Berikut Bahaya yang Mengintaimu Dibalik Aplikasi Prediksi di Facebook

Hati-hati nih buat yang suka main prediksi macam ini.

Tentu kamu pernah melihat tawaran menggunakan aplikasi prediksi di facebook. Entah prediksi karaktermu, prediksi bagaimana wajah anakmu kelak, bahkan prediksi bagaimana wajahmu saat sudah tua nanti.

Aplikasi prediksi yang banyak diminati netizen (haloponsel.com)

Banyak warga net yang tergiur dengan menggunakan aplikasi ini. Selain mudah digunakan dan gratis, aplikasi ini juga banyak yang mempercayainya jika prediksinya hampir benar. Seperti ketika kamu memprediksi karaktermu, lalu aplikasi tersebut memberikan prediksi yang kamu anggap sesuai dengan karaktermu.

Pernah menggunakan aplikasi seperti ini? (id.vonvon.me)

Namun dibalik aplikasi prediksi yang banyak digunakan di facebook, nyatanya aplikasi semacam ini sangat berbahaya dan bisa mengancam privasimu. Bagaimana aplikasi semacam ini bisa berbahaya? Berikut uraiannya.

Aplikasi bisa dengan leluasa mengambil data-data privasimu di facebook

Mungkin kamu pernah menggunakan aplikasi prediksi di facebook dan mendapatkan pemberiathuan jika aplikasi tersebut meminta izin untuk mengetahui profil, data, dan apapun yang kamu bagikan di beranda. Biasanya kamu menyetujui aplikasi prediksi itu untuk mengetahui semua tentang akun facebookmu. Sebab jika kamu tidak menyetujui, maka kamu tidak bisa menggunakan aplikasi prediksi tersebut.

Aplikasi ini mampu mengetah data diri dan privasi akun facebppkmu (id.vonvon.me)

Disinilah awal mula bahaya mengintaimu. Aplikasi prediksi yang diizinkan “mengambil” data akun facebookmu akan mengetahui segala informasi yang ada di akun facebookmu. Dari minat, status kamu, lokasi, sampai email dan no handphone yang kamu gunakan untuk log in ke akun facebook diketahui oleh aplikasi tersebut.

Lalu apa bahayanya buat kamu? Mungkin baru-baru ini kamu mendengar kasus skandal Cambridge Analytica yang melibatkan facebook? Jika kamu belum dengar, saya jelaskan singkatnya saja. Skandal Cambridge Analityca¬†adalah “pencurian” data pengguna facebook di Amerika untuk kepentingan politik.

Skandal Cambridge Analytic pencurian data pengguna facebook untuk politik (metrotvnews.com)

Pencurian data pengguna facebook melibatkan pihak ketiga yang mengantongi data-data pengguna facebook di Amerika. Nah jika datamu jatuh di tangan yang tidak benar, kamu bisa menjadi target “kejahatan” pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Terlebih jika email atau no hp yang kamu gunakan sebagai log-in diketahui oleh pihak lain, akibat teringan mungkin akun facebook mu bisa diretas. Dan akibat terburuknya ialah segala data diri yang menggunakan email terancam dibobol.

Cara agar akun media sosialmu aman

Saat ini kejahatan di dunia digital sangatlah tinggi, terlebih jika data-data pribadimu jatuh ke tangan yang tidak tepat. Untuk itu, agar kamu terhindar dari tindak kejahatan digital, alangkah lebih baiknya kamu harus lebih berhati-hati dalam memberikan informasi diri di dunia maya.

Selalu jaga keamanan akun media sosialmu (rup.ee)

Selain itu, kamu juga lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Agar keamanan akun media sosial kamu terjaga, lakukanlah perubahan kata sandi dengan berkala. Selain itu, hindari penggunaan aplikasi-aplikasi online yang meminta mengetahui segala data diri akun kamu.

Mulai sekarang, jangan tergiur dengan aplikasi prediksi semacam itu guys. Meskipun hanya sebagai hiburan, namun konsekuensi yang bisa ditimbulkan cukup serius loh..

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *