Bagi yang Mau Belajar, Setiap Kesalahan, Setiap Kegagalan, Pasti Ada Nilai Pembelajaran

Karena itu, mari, jangan pernah sesali apa yang sudah terjadi

Karena tergolong keluarga sederhana, seorang pemuda hanya mendapat sedikit uang dan beberapa buah buku ketika ayahnya meninggal. Sebelum meninggal, ayahnya berpesan, “Nak, buku-buku ini adalah harta yang tak ternilai harganya. Baca dan pelajarilah. Mudah-mudahan, kelak nasibmu bisa berubah lebih baik.”

Baca juga : 5 Kesalahan Anak Muda yang Membuatnya Tidak Pernah Berhasil Meraih Cita-cita

Tak berapa lama, pemuda itu akhirnya kehabisan uang untuk menyambung hidup. Kemudian, dia melongok buku-buku peninggalan ayahnya, buku-buku yang seharusnya dia baca dan pelajari. Namun karena malas, dia justru menjualnya kepada teman yang mau membeli karena kasihan.

| pixabay.com

Hari demi hari berlalu. Dan agar terus bisa makan, pemuda itu akhirnya mulai bekerja kasar, bekerja serabutan. Namun yang membuatnya heran, teman yang dulu membeli bukunya, kini hidupnya terlihat nyaman dan semakin maju. Karena penasaran, dia menyempatkan diri untuk bertanya.

“Sebenarnya, aku sangat terbantu dengan buku-buku yang kamu jual itu. Dulu, aku membelinya karena kasihan sama kamu. Kubiarkan saja berdebu di sudut kamar. Suatu hari, karena iseng ingin tahu, kubaca satu per satu. Ternyata isinya bagus sekali! Banyak pelajaran hidup yang luar biasa.”

| deviantart.net

“Bukan itu aja,” sambung temannya. “Dalam salah satu buku itu, terselip pesan agar setelah memahami isinya, siapa pun yang membaca mau mempraktekkan dengan sungguh-sungguh. Aku beruntung sekali. Lihat, hidupku berubah. Sebenarnya, dari mana buku-buku itu berasal?”

Mendengar cerita temannya itu, pemuda itu sangat menyesal. Harta peninggalan ayahnya ternyata jauh lebih berharga dari yang dia kira. Hanya karena malas membaca, sekarang dia harus menjadi pekerja kasar dan hidup ala kadarnya.

“Semua buku itu sebenarnya warisan ayahku. Jujur, aku malas membacanya dan nggak tau kalau ayahku menyimpan pesan yang sangat berharga. Aku benar-benar nyesel. Jadi, apa boleh aku pinjam buku-buku itu untuk memulai hidupku yang baru?”

#SobatInovasee yang baik hati…

Banyak hal di dunia ini yang kadang tidak bisa dimengerti dari pilihan hidup yang kita jalani. Banyak pilihan hidup yang justru menimbulkan penyesalan. Tapi, percayalah, bagi siapa pun yang mau belajar, setiap kesalahan, setiap kegagalan, pasti punya nilai pembelajaran.

Karena itu, mari, jangan pernah sesali apa yang sudah terjadi. Jangan juga takut pada masa depan. Kita ini, hidup dengan belajar dari banyak kesalahan dan ketidaknyamanan, kan?


Rekomendasi #SobatInovasee:

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Selama Dia Bahagia, Aku Juga Akan Bahagia. Sesederhana Itu

Jika Kamu Siap Jatuh Cinta, Maka Bersiaplah Juga Untuk Kecewa