Bencana Alam Banyak Terjadi di Akhir Pekan dan Akhir Bulan, Begini Kata BNPB

Menurut catatan BNPB, hampir kebanyakan bencana alam besar terjadi di akhir pekan dan akhir bulan. Kebetulankah?

Indonesia merupakan salah-satu negara kepulauan yang berada di dalam lingkaran cincin api dunia. Hal inilah yang membuat kawasan Nusantara akrab dengan bencana alam, khususnya gempa bumi dan tsunami.

Gempa di Indonesia (suara.com)

Namun uniknya, berbeda dengan berbagai negara lainnya yang juga sering mengalami bencana, di Indonesia terjadinya bencana alam memiliki identik waktu tertentu yang membuat banyak ilmuan tertarik menelitinya.

Banyak bencana yang terjadi di akhir pekan dan akhir bulan

Menurut catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hampir kebanyakan bencana alam besar di Indonesia terjadi di waktu akhir pekan atau akhir bulan.

Dalam catatan BNPB setidaknya ada beberapa bencana nasional yang terjadi di waktu-waktu tersebut. Seperti bencana Tsunami di Aceh yang terjadi pada Minggu, 26 Desember 2004, gempa bumi di Jogja yang terjadi pada 27 mei 2006.

Gambar gempa bumi di Indonesia selama ini

Selanjutnya, gempa bumi di Tasikmalaya berkekuatan 6,3 SR terjadi pada 26 Juni 2010, , letusan Gunung Merapi yang terjadi pada 26 Oktober 2010, runtuhnya jembatan Kutai Kertanegara pada Sabtu 26 November 2011, gempa bumi di Kabupaten Donggala, Kota Palu, Sulawesi Tengah yang terjadi pada Jumat 28 September 2018, serta yang terakhir tsunami di Banten dan Lampung yang terjadi pada Sabru, 22 Desember 2018 yang lalu.

Mengenai hal ini, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas, Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan. Kebanyakan bencana alam terjadi di akhir pekan dan di atas tanggal 25 atau akhir bulan.

“Tanggal 25 ke atas, harinya Jumat sore, Sabtu atau Minggu, kejadian bencana itu paling sering. Saya belum menghitung berapa sering, tapi kalau kami kumpulkan data paling banyak seperti itu,” ucap Sutopo sebagaimana dilansir dari CNN Indonesia.

Bagaimana menurut BNPB menilai fenomena ini?

Terkait banyaknya bencana alam yang terjadi pada akhir pekan dan akhir bulan, Sutopo menyatakan belum bisa memastikan faktor dibalik peristiwa itu.

“Paling banyak adalah kejadian-kejadian weekend dan tanggalnya di atas 25, kenapa, ya kami belum bisa menganalisa,” kata Sutopo.

banyak bencana terjadi di akhir bulan (voanews.com)

Sementara itu, teori lain menyebutkan banyaknya bencana alam yang terjadi di atas tanggal 25 (akhir bulan) disebabkan oleh gaya gravitasi bumi yang mengalami peningkatan karena berdekatan dengan malam bulan purnama.

Hmmm… bagaimana menurutmu. Apakah kejadian bencana alam yang terjadi hampir setiap akhir pekan dan akhir bulan ini merupakan kebetulan atau ada faktor lainnya?

 

 

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *