Salut, Bill Gates Lunasi Hutang Nigeria Sebesar Rp1,02 Triliun Demi Basmi Polio

Tak hanya itu, Bill Gates melalui yayasannya juga aktif membantu berbagai permasalahan dunia lainnya

Nama Bill Gates dikenal karena banyak hal, mulai dari keterkaitannya dengan Microsoft, pemegang gelar manusia terkaya di dunia beberapa kali, serta sebagai seorang dermawan yang gemar berbagi melalui yayasan yang didirikan bersama istrinya, Melinda Gates.

Untuk poin terakhir tadi, Bill Gates bahkan baru-baru ini membuat berita menggemparkan karena menalangi hutang Nigeria sejumlah USD76 juta atau setara dengan Rp1,02 Triliun melalui yayasannya. Alasannya pun mulia: Bill Gates ingin membantu perjuangan Nigeria untuk menjadi negara bebas polio.

Polio dan kemiskinan di Nigeria

Pada tahun 2012 silam, Nigeria diketahui menjadi salah satu negara dengan kasus polio terbesar di dunia. Hampir sebagian besar wagra Nigeria terkena penyakit itu. Untuk mengatasinya, pemerintah Nigeria pun mencari pinjaman dana untuk bisa segera menyelesaikan permasalahan ini. Kebetulan, Jepang mempunyai program Overseas Development Assistance (ODA) di tahun 2014 khusus untuk menanggulangi wabah polio di seluruh dunia sehingga Nigeria bisa segera meminjam dana tersebut.

Polio yang menyerang sebagian besar warga Nigeria di tahun 2012 mulai teratasi (guardian.ng)

Pinjaman tersebut akhirnya mampu menyelamatkan Nigeria dari wabah polio. Terbukti, pada tahun 2017 lalu Nigeria dinyatakan bersih dari polio. Namun masalahnya, kita tahu bahwa Nigeria adalah salah satu negara yang masuk kategori miskin. Hal ini tentu mempersulit Nigeria untuk bisa segera melunasi hutangnya sesuai jangka waktu yang disepakati. Padahal, tenggat waktunya jatuh pada awal tahun ini.

Bill gates sedang melakukan kunjungan ke Nigeria (ziliun.com)

Beruntung, Bill Gates mengetahui hal tersebut dan memutuskan untuk membantu Nigeria demi menuntaskan permasalahan polio di sana. Menurut juru bicara yayasan Gates Foundation, pihaknya akan membayar hutang Nigeria pada Jepang setelah pembagian vaksin penyakit polio di Nigeria sudah merata atau hingga melebihi persentasi di atas 80%.

Pemberian vaksin polio di Nigeria (sciencemag.org)

Bantuan ini tentu amat berharga bagi Nigeria, apalagi negara ini baru saja pulih dari resesi ekonomi yang melanda selama lebih dari dua dekade. Selain persoalan hutang untuk menangani polio tadi, pemerintah Nigeria kini juga masih disibukkan dengan pembayaran gaji pekerja sambil menopang defisit anggaran sebanyak USD23,9 miliar.

Bill Gates dan permasalahan dunia

Tak hanya Nigeria yang menjadi negara dengan permasalahan polio, karena masih ada dua negara lain yang berjuluk sebagai ‘sarang polio’, yakni Pakistan dan Afghanistan. Dua negara ini pun sudah menjadi perhatian Gates Foundation dan akan segera mendapat bantuan penanganan.

Bersama suaminya, Melinda aktif dalam salah satu badan amal terbesar di dunia: Bill and Melinda Gates Foundation (giving.duke.edu)

Namun tak hanya pada permasalahan polio saja Bill Gates menaruh perhatiannya. Ia juga peduli pada sejumlah isu lainnya seperti pemanasan global. Sebagai bukti, Bill Gates telah menggelontorkan dana amal lebih dari USD1 miliar atau setara Rp 13,6 triliun untuk masalah ini. Ia juga menyumbang USD300 juta atau sekitar Rp 4,1 triiun kepada petani di Afrika dan Asia yang mengalami gagal panen akibat iklim yang terus berubah.

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *