Bisa Menimbulkan Penyakit Serius, Inilah 3 Waktu yang Dilarang Untuk Mandi

Hindari mandi-mandi di waktu ini guys.

Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, mandi tiga kali merupakan sesuatu yang sudah menjadi hal lazim untuk dilakukan. Namun sayangnya, tidak sedikit juga masyarakat kita yang mandi tidak dilakukan pada waktu yang tepat.

3 waktu dilarang untuk mandi (cicidesri.com)

Masih banyak yang menyepelekan waktu-waktu “dilarang” untuk mandi. Mereka masih menganggap jika mandi bisa dilakukan kapan saja, dengan alasan mandi merupakan hal yang baik untuk membersihkan tubuh agar terhindar dari pelbagai penyakit, maka masyarakat pun seolah-olah menyepelekan dampak yang ditimbulkan akibat mandi di sembarang waktu.

Padahal, mandi di waktu yang tidak tepat dapat menimbulkan dampak yang cukup serius bagi kesehatan. Inilah tiga waktu yang dianjurkan tidak digunakan untuk mandi.

30 menit sebelum ashar

Waktu 30 menit sebelum ashar merupakan waktu dimana tubuh sedang berada dalam puncak suhu terpanasnya. Ini merupakan hasil akumulasi panas tubuh dari pagi hari. Baik panas karena faktor lingkungan ataupun diakibatkan oleh proses dalam tubuh yang bekerja dari pagi hari.

30 menit sebelum ashar dilarang mandi (dagelan.co)

Saat tubuh sedag berada pada suhu tertinggi, maka jika tubuh mengalami pendinginan secara mendadak dengan melakukan mandi, maka yang terjadi bukanlah kesegaran yang dihasilkan. Namun mandi disaat suhu sedang panas-panasnya mengakibatkan rasa lemas, dan letih dan bahkan tubuh merasa lebih capek.

Tidak dianjurkan mandi setelah matahari tenggelam (Setelah mahgrib)

Selain 30 menit sebelum ashar, waktu yang tidak dianjurkan untuk mandi juga berlaku dimana matahari sudah tenggelam, atau setelah maghrib. Waktu setelah maghrib atau sekitar jam 18.00-19.00 merupakan waktu dimana kondisi jantung sedang berada pada fase terlemah.

Sehabis maghrib dilarang untuk mandi (cleanandtoasty.com)

Mandi disaat jantung berada pada fase terlemah akan membuat jantung merasa mendapat rangsangan yang mendadak. Inilah kenapa sering kita temui banyak orang yang mengalami serangan jantung mendadak disaat ia akan mandi.

Selain itu, mandi di waktu tersebut juga dapat mengakibatkan resiko penyaki paru-paru basah. Jadi, jika tidak begitu mendesak, hindari mandi di waktu ini.

Larangan mandi setelah isya sampai jam 12 malam

Terakhir, waktu yang tidak dianjurkan untuk mandi, bahkan bagi orang-orang tertentu waktu ini dilarang keras untuk melakukan kegiatan mandi ialah waktu setelah Isya sampai jam 12 malam. Pada waktu ini, jantung sedang berada pada fase istirahat.

Jika kita keseringan mandi di waktu malam, maka pelbagai penyakit berbahaya lebih beresiko menyerang kita. Seperti kerusakan pada jantung, penurunan fungsi jantung sampai reumatik.

Dilarang mandi disaat malam hari (health.com)

Mungkin dampak-dampak tersebut tidak langsung kamu rasakan saat ini. Namun jika kebiasaan mandi di waktu tersebut terus dilakukan, maka hampir bisa dipastikan masa tuamu akan dikelilingi pelbagai penyakit serius.

Itulah tiga waktu yang tidak dianjurkan untuk melakukan mandi. Adapun waktu yang paling baik untuk mandi ialah disaat pagi hari saat tubuh sedang berada pada fase bugar yakni sekitar jam 3 pagi sampai menjelang subuh.

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *