Tentang Bendera Indonesia, Monako dan Polandia, Inilah Asal-Usulnya Mengapa Warna dan Rupa Ketiganya Hampir Sama

Ketiganya serupa namun memiliki asal-usul yang berbeda, kamu sudah tahu belum dari mana asal warna bendera Indonesia?

Bendera menjadi salah satu lambang penting bagi suatu negara. Kedudukannya terbilang sangat krusial karena menyangkut harkat dan martabat suatu bangsa. Bahkan dalam undang-undang pun terdapat ayat dan pasal tentang penggunaan bendera yang baik dan benar. Merusak, merobek, menghina, atau bahkan menginjak-nginjak bendera bisa membuat seseorang dikenai hukuman penjara hingga denda sesuai dengan aturan yang berlaku.

Perbedaan benderan Indonesia, Polandia dan Monako (ytimg.com

Nah bicara tentang bendera, Indonesia memiliki warna khas yang punya arti khusus. Merah melambangkan keberanian, dan putih yang berarti kesucian. Perpaduan kedua warna tersebut konon sudah ada sejak zaman kerajaan. Tapi tahukah kamu, bahwasanya bukan hanya Indonesia saja yang punya bendera merah putih. Monako dan Polandia pun memiliki bendera serupa. Bagaimana asal-usulnya ya?

Bendera Polandia

Dilansir dari detik.com, putih dan merah pada bendera Polandia secara resmi diadopsi sebagai warna nasional pada tahun 1831. Warna itu didasarkan atas tincture (warna) khas dari lambang dua negara konstituen Persemakmuran Polandia-Lituania. Yaitu Elang Putih dari Polandia dan The Pursuer of Lituania.

Bendera Polandia (Kumparan.com)

The Pursuer of Lituania merupakan ksatria berkulit putih yang menunggangi kuda putih lengkap dengan perisai merah. Bendera nasioal Polandia tersebut kemudian secara resmi diadopsi pada tahun 1919. Perbedaan dengan Indonesia, Polandia menggunakan warna putih di atas sementara merah di bawah.

Bendera Monako

Kini beralih ke bendera Monako dimana secara sepintas terlihat persis dengan bendera Indonesia, bahkan dalam penempatan kedua warnanya. warna merah dan putih Monaco sudah menjadi corak khas The House of Grimaldi paling tidak semenjak 1339 dengan desain yang berubah-ubah. Desain dua warna ini diadopsi pada tanggal 4 April 1881, di bawah pimpinan Pangeran Charles III.

Bendera Monaco (TravelFoodDrink.com)

Secara sepintas kedua lambang negara ini terlihat sama bahkan kembar. Namun jika dicermati secara seksama, warna merah yang digunakan cukup berbeda. Meski dalam beberapa kesempatan keduanya terlihat sama persis dan sulit dibedakan.

Bendera Indonesia

Semua orang tau warna bendera Indonesia tapi jarang yang tau bagaimana asal-usulnya. Menurut sejarah, warna Sang Saka Merah Putih bermula dari bendera Kerajaan Majapahit pada abad ke-13 di Jawa Timur. Kemudian warna tersebut dihidupkan kembali oleh para mahasiswa dan nasionalis awal abad 20 sebagai bentuk nasionalisme melawan penjajahan Belanda.

Bendera Indonesia (CoinaPhoto)

Bendera merah putih dikibarkan pertama kalinya di Jawa pada tahun 1928. Namun karena masih di bawah kepemimpinan Belanda, bendera itu pun dilarang berkibar. Ketika Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, Sang Saka yang dijahit oleh ibu negara berkibar gagah dengan warna merah putih yang cemerlang. Tak ada perubahan apapun yang dilakukan.

Nah itulah asal-usul ketiga bendera yang terbilang cukup mirip. Kamu sudah bisa membedakan ketiganya?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *