Bukan Hanya di Film Horor, Beranak Dalam Kubur Pernah Terjadi di Kisah Nyata

Serem juga yah, ternyata beranak dalam kubur bisa terjadi di dunia nyata~

Salah satu film horor paling fenomenal di Indonesia ialah kisah beranak dalam kubur. Film yang dibintangi oleh Suzzana dan Mieke Wijaya ini sempat menjadi tayangan horor terbaik di zamannya. Memang mendengar kisah beranak dalam kubur sangat menyeramkan, namun ternyata cerita seperti itu tidak hanya terjadi di dunia film, melainkan juga terjadi di dunia nyata.

Terkuaknya kejadian beranak dalam kubur bermula saat sekelompok ilmuan di Italia, menemukan jasad seorang perempuan yang diperkirakan sudah meninggal 1.400 tahun yang lalu di Kota Imola, Bologna.

Fenomena beranak dalam kubur (ancient-origins.net)

Awal ditemukan, tim peneliti tidak menemukan keanehan pada kerangka wanita yang diduga meninggal pada tahun 600-700 Masehi ini. Hanya ada semacam bekas luka di kepala yang dipercaya sebagai penyebab kematian wanita tersebut. Namun, para ilmuan merasa janggal setelah melihat kerangka-kerangka kecil berada tepat di antara kakinya, yang diduga merupakan janin yang sedang di kandung perempuan itu.

Para ilmuan dari Universities of Ferrara and Bologna menyimpulkan, jika kerangka kecil yang berada di antara kaki perempuan itu merupakan janin yang berusia 38 minggu, dan lahir setelah sang ibu dikebumikan. Namun sayangnya, hasil penelitian menyimpulkan jika proses kelahiran janin tersebut tidak sempurna, dimana hanya kepala dan bagian tubuh atas yang berhasil keluar. Sedangkan bagian lainnya tertahan di pinggul sang ibu.

Kerangka yang melahirkan dalam kubur (kumparan.com)

Melihat fenomena tersebut, para peneliti kemudian membuat laporan di jurnal World Neurosurgery terkait kasus terbaru yang mereka temukan, yakni beranak dalam kubur (coffin birth). Kasus ini memang terbilang langka, dimana dalam kondisi sudah meninggal, jenazah bisa melahirkan seorang bayi, artinya besar kemungkinan dalam tubuh wanita yang dikebumikan masih terjadi proses kerja tubuh.

Para ahli bio-arkeologi dari University of Otago, Sian Halcrow meyakini jika apa yang ditemukan oleh para ilmuwan Italia, merupakan fenomena beranak dalam kubur. Mereka berpendapat, jika saat jenazah dikebumikan tubuhnya akan dipenuhi gas sehingga memaksa janin yang dikandungnya akan keluar.

Memang dalam dunia ilmiah, melahirkan sesudah meninggal bukan perkara baru. Seperti yang tercatat dalam sejarah oleh Bonet, bahwa ia menggambarkan dimana terjadi kematian seorang wanita tanpa identitas yang sedang hamil di Brussels pada 1633.

Namun setelah 3 hari kematian, pihak dokter kebingungan setelah terdapat janin diantara kaki jenazah itu. Padahal jenazah disimpan di dalam peti di kamar jenazah yang tidak mungkin ada orang lain yang membantu proses kelahirannya. Tetapi, untuk beranak dalam kubur, kasus yang terjadi di Italia bisa dikatakan sebagai kejadian pertama kali yang ditemukan di dunia medis.

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *