Dari Sepatu Hingga Kursi, Inilah Benda-benda yang Pernah Dilemparkan ke Politisi

Nggak kebayang gimana rasanya dilempar kursi~

Beberapa waktu lalu, ada kejadian kurang mengenakkan yang dialami oleh mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad, saat sedang berpidato. Ada dua orang penonton yang tiba-tiba melemparkan benda-benda absurd ke arah politisi senior Malaysia ini. Tak tanggung-tanggung kedua penonton itu melemparkan sebuah kursi, sepatu dan juga obor yang masih menyala. Beruntungnya, tidak ada satupun yang mengenai maupun melukai Mahathir. Namun karena kejadian ini politisi berusia 92 tahun ini harus dikawal keluar dari arena.

Baca juga : Inspiratif, 7 Bocah Ini Sudah Mengharumkan Nama Bangsa di Usianya yang Masih Belia

Politisi Mahathir Mohamad dilempar kursi (malaysiakini.com)

Kejadian yang dialami Mahathir bukanlah yang pertama kali. Sudah banyak rentetan sejarah yang menyebutkan politisi-politisi dilempari barang-barang oleh masyarakat. Dan uniknya, barang yang dilemparkan ini cenderung aneh dan nggak biasa. Inilah dia sekian barang aneh yang pernah dilepmarkan ke politisi.

Insiden pelemparan sepatu kepada mantan Presiden Amerika Serikat, George W. Bush

Sepatu menjadi benda yang pernah dilemparkan ke politisi, yang salah satunya pernah dialami oleh mantan orang pertama Amerika, George W. Bush. Insiden ini terjadi pada tahun 2008 silam, saat itu Bush dilempar sepatu sebanyak dua kali oleh wartawan yang marah. Kejadian ini tentu menjadi perhatian dan bahkan menjadi insiden yang legendaris.

Insiden pelemparan sepatu kepada mantan Presiden Amerika Serikat, George W. Bush (usnews.com)

Aksi melempar sepatu ini menjadi aksi protes simbolik yang sudah ada sejak jaman dulu kala. Bahkan telah tercatat penggunaannya dalam Kitab Perjanjian Lama. Sepatu menjadi benda umum yang dilempar karena cepat dijangkau ketika sang pelempar tersulut emosi dan ingin melemparkan sesuatu ke politisi.

Ketika Arnold Schwarzenegger dilempar telur

Mungkin sudah tidak bisa lagi dihitung berapa banyak tokoh masyarakat yang pernah dilempar telur di muka umum. Telur menjadi hal umum yang sering dilemparkan ke politisi karena dianggap lebih efektif membuat malu. Dan yang pasti rasa malu ini ditambah dengan bau amis telur yang susah hilang.

Ketika Arnold Schwarzenegger dilempar telur (fc2.com)

Salah satu politisi yang pernah mengalami insiden pelemparan telur ini adalah Arnold Schwarzenegger. Aktor kawakan ini dilempar telur ketika menjabat sebagai Gubernur California.

PM Italia, Berlusconi, dilempar dengan miniatur katedral

Terkadang masyarakat menggunakan benda-benda remeh namun tetap berbahaya jika mengenai anggota tubuh yang vital. Seperti yang pernah dialami oleh Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi, yang dilempar miniatur katedral. Karena insiden ini, Berlusconi mengalami patah hidung dan dua giginya tanggal.

PM Italia, Berlusconi, dilempar dengan miniatur katedral (csmonitor.com)

Tak ada yang menyangka akan insiden ini. Mainan yang dianggap remeh nyatanya bisa membuat politisi Italia ini menghabiskan malamnya di rumah sakit demi mengobati luka yang dideritanya.

Dilempar glitter sebagai aksi simbolik

Aksi melemparkan glitter kepada seseorang seringkali disebut dengan glitter bombing. Aksi ini biasanya dilakukan sebagai bentuk protes terkait hak orang-orang yang termasuk dalam kelompok LGBTQ. Beberapa politisi dunia yang pernah dilempar glitter ini diantaranya adalah mantan Gubernur Massachusetts, Mitt Romney dan mantan juru bicara Gedung Putih, Newt Gingrich.

Dilempar glitter sebagai aksi simbolik (npr.org)

Menteri Selandia Baru dilempar mainan seks

Semua benda yang dilemparkan ke politisi biasanya bermakna simbolik untuk menunjukkan aksi protes masyarakat. Tapi nampaknya tak ada yang lebih simbolik dari insiden pelemparan mainan seks berupa dildo kepada Menteri Perekonomian Selandia Baru, Steven Joyce.

Menteri Selandia Baru dilempar mainan seks (skynews.com.au)

Si pelempar tak hanya mempermalukan Joyce dengan mainan seks tapi juga berteriak “That’s for raping our sovereignty!” yang berarti bahwa sang pelempar menganggap Steven Joyce telah ‘memerkosa’ kedaulatan Selandia Baru.

Sudah terlalu banyak aksi pelemparan yang dilakukan terhadap politisi. Namun kita harus ingat, seberapapun menyebalkannya mereka, politisi juga manusia yang seharusnya tidak dijadikan objek lempar. Apalagi jika yang dilemparkan adalah benda berbahaya hingga menyebabkan luka.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Kalau Kamu Ingin Cepat ke Pelaminan, Ajukan 5 Pertanyaan Ini pada Gebetan

Wajahnya Sering Dijadikan Meme, Latar Belakang Orang Ini Ternyata Bikin Kagum Banyak Orang