisa kamu coba lho. Efektif banget tanpa bikin kecewa!

“Maaf ya aku terlanjur punya janji lain”

(Great West Digital Agency)

Terkesan bohong? Tidak, jangan berpikir seperti itu. Toh kamu sudah berjanji pada diri sendiri untuk mencoba mengurangi sifat nggak enakan kan? Nah itulah janji yang harus kamu tepati. Jika memang tak bisa maka tolak saja. Tak ada kewajiban bagimu untuk selalu ikut kemanapun orang lain pergi.

“Aku nggak ikut dulu ya, mungkin lain kali aku gabung”

(DKPopNews)

Penolakan tidak selalu mengecewakan kok, asal kamu bisa mengatakannya dengan sopan dan tidak menyinggung. Tetap junjung tinggi kesopanan agar orang lain tidak merasa tersakiti karena penolakan kita. Nah kalimat di atas bisa kamu gunakan, akan lebih baik jika ditambah permintaan maaf. Bukannya janji, lebih baik tenangkan mereka kalau kamu akan ikut lain kali.

“Lagi nggak enak badan/ capek banget nih, aku langsung pulang aja ya”

(feedme.id)

Kalimat ini rasanya pas sekali jika diucapkan oleh seorang yang introvert. Biasanya setelah seharian berada di keramaian, energi mereka akan terkuras habis. Nah alasan ini bisa digunakan jika memang kamu tidak berniat untuk ikutan. Mendingan dirumah kan ngumpulin tenaga dengan manjakan diri sendiri?

“Maaf ya aku lagi banyak kerjaan nih, nggak bisa ditinggal”

(pesanlab.com)

Sekali-kali tak apalah menggunakan pekerjaan sebagai alasan untuk menolak ajakan. Bilang saja kamu harus menyelesaikan banyak tugas yang hampir mendekati deadline. Dengan begitu tidak ada yang akan memaksa kamu untuk ikutan.

Kamu tak harus meng-iya-kan ajakan teman. Jika memang tak ingin ikutan maka beranilah untuk menolak. Jadi orang nggak enakan itu nggak enak. Dirimu sendiri yang nantinya akan merasakan kerugian.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *