Mungkinkah Laki-laki Bisa Berbuat Adil Saat Poligami? Inilah Jawaban Versi Agama dan Ilmiahnya

Hati laki-laki cuma satu, mungkinkah bisa membagi dua cinta?

100
SHARES

Poligami, satu kata yang bisa bikin kaum hawa mengerutkan dahi. Persoalan poligami biasanya menjadi pembahasan yang penting bagi perempuan, banyak yang menyetujui dengan poligami, namun hanya sedikit yang mau dipoligami. Poligami memang bak simalakama yang susah untuk menentukan sikap kita, terutama kaum hawa.

Kendala terbesar bagi seorang istri jika dipoligami ialah persoalan keadilan suami dalam memberikan hak istri, baik hak lahir maupun bathinnya. Poligami memang memberikan suka duka tersendiri bagi rumah tangga seseorang, ada yang berhasil membangun keluarga berpoligami dengan bahagia, banyak juga rumah tangga yang hancur karena suami memilih berpoligami.

pkskebunlada.blogspot.com

Persoalan utama yang melandasi kandasnya rumah tangga ketika suami poligami, ialah soal keadilan seorang suami dan rasa tidak rela seorang istri jika cintanya arus dibagi ke lain hati. Nah, untuk mengetahui apakah sebenarnya laki-laki bisa berbuat adil saat berpoligami, kita coba lihat dari sudut pandang agama dan ilmu pengetahuan modern.

Bisakah laki-laki berbuat adil saat berpoligami menurut agama?

Bagi sebagian laki-laki yang berpoligami, selalu mengatasnamakan poligam merupakan sebuah hal kebaikan yang diperbolehkan oleh agama dan merupakan kesunahan. Landasan yang digunakan bagi mereka yang melakukan poligami ialah dalam Surat An-Nisa ayat 3 yang merujuk pada anjuran menikahi dua, tiga, atau empat perempuan. Namun banyak yang tidak memperhatikan kata keadilan pada akhir ayat tersebut. Pada akhir ayat tersebut dikatakan jika dirasa tidak mampu berbuat adil maka cukup seorang istri saja.

siakapkeli.my

Lalu apakah laki-laki bisa berbuat adil? Dalam Surat yang sama dengan dipernolehkannya poligami diatas, Ayat 129 menjelaskan, bahwa sebenarnya laki-laki tidak akan pernah bisa berbuat adil kepada istri-istrinya meskipun sebenarnya laki-laki tersebut sangat menginginkan untuk berbuat adil. Dalam ayat ini menjelaskan jika laki-laki tidak mungkin bisa berbuat adil kepada istri-istrinya, hal itu terjadi karena manusia bukanlah pemilik sifat adil, dan cenderung berbuat tidak adil.

Bisakah laki-laki berbuat adil saat berpoligami versi psikologi

Berbicara keadilan dalam rumah tangga tentu tidak terlepas dari rasa cinta suami kepada istrinya, sebab biasanya suami yang berpoligami akan memperlakukan istrinya lebih istimewa jika terhadap istri yang lebih dicintainya. Nah lalu apakah laki-laki bisa mencintai dua orang wanita sekaligus, agar keduanya sama-sama mendapatkan perhatian dan perlakuan yang sama?

Ramani Durvasula, seorang psikolog klinis dari University of California, Los Angeles (UCLA), menjelaskan jika pada dasarnya manusia merupakan makhluk yang kompleks, terlebih jika membahas tentang perasaan, seperi persoalan cinta. Namun menurutnya, Ketertarikan terhadap lawan jenis yang berhubungan dengan pengalaman biologis merupakan kejadian dalam diri manusia yang melibatkan dopamin.

memangbeda.net

Dopamin sendiri merupakan neutransmiter yang ada di dalam otak yang berkaitan dengan kesenangan. Setiap otak merasakan kesenangan maka dopamin akan mengalir deras. Saat dopamin mengalir secara normal maka bagus untuk otak, tetapi jika dopamin mengalir terlalu banyak justru berbahaya bagi otak.

Ramani Durvasula menambahkan, dopamin yang berlebihan juga ikut mempengaruhi otak untuk mencintai pasangan lebih dari satu orang. Padahal secara normal, otak berfikir logis hanya bisa mencintai satu orang, dan itu merupakan sesuai dengan perasaan atau hati. Jadi pada dasarnya, hati dan otak seseorang hanya bisa mencintai satu orang saja agar jumlah dopamin dalam otak tidak berlebihan.

4.bp.blogspot.com

Memiliki pasangan lebih dari satu orang juga akan memberikan tanggung jawab dan beban mental yang lebih berat, fakta lain yang dipaparkan oleh Ramani Durvasula ialah jika laki-laki terbukti lebih bahagia dengan setia pada satu pasangan.

Nah jika kita sudah mengetahui jika pada dasarnya manusia tidak bisa mencintai terhadap dua orang secara bersamaan, dengan rasa cinta yang sama besarnya, maka kita bisa menyimpulkan jika keadilan di dalam rumah tangga saat berpoligami kemungkinan terjadinya sangat kecil. Sebab rasa cinta yang ada diantara beberapa istri itu berbeda, hal ini tentu bisa menimbulkan kecemburuan. Terlebih jika salah satu istri yang dipoligami merupakan karakter orang yang cemburuan.

lh3.googleusercontent.com

Dari kedua penjelasan tentang bisakah laki-laki berbuat adil saat pligami tersebut, baik versi agama maupun versi psikologi lai-laki pada dasarnya susah untuk berbuat adil terhadap dua perempuan. Namun tulisan ini bukan bermaksud untuk melarang laki-laki berpoligami, selagi mencukupi syarat dan demi kebaikan rumah tangga, serta diizinkan istri pertama, dan bisa berlaku adil, maka silahkan jika mau berpoligami.

Simpan

Simpan

100
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,