Berencana Untuk Nikah Muda? Inilah Suka Duka Saat Nikah di Usia Muda

Banyak hal yang akan kamu temukan saat memutuskan untuk menikah di usia muda.

Segala keputusan yang kamu ambil tentu memiliki kosekuensi yang harus kamu terima. Termasuk keputusan di usia berapa kamu nanti akan menirasa takut untuk. Banyak sekali anak muda yang merasa takut untuk menikah dikarenakan ia belum siap menerima konsekuensi negatif dari keputusannya tersebut.

Suka duka menikah di usia muda (butikdeha.com)

Memang, tidak dipungkiri, realitanya menikah muda tidak hanya selalu berbuah kebahagiaan. Sebab, menikah di usia yang cukup muda juga bisa berdampak munculnya persoalan-persoalan yang mungkin tidak kamu bayangkan sebelumnya.

Sebagai gambaran saja, ada beberapa suka duka menikah di usia muda yang akan kamu hadapi.

Menikah di usia muda akan lebih merasakan perjuangan bersama

Suka duka menikah muda akan sangat terasa jika kondisi ekonomi belum matang. Hal tersebut akan membuat pasangan muda ini harus berjuang bersama menstabilkan perekonomian keluarga. Banyak kisah pasangan muda yang mereka rela tidur di kasur lantai kecil untuk berdua. Makan seadanya, bahkan tidak jarang nasi sepiring untuk berdua.

persoalan menikah usia muda (rd.com)

Persoalan tempat tinggal pun ia masih ngontrak atau ngekost, agar bisa hidup mandiri tanpa merepotkan orang tua atau mertua. Saat hidup berpisah dengan orang tua seperti ini, kamu akan merasakan perjuangan bagaimana mengatur segalanya dengan kondisi ekonomi yang serba pas-pasan.

Jadi, jangan kaget nanti kalau kamu bakalan memikirkan setoran listrik bulanan, bayar kontrakan, belanja harian, dan kebutuhan lain yang memang harus dipenuhi, terlebih jika kamu sudah memiliki buah hati.

Menikah di usia muda | shutterstock.com

Perjuangan bersama seperti inilah yang akan membuat kamu merasakan betapa nikmatnya suka dan duka menikah di usia muda.

Selain persoalan ekonomi yang kerap menyelimuti pasangan muda, persoalan emosi yang belum stabil juga menjadi tantangan tersendiri. Tidak jarang ditemukan perceraian di kalangan pasangan muda hanya karena persoalan ego masing-masing yang tidak mau mengalah.

Keindahan menikah di usia muda

Namun, menikah di usia muda tidak selalu berbuah keprihatinan. Banyak sekali keindahan-keindahan yang bisa kamu dapatkan dari keputusan menikah di usia muda. Dari mulai lebih banyak waktu untuk bersama pasangan, menjalankan hubungan yang halal, sampai kebahagiaan memiliki keturunan merupakan keindahan yang tidak pernah bisa kamu dapatkan tanpa memutuskan untuk melakukan pernikahan.

Momen terindah pernikahan (dna-photovideo.com)

Menikah di usia muda juga akan membuat kamu dan pasanganmu merasa lebih tenang dalam menjalani hubungan. Sebab memang hikmah dari pernikahan ialah memberikan ketenangan, ketentraman, dan kenyamanan dalam sebuah hubungan. Bahkan, hubungan pasca pernikahan yang kamu jalani, merupakan ladang ibadah antara suami istri.

Menikah di usia muda memang selalu memberikan warna tersendiri. Suka duka bisa kamu lalui bersama pasangan. Jadi, jika kamu merasa sudah mampu, tidaklah salah menikah di usia muda!

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *