5 Alasan Ini Bisa Membuatmu Ketagihan Belanja Baju Bekas

Jangan gengsi belanja baju bekas, 5 alasan ini bisa menghilangkan gengsimu dan membuatmu menyukai baju bekas

11
SHARES

Apa yang ada di benakmu ketika mendengar tentang ‘baju bekas’? Mungkin ada yang berpikir baju bekas itu rusak, tak layak pakai, kotor (mungkin) dan sebagainya. Tapi mungkin ada yang berpikir baju bekas itu bagus dan keren, bisa jadi kan. Jika kamu salah satu yang berpikiran negatif tentang baju bekas, mungkin kamu tak pernah terpikir untuk membelinya, tapi kamu harus pertimbangkan lagi.


Di Indonesia, banyak toko yang menyediakan baju bekas dengan berbagai macam model, kualitas dan juga harga. Peminatnya pun bisa dibilang cukup banyak dari berbagai kalangan. Baju bekas ini biasanya berasal dari berbagai sumber, salah satunya dari stok pakaian gagal produksi, baju sumbangan dan sisa impor ekspor dari berbagai negara seperti Singapura, Cina, Korea dan mungkin juga dari negara lain.

(Via lialt.blogspot.com)
(Via lialt.blogspot.com)

Faktanya, banyak merk-merk terkenal yang dapat kamu temukan di tumpukan baju bekas ini, dengan kualitas yang baik tentunya. Apabila kamu teliti dan pandai memilih, kamu juga bisa menemukan banyak baju bekas yang bagus dan juga mengikuti tren fashion masa kini. Banyak lho keuntungan belanja pakaian bekas, 5 alasan ini diantaranya.

1. Siapa tau kamu bisa mendapatkan baju merk ternama dengan harga murah

Perbedaan yang paling terlihat antara baju baru dengan baju bekas adalah dari segi harga. Dibanding dengan baju yang dijual di mal dengan harga yang bisa dibilang mahal, baju bekas bisa kamu dapatkan dengan harga yang murah walaupun dengan merk dan bentuk yang sama. Perbedaan harga yang drastis inilah yang membuat baju bekas banyak diminati. Dengan berbelanja baju bekas kamu bisa jauh lebih hemat, apalagi kalau hobimu berbelanja. Dengan harga murah pula kamu bisa mendapatkan berbagai model pakaian dan juga baju dengan merk ternama jika kamu beruntung. Nah, tak ada salahnya kan mencoba belanja baju bekas.

(Via kikiohkiki.tumblr.com)
(Via kikiohkiki.tumblr.com)

2. Walaupun bekas, kamu tak perlu khawatir tentang kualitas

Dalam bisnis, pakaian bekas dibagi menjadi 3 kelas yaitu A, B dan juga C. Kelas A merupakan tumpukan baju bermerk dengan kualitas bagus tentunya. Kelas B merupakan pakaian dengan kualitas menengah dan kelas C mempunyai kualitas pakaian yang sering diobral. Dengan pembagian kelas ini kamu tak perlu ragu untuk memilih pakaian sesuai dengan kualitas yang kamu inginkan. Kamu bisa mendapat pakaian kelas A dengan merk ternama dan juga kualitas bagus jika kamu cermat dan pandai dalam memilih. Walaupun bekas, belum tentu tak berkualitas.

(Via finance.detik.com)
(Via finance.detik.com)

3. Dengan baju bekas kamu juga bisa tampil menawan

Walaupun dengan budget terbatas, kamu juga bisa tampil stylish dengan baju bekas. Tak melulu baju mal yang bisa membuatmu menawan, baju bekaspun bisa bahkan dengan harga terjangkau. Berbeda ketika berbelanja baju baru dengan baju bekas, saat membeli baju bekas, ketelitianmu dipertaruhkan. Kamu harus ekstra cermat dalam memilah dan memilih baju yang akan kamu beli apakah warnanya luntur, sobek, atau ada yang bolong benar-benar harus kamu pertimbangkan.  Kebanyakan dari baju bekas merupakan produk luar negeri dengan model lama tapi tetap bisa membuatmu terlihat fashionable dengan konsep vintage yang menarik. Banyak pilihan pakaian yang bisa kamu dapatkan, dengan begitu kamu bisa berkreasi memadupadankan pakaian dengan model unik (karena model lama) sehingga membuatmu terlihat lebih stylish.

(Via iimug.org)
(Via iimug.org)

4. Belanja baju bekas bisa membantu mengurangi limbah

Tak hanya hemat, membeli baju bekas juga bisa membantu mengurangi limbah. Jika kamu pecinta lingkungan, tak perlu ragu untuk membeli baju bekas. Dengan begitu kamu akan ikut mengurangi limbah yang dibuang untuk menciptakan baju baru.

(Via wardhanahendra.blogspot.cm)
(Via wardhanahendra.blogspot.cm)

5. Kreasi dengan baju bekas? kenapa tidak

Selain untuk dipakai, baju bekas juga bisa kamu kreasikan. Dibanding dengan baju baru, kamu pasti lebih tega untuk memotong dan menggunting baju bekas menjadi sesuatu yang baru. Kamu bisa membuat tas dari kaos bekas ataupun memotong kemeja menjadi rok cantik sesuai keinginanmu. Selain mengasah kreatifitas, berhemat karena tak perlu beli yang baru, hal tersebut juga bisa sebagai wujud kecintaanmu pada lingkungan dengan memanfaatkan barang bekas. Cobalah berkreasi dengan baju bekas, siapa tau kamu bisa menciptakan barang berdaya guna dari baju-baju tersebut.

(Via lifestyle.liputan6.com)
(Via lifestyle.liputan6.com)

Selain dari sisa impor dan ekspor yang dijual di toko-toko, pakaian bekas juga bisa kamu dapatkan dalam lelang maupun acara amal. Dengan begitu kamu bisa ikut beramal dengan membeli baju bekas tersebut. Selain hemat juga bisa menambah pahala bukan. Nah, dengan 5 alasan tadi kamu tak perlu ragu lagi membeli baju bekas, banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dibanding dengan membeli baju baru.

Baca juga : Tak Perlu Takut Beli Baju Bekas, Ikuti 5 Tips Ini Agar Kamu Tetap “Aman”

11
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"