6 Cara Berhenti Mencintai Seseorang yang Tidak Mencintaimu

Berhentilah, kasihani dirimu sendiri

Jatuh cinta itu mudah, jika orang yang kamu cintai juga mencintaimu. Namun akan sangat sulit rasanya jika yang kamu cintai sama sekali tidak memiliki perasaan kepadamu atau tidak mungkin menjadi pasanganmu. Perasaan cinta sepihak ini bisa mempengaruhi harga diri dan melunturkan kepercayaan diri. Kamu tidak akan merasa bahagia, bahkan lebih buruknya bisa tidak puas dengan diri sendiri dan merasa depresi.

Iya, cinta yang bertepuk sebelah tangan memang tidak menyenangkan. Terlebih kamu juga tidak boleh memaksakan agar dia juga mencintaimu. Lalu apa yang harus dilakukan? Berhentilah mencintainya.

Memang tidak semudah itu. Menghapus cinta tidak bisa sesederhana itu. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa membantu kamu menghapus rasa sakit setelah cintamu bertepuk sebelah tangan. Beruntung jika bisa menghilangkan perasaanmu padanya~

Terima kenyataan bahwa dia tidak membutuhkan kamu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menerima kenyataan. Mungkin kamu pernah berpikir bahwa dia memiliki perasaan kepadamu, tapi di sisi lain sikapnya yang demikian membuat kamu yakin bahwa tidak ada cinta untukmu. Akui hal ini, yakinkan dirimu jika memang dia tidak membutuhkan kamu.

Terima kenyataan (huffpost.com)

Dengan menerima kenyataan, kamu akan lebih mudah untuk melepaskan. Ketika kamu bertemu dengannya atau saat dia menghubungi kamu, pikirkan bahwa kamu tidak ada dalam hatinya. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menghapus perasaanmu kepadanya.

Alihkan perhatian

Cobalah keluar dari rasa galau. Tinggalkan sejauh mungkin apapun yang berhubungan dengannya. Jika mungkin pergilah untuk menenangkan diri. Bila perlu, tak usah dulu membuka semua sosial media yang terhubung dengannya. Membuka akun sosmed dan mencari tahu apa yang dia lakukan hanya akan membuat kamu semakin terluka.

Alihkan perhatian (mentalfloss.com)

Lakukan saja hal-hal yang menyenangkan bagimu. Jika terpaksa bertemu atau berada dalam satu tempat yang sama dengannya, usahakan untuk menjaga pikiran darinya. Alihkan fokus kepada hal lain yang lebih menyenangkan. Misalnya teman-teman, makanan atau apa saja yang bisa kamu lakukan.

Bertemu dengan seseorang dengan masalah yang sama

Percayalah, kamu bukan satu-satunya yang menderita. Masih banyak orang yang cintanya tidak terbalas yang mungkin ada di sekitar kamu. Temukan saja seseorang yang memiliki masalah yang sama. Ceritakan apa yang kamu rasakan dan belajar dari mereka bagaimana cara bertahan. Mungkin dari situ kamu bisa tau cara cepat untuk mengobati luka.

Bertemu dengan seseorang dengan masalah yang sama (washingtoninst.org)

Seseorang yang memiliki masalah yang sama biasanya lebih mampu untuk memahami apa yang kamu rasakan. Mereka juga bisa memberikan saran yang bagus atau sekedar menenangkan perasaanmu yang kacau itu. Jadi, jangan sungkan untuk berbagi cerita dengan orang lain.

Mencintai diri sendiri

Selama ini perhatianmu sudah cukup tersita untuknya. Kamu bahkan tidak memiliki waktu untuk memanjakan dan mencintai diri sendiri. Setelah kamu tau kenyataan pahit ini, kini waktunya untuk mengalihkan cintamu untuk diri sendiri. Mulai perhatikan kesehatan dan menjaga penampilan supaya tetap terlihat menarik.

Mencintai diri sendiri (greatist.com)

Tenangkan pikiran dengan mandi air hangat, minum secangkir teh hangat dan menikmati pemandangan sekitar. Atau manjakan tubuh dengan pergi ke salon, makan makanan lezat, membeli baju baru dan mengubah gaya rambut. Jangan sampai kesedihan yang kamu alami menghancurkan diri sendiri.

Olahraga

Klasik? Tidak. Hingga kini olahraga masih saja menjadi cara ampuh untuk mengembalikan keseimbangan emosional. Olahraga bisa membawa aura positif dan menghilangkan pikiran negatif dalam diri. Sederhana saja, kamu bisa mulai jogging setiap pagi atau mengikuti kelas senam maupun yoga.

Olahraga (superskinnyme.com)

Jika kamu ingin olahraga yang menyenangkan, maka menarilah. Mengikuti kelas dansa atau belajar menari tango dan rumba akan membuat kamu lebih bahagia dan sehat di saat bersamaan. Atau mungkin kamu lebih senang olahraga yang lain? Maka, lakukanlah.

Tinggalkan harapan kosong

Yang terakhir, mulai tinggalkan semua harapan-harapan tentangnya. Jangan manjakan diri dengan harapan kosong tanpa kenyataan. Menunggu dia mencintaimu hanya akan semakin menghancurkan dirimu sendiri. Kamu boleh berjuang, tapi kamu juga harus tau batasan-batasan kapan harus berhenti.

Tinggalkan harapan kosong (media.self.com)

Seseorang yang tidak mencintai kamu akan memiliki seribu alasan agar tidak bersamamu. Jadi percuma saja jika kamu berharap dan selalu mencari alasan agar bisa bersamanya. Jadi, hilangkan harapan-harapan tersebut dan lihatlah pada kenyataan yang ada.

Jangan biarkan dirimu larut dalam cinta yang tidak ada balasannya. Berhentilah!

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *