Berkenalan dengan Robot Cantik Erica yuk, Terminator Pertama di Dunia Nyata

Erika generasi pertama terminator?

152
SHARES

Pesatnya perkembangan teknologi memang tidak bisa dibendung lagi, pasca terciptanya mesin uap sebagai teknologi modern pertama, laju perkembangan teknologi begitu cepat. Pada dasarnya teknologi digunakan untuk membantu pekerjaan manusia agar lebih mudah dan ringan, konsep ini yang kita kenal dengan pesawat sederhana.

Konsep awal dari teknologi ialah memudahkan pekerjaan manusia (mediapedi.blogspot.co.id)

Merujuk dengan konsep pesawat sederhana yang diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia, banyak teknologi modern dirancang lebih canggih untuk fungsi yang lebih menakjubkan. Bahkan konon bisa menggantikan pekerjaan manusia.

Jika kita pernah melihat film Terminator, kita akan disuguhkan dengan puncak kecanggihan teknologi yang mana bisa menciptakan robot yang hampir sempurna menyerupai manusia. Baik dari fisik, perilaku, bahkan memiliki perasaan dan intuisi layaknya manusia, itulah gambaran teknologi tercanggih di masa depan yang divisualkan lewat film terminator.

Erika diklaim sebagai generasi pertama terminator (roboticstrends.com)

Namun sepertinya era puncak kecanggihan teknologi sudah di depan mata kita. Hampir semua pekerjaan yang ada di sekeliling kita kini dibantu dengan teknologi, dan robot-robot pintar pengganti kerjaan manusia juga kini sudah mulai diciptakan.

Paling terbaru dan tercanggih ialah robot cantik asal Jepang yang diberi nama Erika. robot cantik yang pintar dan hampir sempurna menyerupai manusia ini digadang-gadang sebagai terminator nyata pertama yang diciptakan manusia.

Secara fisik memang Erika masih mirip dengan boneka manekin, pipi tirus, mata sipit, hidung mancung, bibir tipis, dan kulit putih, menjadikan Erika terlalu cantik untuk disamakan dengan manusia. Namun secara gerakan, intuisi, dan kecerdasan, Erika sudah dikatakan cukup cerdas untuk robot masa kini.

Meski secara fisik ia lebih mirip boneka manekin, namun untuk kecerdasan ia hampir sama dengan manusia (bbci.co.uk)

Kalau dilihat dari postur dan fisiknya, Erika merupakan gadis Jepang berusia 23 tahun. Layaknya manusia, Erika bisa mengedipkan mata secara naluri, menangkap pesan dari seseorang, menggerakan kepala, dan yang paling menakjubkan ia bisa diajak berdialog layaknya manusia. Namun Erika masih mempunyai kekurangan, yaitu dia belum bisa menggerakan semua anggota tubuhnya, bahkan ia hanya bisa duduk karena bagian kaki belum difungsikan dengan baik.

Erika merupakan robot yang dibuat menggunakan sistem android, jadi untuk soal kecerdasan ia pasti lebih unggul dibandingkan dengan robot manapun. Kelebihan lainnya yang dimiliki Erika ialah terletak pada matanya, ia menggunakan infra merah sensorik yang bisa menganalisis wajah manusia dan dapat menghitung jumlah orang dalam satu ruangan.

Dilengkapi dengan infra merah dan mikrofon sensorik, pennglihatan dan pendengaran Erika lebih baik dari manusia (bbci.co.uk)

Untuk pendengarannya, Erika dilengkapi dengan 16 mikrofon yang akan menangkap semua suara yang ada disekitarnya. Tidak hanya menangkap suara, mikrofon yang digunakan Erika juga mampu membedakan suara manusia dan menyimpan memori suara yang lebih lama dibandingkan manusia. Inilah yang membuat Erika bisa diwawancarai beberapa wartawan tanpa tertukar antara jawaban dan pertanyaan.

Dalam sesi wawancara yang dilakukan saat perkenalan Erika, Erika mengatakan secara sosial ia lebih mirip manusia. “Kupikir, secara sosial, aku mirip manusia. Ketika orang-orang datang dan berbicara denganku, kupikir mereka berlaku seolah-olah aku manusia,” kata Erica dalam wawancara dengan The Guardian.

Kecerdasan erika hampir sama dengan manusia, termasuk menjawab pertanyaan dan berpendapat (hola.com)

Itulah Erika, robot cantik nan pintar yang memiliki kehendak sendiri. Meskipun jika dibandingkan dengan Arnold Schwarzenegger dalam film terminator Erika masih jauh tertinggal kecanggihannya, namun untuk saat ini Erika hadir sebagai generasi awal robot yang memiliki kehendak sendiri seperti terminator.

Kehadiran Erika sebagai terminator generasi awal semoga tetap menjadi tujuan awal dibentuknya teknologi, yaitu untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sifat robot seperti Erika dan Terminator yang memiliki kehendak sendiri semoga nantinya tidak menjadi boomerang bagi peradaban manusia itu sendiri.

Berikut Video perkenalan Erika

152
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,