Belajar dari Julianto, Jangan Percaya Siapapun yang Kamu Kenal Lewat Sosial Media

Pokoknya jangan!

Akhir-akhir ini jagat maya tengah dihebohkan dengan order fiktif makanan via ojek online yang menimpa Julianto Sudrajat, seorang karyawan di salah satu bank swasta di Jakarta. Sejak beberapa hari lalu Julianto diserbu banyak driver Go-Food yang mengantarkan makanan yang dipesan atas namanya.

Baca juga : Inspiratif! Guru Ini Ajarkan Bahaya Bullying pada Muridnya Melalui Dua Buah Apel

Julianto Sudrajat, korban order fiktif (kumpar.com)

Meskipun tak merasa memesan, Julianto sempat beberapa kali terpaksa membayar makanan yang ditujukan padanya. Tak tanggung-tanggung, Julianto merogoh kocek hingga lebih dari satu juta rupiah. Saking banyaknya orderan, teman-teman Julianto hingga patungan untuk membayar tagihan. Ada sekitar 10-15 driver yang datang ke kantor dengan rata-rata tagihan hingga 200 ribu rupiah.

Serbuan driver ini tak hanya ditujukan ke kantor Julianto tapi juga ke alamat rumahnya. Akibat order fiktif ini Julianto di pecat dari pekerjaannya. Julianto sendiri menduga ada seseorang yang dengan sengaja menjebaknya.

“Cinta ditolak, Go-Food bertindak”

Begitulah kira-kira warganet menggambarkan kasus yang menimpa Julianto ini. Setelah menolak keseriusan wanita yang dikenalnya lewat sosial media, Julianto diserbu banyak driver ojek online dengan tagihan makanan yang tak sedikit. Iya, Julianto menduga order fiktif ini dilakukan oleh seorang wanita yang sudah ia tolak cintanya.

Cinta di tolak, Go-Food bertindak (netralnews.com)

Inisialnya AR, warga Jakarta Timur yang dikenalnya lewat sosial media akhir tahun lalu. Julianto dan AR berkenalan lewat sosial media Facebook. Dari perkenalan itu keduanya intens mengirim pesan hingga kahirnya bertemu. Siapa sangka, dari pertemuan itu si wanita menyatakan cinta dan meminta untuk segera diseriusi. Julianto yang tak memiliki perasaan yang sama kemudian menolaknya.

Tak sampai disitu, AR sempat meminta foto KTP, email dan juga password milik Julianto. AR mengancam akan bunuh diri jika Julianto tak memenuhi keinginannya tersebut. Hingga akhirnya dari situlah order fiktif dimulai.

Tak hanya Julianto, driver-pun jadi korbannya

Tentu saja Julianto bukan satu-satunya korban dalam kejadian ini. Driver yang menerima order fiktiflah yang seharusnya menjadi perhatian. Kasus ini mulai terkuak setelah foto seorang driver yang tertunduk lesu tersebar di sosial media. Diketahui driver ini baru saja mendapatkan order atas nama Julianto Sudrajat yang dialamatkan di bilangan Matraman, Jakarta Timur. Setelah membayar tagihan makanan sebesar 225 ribu rupiah driver berusaha menghubungi nomor pemesan namun sudah tidak aktif.

Driver jadi korbannya (rancahpost.co.id)

Tak hanya satu, sudah ada 10-15 driver yang kemudian menyerbu kantor Julianto dengan rata-rata tagihan 200 ribu rupiah. Bukan hanya driver Go-Food saja yang dirugikan, order fiktif atas nama Julianto ini juga memesan Go-Box yang dialamatkan ke kediaman orang tua Julianto.

Jangan percaya siapapun yang kamu kenal lewat sosmed

Dari kasus Julianto ini kita bisa mengambil beberapa pelajaran berharga, salah satunya tentang kepercayaan. Sebisa mungkin, jangan percayai siapapun yang kamu kenal lewat sosial media. Selain kamu tak mengetahui latar belakang mereka, kamu juga tak akan tahu bagaimana sifat, sikap, karakter dan juga wataknya.

Jangan percaya orang yang dikenal lewat sosial media (msecnd.net)

Pernah bertemu satu dua kali tidak bisa menjamin bahwa dia bisa kamu percaya. Karena hakekatnya kepercayaan hanya bisa dibangun dalam waktu yang lama. Selain itu satu pelajaran yang tak boleh kamu lupakan, jangan pernah mengirim data pribadi kepada orang-orang yang baru saja kamu kenal.

Apalagi data tersebut sifatnya penting dan juga rahasia. Kecuali untuk keperluan yang benar-benar penting, sebisa mungkin jangan tunjukkan data diri kepada orang lain yang tak kamu kenal. Bisa saja data dirimu kemudian disalah gunakan, kamu tak akan pernah tau apa niat orang lain terhadapmu.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Apa Saja yang Harus Dibicarakan Sebelum Menikah? Saya yang Sudah Menikah Punya Bocorannya

Alasan-Alasan Aneh Para Selebritis Untuk Memakai Narkoba, Dari Relaksasi Hingga Membentuk Tubuh