Begini Kelakuan Nyentrik Orang Indonesia Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Pernah Mengalami Salah Satunya

Mulai dari yang tulus menolong hingga yang ambil untung

320
SHARES

Mengemudikan kendaraan bermotor mungkin terkesan mudah. Namun nyatanya, masih banyak terjadi kecelakaan lalu lintas di sekitar kita. Mulai dari akibat kelalaian sendiri, kelalaian orang lain, maupun faktor-faktor lainnya.

Sebagai makhluk sosial, kita pun pasti akan segera tergerak untuk menolong jika menjumpai ada korban kecelakaan di jalan raya. Masalahnya, sadar atau tidak, ada beberapa kelakuan nyentrik khas orang Indonesia yang pasti bisa kita jumpai saat terjadi kecelakaan lalu lintas. Apakah kamu berani mengakui bahwa kamu juga pernah menjadi salah satunya?

1. Pahlawan sejati

Warga sekitar dengan tanggap menolong korban kecelakaan – seputarsulut.com

Tipe pertama adalah mereka yang paling cepat tanggap saat terjadi kecelakaan. Tanpa perlu diminta, mereka akan segera melakukan pertolongan pertama yang dibutuhkan, termasuk segera menghubungi pihak berwajib jika perlu. Tak jarang, berkat pertolongan mereka pula para korban kecelakaan bisa diselamatkan jika polisi maupun tenaga medis jauh dari jangkauan.

2. Penonton

Banyaknya orang yang ‘menonton’ kecelakaan justru membuat lalu lintas tersendat dan menghambat evakuasi – metrosiantar.com

Entah mengapa, orang Indonesia punya hasrat kepo yang tinggi, termasuk dalam urusan kecelakaan lalu lintas. Normalnya, orang akan segera memberikan pertolongan saat terjadi musibah kecelakaan. Namun anehnya, rata-rata orang Indonesia memilih untuk berhenti sejenak dari kegiatan berkendara hanya untuk menonton orang lain memberikan pertolongan. Inilah yang justru membuat arus lalu lintas di sekitar lokasi kecelakaan justru kian macet dan mempersulit evakuasi, bukan karena banyak yang turun memberi pertolongan, tapi karena banyaknya orang yang penasaran dan berkerumun untuk menonton. Alamak!

3. Fotografer dadakan dan tukang selfie

Kok bisa ya, sempat selfie di tengah kecelakaan? – medan.tribunnews.com

Ini aneh, tapi nyata terjadi dan kerap ditemui. Tak jarang, dari sekian banyak orang yang berkerumun di lokasi kejadian sebuah kecelakaan, bisa kita jumpai ada orang-orang yang sibuk mengabadikan kondisi TKP (Tempat Kejadian Perkara). Memang, beberapa foto yang diedarkan ke media sosial boleh dibilang cukup membantu untuk memberikan kabar ke pihak berwajib maupun keluarga korban seperti yang bisa dijumpai melalui grup Facebook Info Cegatan Jogja. Sayangnya, banyak yang tidak memahami etika dalam mengambil foto dan menyebarkannya. Selain mengambil foto TKP, kadang ada juga yang menyebarkan foto korban dalam kondisi mengenaskan. Tak cuma itu, ada pula mereka-mereka yang dengan cueknya sibuk berselfie dengan latar belakang kendaraan atau korban kecelakaan. Duh, bukannya bantuin ya…

4. Curi kesempatan

Paman ini menolong, tapi tangannya kok….. – brilio.net

Tipe terakhir mungkin yang paling bikin miris. Orang-orang ini adalah mereka yang mengambil untung dari sebuah kecelakaan dengan berkedok memberikan pertolongan. Saat terjadi kecelakaan, ada saja orang yang memanfaatkannya untuk mengambil barang milik korban yang tercecer, hingga memegang-megang bagian tubuh tertentu dari korban, terutama jika korbannya adalah wanita. Benar-benar serigala berbulu domba!

Nah, kamu tipe yang mana? Sebisa mungkin, cukup jadi tipe pertama ya!

320
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~