Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Bedanya Orang yang Percaya Diri dengan Orang yang Arogan

Jangan sampai kamu terlalu percaya diri hingga menjadi orang yang arogan ya!

Ada banyak orang yang merasa bahwa dirinya memiliki kepribadian yang penuh percaya diri. Sayangnya, banyak pula yang tidak menyadari bahwa ia bukanlah sosok yang percaya diri, melainkan seorang yang arogan. Jika percaya diri adalah sebuah sikap yang baik, maka arogan cenderung tidak disukai.

Baca juga : Penolakan Adalah Bagian dari Hidup. Maka, yang Terpenting Adalah Bagaimana Menghadapinya

Secara umum, percaya diri dan arogan memang hampir mirip karena sama-sama bukan pemalu, mampu mengungkapkan pendapat, dan bisa bersosialisasi di depan publik. Lantas, apa perbedaannya?

Open minden atau close minded?

Orang arogan cenderung tidak disukai karena mau menang sendiri (godofthunder85.wordpress.com)

Salah satu alasan kenapa orang yang arogan kerap tak disukai adalah karena mereka cenderung close minded. Artinya, orang yang arogan susah menerima pendapat orang lain yang bertentangan dengan pendapatnya. Orang arogan merasa yakin bahwa apa yang diyakininya itu mutlak benar. Sedangkan orang yang percaya diri lebih open minded dan terbuka menerima berbagai masukan baru.

Perkara status sosial

Orang arogan memandang status sosial orang lain sebagai bahan pertimbangan (davidrkiger.com)

Bagi orang arogan, status sosial adalah hal yang penting. Ia cenderung tidak bersedia mendengarkan pendapat lawan bicara yang lebih rendah statusnya. Bagi orang arogan, strata sosial adalah hal yang amat penting. Sedangkan bagi orang yang percaya diri, status sosial bukanlah perkara yang perlu diagung-agungkan.

Membanding-bandingkan

Dari ciri-ciri yang ada,Conor McGregor masuk kategori orang percaya diri atau arogan? (youtube)

Jika kamu adalah orang yang percaya diri, maka kamu akan nyaman dengan dirimu sendiri apa adanya. Ini tentu berbeda dari orang arogan yang cenderung membandingkan dirinya dengan orang lain dan merasa tersaingi jika ada orang yang mendapat pencapaian lebih baik.

Siapa yang lebih mau mengakui kesalahan?

Orang arogan tidak mau mengakui kesalahan (aconsciousrethink.com)

Orang arogan adalah jenis orang yang paling berat mengakui kesalahannya, apalagi jika harus mengakuinya di depan banyak orang. Ini tentu berlawanan dengan orang percaya diri yang tidak segan-segan mengakui kesalahan jika memang dirinya salah.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Jika Saat Ini Kamu Disakiti, Percayalah Kamu Akan Hidup Bahagia Suatu Hari Nanti

Lewat 5 Cara Elegan Ini, Kamu Bisa Move On dari Mantan Tanpa Perlu Memblokirnya di Medsos