Buat Kamu Para Fresh Graduate, Inilah 3 Pekerjaan yang Paling Disarankan oleh Bill Gates

Hanya bagi kamu yang tertarik untuk mengubah dunia…

Siapa tak kenal Bill Gates? Pendiri Microsoft yang juga dikenal sebagai seorang Milyuner nan dermawan ini telah menginspirasi banyak orang untuk bisa sukses seperti dirinya. Walaupun tidak pernah menyelesaikan kuliahnya dan keluar dari Harvard College pada tahun 1975, nyatanya Bill Gates bisa masuk ke dalam daftar tokoh di industri teknologi yang paling berpengaruh di dunia saat ini.

Baca juga : Inilah Dampak Bahaya Jika Anak Kecanduan Gadget, Orang tua Mesti Waspada!

Karena dianggap kenyang akan pengalaman, Gates kerap kali dimintai pendapat mengenai pekerjaan apa yang layak dipilih oleh seseorang. Oleh karenanya, melalui sebuah sebuah esai di situs Mic Network, Gates memberikan saran mengenai pilihan karir terbaik untuk para mahasiswa yang lulus di tahun ini dan punya hasrat mengubah dunia.

Tiga bidang karier

 

Melalui esai sepanjang 18 paragraf, Bill Gates mengungkapkan rasa sukacitanya pada mereka yang berhasil meraih gelar sarjana, sesuatu yang tak pernah didapatkannya dulu di bangku kuliah. Gates melanjutkan esainya dengan mengungkapkan keberuntungannya saat pertama masuk bidang teknologi, dimana pada masa itu, revolusi digital tengah berjalan dan Gates serta Paul Allen masih punya peluang besar untuk berperan.

Salah satu kutipan terkenal dari Bill Gates – informasi-saya.blogspot.co.id

Namun untuk saat ini, situasinya telah berbeda. Era digital telah jauh berkembang pesat dari sebelumnya dan pastinya memungkinkan banyak hal untuk terus berkembang. Oleh karenanya, Gates berandai-andai jika dirinya lulus tahun ini dan diminta menentukan pilihan karier yang tepat, maka ia beranggapan setidaknya ada tiga bidang karier yang berpotensi besar. Ketiga bidang itu adalah Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, bidang energi, dan bioteknologi.

Artificial Intelligence (AI)

Ilustrasi kecerdasan buatan mengambil alih pekerjaan manusia – theverge.com

Menurut Gates, salah satu alasan kenapa seseorang yang ingin punya andil bagi dunia harus mencoba berkarier di bidang teknologi kecerdasan buatan adalah karena saat ini perkembangannya masih di tahap awal. Gates percaya jika AI bisa membuat kehidupan manusia lebih produktif dan kreatif.

Energi

Bill Gates mengharapkan terciptanya energi yang bersih, terjangkau dan bisa diandalkan – renewablechoice.com

Pilihan karier yang kedua adalah bidang energi. Gates memimpikan terciptanya energi yang bersih, terjangkau, dan bisa diandalkan. Menurutnya, saat ini belum ada satu pun sistem di dunia yang bisa menyediakan kecukupan energi yang memenuhi ketiga kriteria itu. Jika terpenuhi, maka hal itu sangat berguna untuk memerangi kemiskinan dan perubahan iklim.

Bioteknologi

Bioteknologi memiliki potensi dan membutuhkan inovasi yang cerdas dalam perjuangan melawan obesitas, kanker dan depresi – nonagen.com

Sedangkan untuk pilihan karier ketiga, Gates menyarankan bidang bioteknologiGates berpendapat ilmu ini punya kesempatan besar untuk membantu manusia hidup lebih lama dan lebih sehat, terutama karena bioteknologi terkait dengan kesehatan manusia dan lingkungan, obat-obatan dan ketahanan pangan. Bidang ini dianggapnya memiliki potensi dan membutuhkan inovasi yang cerdas dalam perjuangan melawan obesitas, kanker dan depresi. Diantara kemajuan paling menjanjikan yang disebut Gates adalah vaksin DNA.

Bagaimana, kamu tertarik dengan ide pilihan karier yang disarankan oleh Bill Gates?

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Bukan Sekedar Hidangan Khas. Ketupat dan Makanan Khas Lebaran Ini Ternyata Kaya Akan Makna

Nikah Boleh Kapan Saja, Tapi Ini Waktu yang Paling Tepat untuk Punya Anak