Bendera Kita Sama dengan Monaco, Sebenarnya Gimana Sih Sejarahnya?

Sebenarnya tidak benar-benar sama, walaupun sama-sama merah-putih

Saat ini, negara kita sedang digemparkan oleh perkara bendera Indonesia yang terbalik di buku panduan seremoni pembukaan SEA Games 2017 Malaysia. Seperti yang kita tahu, posisi bendera Indonesia dicetak terbalik, yakni putih-merah, seperti bendera kebangsaan Polandia.

Sebagai informasi, bukan hanya Indonesia dan Polandia saja yang memilih warna merah-putih sebagai lambang negara, melainkan juga Singapura, Malta dan Monaco. Jika bendera SIngapura masih menambahkan bulan-bintang pada warna merahnya, maka bendera Monaco malah betul-betul serupa dengan Indonesia: merah-putih diletakkan atas-bawah dan tanpa embel-embel lambang lainnya.

Sebenarnya gimana sih sejarah kedua bendera ini hingga bisa sama persis?

Serupa tapi tak sama

Meski bendera Indonesia dan Monaco terlihat sama persis, sebetulnya ada beberapa perbedaan yang mendasar dan perlu kita ketahui. Perbedaan utama ada pada rasio masing-masing bendera. Jika bendera Indonesia mempunyai rasio 2:3, maka Monaco memiliki rasio 4:5.

Perbandingan utama kedua bendera ini terletak pada rasionya – worldlifestyle.com

Kalau dirunut dari peresmian penggunaannya, Monaco memang lebih dahulu menggunakan bendera bercorak merah-putih karena telah memakainya sejak 1881, sedangkan Indonesia baru pada 1945. Meski begitu, kalau kita melacak fakta sejarah, maka akan ditemukan bahwa kerajaan Majapahit sudah lebih dahulu memperkenalkan merah-putih sebagai simbol kenegaraan (tepatnya pada abad ke-13), jauh lebih dulu daripada keluarga Grimaldi di Monaco yang memakai merah-putih dengan aneka pengubahan desain sejak tahun 1339.

Merah-putih amat familiar dengan Indonesia

Wajar kalau Indonesia memakai merah-putih sebagai lambang negara. Pasalnya, warna tersebut boleh dibilang sangat familiar dengan sejarah bangsa Indonesia. Selain pernah digunakan oleh Majapahit, warna merah-putih juga digunakan oleh balatentara Jayakatwang dari Gelang-gelang saat menyerang kerajaan Singasari. Ini berarti merah-putih bahkan telah dikenal sejak sebelum Majapahit berdiri, kemungkinan sejak masa kerajaan Kediri.

Bendera pelayaran Majapahit – wikipedia

Kalau ditelusuri lebih jauh, bendera perang Sisingamangaraja IX dari tanah Batak pun memakai merah putih sebagai warna benderanya, tepatnya bergambar pedang kembar warna putih dengan dasar merah menyala dan putih. Selain itu, merah-putih juga berkaitan dengan mitologi bangsa Austronesia mengenai Bunda Bumi (dilambangkan dengan warna merah yang berarti tanah) dan Bapak Langit (dilambangkan dengan warna putih yang berarti langit). Itulah sebabnya kita bisa menjumpai warna merah-putih dalam lambang-lambang Austronesia, mulai dari Tahiti, Indonesia, hingga Madagaskar.

Putih-merah di bendera Monaco berasal dari lambang keluarga Grimaldi

Seperti halnya Indonesia, Monaco menggunakan warna merah-putih sebagai lambang negaranya. Warna tersebut memang telah menjadi corak khas keluarga Grimaldi sejak tahun 1339, namun dengan desain yang berubah-ubah, biasanya dengan mencantumkan detail lain di tengah bendera.

Bendera Monaco telah mengalami sejumlah pengubhaan desain meski dilatari warna merah-putih – monacowealthmanagement.com

Lambang merah-putih yang digunakan Monaco pernah absen saat Monaco di-ankesasi Perancis tahun 1793-1814. Warna merah-putih polos baru digunakan pada tanggal 4 April 1881 di bawah pimpinan Pangeran Charles III.

Kesimpulan

Dari apa yang sudah saya sampaikan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa Indonesia telah lebih dahulu mengenal bendera merah-putih sebagai lambang negara, tepatnya sejak abad ke-13 di masa kerajaan Majapahit, meskipun secara resmi merah-putih baru digunakan sebagai bendera Indonesia pada 1945. Sedangkan Monaco baru mulai menggunakan merah-putih pada tahun 1339, itupun dengan corak desain yang berubah-ubah dan baru paten merah-putih polos pada tahun 1881.

Jadi, bolehlah kita berkata bahwa bendera merah-putih pertama kali digunakan oleh Indonesia. Bagaimana, setuju?

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tentang Menyusui di Muka Umum yang Dianggap Mencederai Nilai dan Norma Sosial

Soal Keuangan Rumah Tangga, Gaji Istri Adalah Hak Istri, dan Gaji Suami Adalah Hak Suami Istri