Bedanya OKB dan Orang Kaya Beneran, Temenmu Ada yang Begini?

Ada temanmu yang seperti ini?

Menurut survei terbaru yang berjudul Global Wealth Report 2017, yang diterbitkan oleh Credit Suisse menyatakan, jika perkembangan jumlah orang menengah ke atas di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan. Saat ini saja, jumlah masyarakat golongan menengah sekitar 50 juta orang. Dan angka tersebut akan terus mengalami kenaikan.

Penjualan mobil mewah di Indonesia selalu mengalami peningkatan. (viva.co.id)

Melihat data tersebut, maka sudah barang tentu akan bermunculan orang-orang kaya baru di Indonesia. Saat bermunculan orang kaya baru secara bersamaan, tentu sedikit banyak akan mempengaruhi kondisi ekonomi sosial di masyarakat, dampak tersebut bisa bersifat negatif ataupun positif.

Lalu untuk membedakan orang kaya baru (OKB) dan orang kaya asli bagaimana? Berikut ini beberapa perbedaan OKB dan mereka yang sudah lahir sudah menjadi orang kaya.

Orang kaya baru lebih suka pamer

Sepertinya sudah menjadi fitrah orang kaya baru, jika tugas utama mereka setelah menjadi orang kaya baru ialah memberitahukan kepada orang lain jika sekarang ia sudah menjadi orang kaya.

Gaya Istri Orang Kaya Beneran Vs Orang Kaya Baru KASKUS. (kaskus.co.id)

Untuk memberitahukan kepada orang lain, mereka biasanya tidak menggunakan kata-kata, melainkan dengan memamerkan barang-barang yang ia miliki. Jadi kalau ada temanmu suka pamer-pamer di media sosial, mungkin dia baru saja mengalami sindrome orang kaya baru, maklumin saja.

Mereka biasanya gila dengan barang branded

Menurut pakar personal branding, Amalia E Maulana, orang kaya yang asli tidak pernah didikte oleh brand. Termasuk dalam memilih pakaian dan aksesoris, mereka biasanya membeli merk apa saja yang menurut dia cocok dan nyaman menggunakannya.

OKB gemar belanja barang branded (aura.co.id)

Hal tersebut berbeda dengan para OKB, mereka seakan-akan terus mengejar-ngejar kebesaran nama sebuah produk. Ada dua alasan kenapa OKB cenderung gila terhadap barang branded, yang pertama sebab ia membutuhkan pengakuan menjadi orang kaya dengan membeli barang mahal, yang kedua ia numpang membesarkan nama dari kebesaran nama brand dari barang yang ia pakai.

Terjadi perubahan drastis pada gaya dan karakter OKB

Orang kaya baru cenderung akan mengalami perubahan gaya hidup dan karakter secara drastis. Hal tersebut karena secara psikologi orang yang berada pada posisi baru maka dia mencoba memposisikan karakternya di wilayah itu juga. Jadi jika ia menjadi OKB maka karakter dan sikapnya mendandak akan layaknya orang terkaya.

Gaya Istri Orang Kaya Beneran Vs Orang Kaya Baru KASKUS. (kaskus.co.id)

Dampaknya, tidak sedikit OKB yang senderung terlihat sombong, kacang lupa kulit, enggan hidup sederhana layaknya saat berada di kondisi ekonomi biasa-biasa saja. Gaya hidup mereka cenderung serba ingin mewah terlihat mahal.

OKB cenderung merendahkan orang lain, orang kaya asli cenderung menghargai orang lain

Perbedaan yang lainnya dari OKB dan orang kaya asli ialah dalam memperlakukan orang lain. Orang kaya baru cenderung memberikan skat dengan orang lain terutama yang memiliki kondisi ekonomi di bawahnya. Hal tersebut dilakukan karena OKB merasa nasibnya tidak sama lagi dengan orang yang kondisi ekonominya tidak lebih baik darinya.

Orang kaya beneran lebih peduli terhadap orang lain (tabungwakaf.com)

Hal tersebut berbeda dengan orang kaya asli, mereka cenderung seseorang yang menghargai orang lain dan sangat peduli dengan mereka yang kondisi ekonominya di bawahnya. Hal ini terjadi karena orang kaya asli sudah merasa cukup sejak dari dulu, jadi ia tidak merasa sayang harta saat berbagi dengan sesama.

Itulah beberapa perbedaan antara orang kaya baru dan orang kaya asli. Jika temanmu ada yang suka pamer, suka ngomongin barang-barang branded, lupa dengan kawan lama saat susah, dan suka merendahkan orang lain, besar kemungkinan ia merupakan seseorang yang baru kemarin sore menjadi orang mampu.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *