Beneran Sudah Move On? Jawab Dulu 6 Pertanyaan Ini

Dengan menjawab pertanyaan berikut ini kamu bisa tahu sebenarnya kamu sudah move on atau masih berharap dia kembali.

Saat kamu siap menjalani percintaan, itu artinya kamu juga harus siap dengan penderitaan yang menyertainya. Memang semua itu tergantung bagaimana kamu menyikapi sebuah perpisahan saat cinta yang kamu jalani sudah tidak bisa dipertahankan. Semakin kamu larut dalam kesedihan, semakin kamu menderita karena kenangan. Orang datang dan pergi dalam hidup kita, ada yang datang membawa cinta dan kasih sayang dan pulang meninggalkan duka lara dan nestapa.

Ya mungkin dia adalah mantan kekasihmu. Lalu apakah kamu akan terus hanyut dalam kesedihan? Jangan, ada banyak sumber kebahagiaan yang bisa kamu cari. Misalnya saja dari keluarga hingga sahabat. Pelan tapi pasti kamu mulai percaya diri dan merasa sudah move on dan lupa akan kenangan manis dan pahit sewaktu masih pacaran. Tapi tunggu dulu, bibir boleh berkata begitu. Tapi hati dan gelagat tetap tidak bisa bohong. Jawablah beberapa pertanyaan berikut ini untuk mengetahui apakah kamu sudah benar-benar move on atau hanya pura-pura tegar.

1. Apakah Kamu Siap Memulai Hubungan Baru?

Hubungan baru [via 1fotonin.com]
Hubungan baru [via 1fotonin.com]
Sakit hati biasanya menyisakan trauma tersendiri bagi seseorang. Sehingga untuk memulai hubungan baru masih ada secuil ketakutan karena khawatir akan mengalami penderitaan yang sama untuk yang kesekian kalinya. Jika kamu masih merasa seperti itu, artinya kamu masih belum move on. Bayang-bayang tentang mantanmu masih bersemayam hingga bukan lagi rasa sakit yang kamu rasakan, tapi juga kerinduan yang teramat dalam.

2. Apakah Kamu Benar-benar Sudah Melupakan Mantanmu?

Melupakan mantan [via sadmoment.com]
Melupakan mantan [via sadmoment.com]
Jika kamu sudah move on itu artinya kamu tidak lagi mengingat-ingat tentang mantanmu. Bayangan dirinya dan kenangan saat kalian masih pacaran tak lagi mendominasi pikiranmu. Kamu sudah sibuk dengan kegiatanmu biasanya, meski itu ada hubungannya dengan dia. Misalnya ketika tidur kamu tidak lagi mengingat dia yang sebelumnya tak pernah absen mengucapkan selamat malam. Ketika makan makanan kesukaan mantan, mungkin kamu akan ingat tapi tak serta membuatmu galau dan akhirnya nafsu makan menguap begitu saja.

3. Apakah Kamu Masih Ngepoin Dia?

Stalking mantan [via digitaltrends.com]
Stalking mantan [via digitaltrends.com]
Jika iya, itu artinya kamu masih belum move on. Kalian sudah putus dan apapun yang dia lakukan sudah tidak ada hubungannya dengan kamu. Meski terkadang kepo justru membuatmu makin merana, tapi tetap aja kamu melakukannya.  Setiap saat memandangi media sosial untuk memantau aktivitasnya. Jika kamu memang berniat keras untuk move on, kamu harus meninggalkan kebiasaan kepo pada mantan.

4. Bagaimana Kenangan Berpengaruh Terhadapmu?

Kenangan [via 1t4juwita.wordpress.com]
Kenangan [via 1t4juwita.wordpress.com]
Apa yang kamu rasakan ketika melihat barang-barang yang mengingatkanmu pada mantan? Apakah sedih dan membuatmu teringat dengan kenangan di masa lalu? Jika iya, itu artinya kamu belum move on. Kenangan sangat erat kaitannya dengan hati. Apalagi jika setelah galau karena mengingat kenangan tersebut, kamu mulai berandai-andai untuk kembali bersamanya. Ingatlah jika putusnya kalian tentu ada sebabnya. Jika kamu paksakan untuk kembali, nanti bisa membuatmu lebih kecewa lagi.

5. Apa yang Kamu Rasakan Jika Mendengar Namanya?

Mendengar namanya [via growingyourbaby.com]
Mendengar namanya [via growingyourbaby.com]
Kamu yang sudah move on, akan biasa saja ketika mendengar namanya disebut. Tidak ada lagi getaran cinta yang membuatmu panas dingin dan lemas. Tapi jika getaran itu masih terbesit di dalam relung hatimu, mungkin kamu masih belum rela berpisah dengan mantanmu itu. Termasuk juga jika rasa yang muncul adalah rasa sakit hati karena mungkin perpisahan kalian terjadi karena cintamu dikhianati.

6. Jika Dia Sudah Menemukan Penggantimu? Masihkah Cemburu?

Cemburu [via pediaku.com]
Cemburu [via pediaku.com]
Cemburu juga bisa menjadi tolak ukur apakah kamu sudah move on atau belum. Karena seperti kata banyak orang jika cemburu adalah tanda sayang. Bila kamu merasakannya saat tahu mantamu dekat dengan orang lain, itu artinya kamu fix belum bisa move on. Tapi beda lagi apabila kamu sudah tidak lagi merasa cemburu, siapapun gebetannya, kamu hanya akan berharap mantanmu mendapatkan yang terbaik.

Setelah menjawab beberapa pertanyaan di atas, jadi kamu sudah move on atau belum?

Written by Titasya Anugraheni

Titasya Anugraheni

She's busy with her life goals: living life to the fullest. a sky lover, sunrise hunter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *