Nih Bedanya Jeruk Limau, Jeruk Purut dan Jeruk Nipis. Cewek Wajib Tau Nih!

Mana yang jadi favoritmu?

Bagi masyarakat Indonesia, jeruk bukanlah nama asing lagi bahkan sudah akrab terdengar di telinga. Mendengar namanya saja sudah langsung terbayang bentuknya yang bulat, rasanya yang asam hingga vitamin C yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Nyatanya buah yang berwarna kuning hingga hijau ini banyak jenisnya, mulai dari jeruk limau, jeruk nipis, jeruk peras, jeruk lemon dan masih banyak lagi.

Jeruk (cikkoo’s)

Namun apakah kamu bisa membedakan berbagai jenis jeruk seperti yang disebutkan di atas? Meski terdengar familiar, nyatanya masih banyak yang tak bisa membedakan jenis-jenis jeruk. Karena memang ada jeruk yang tak hanya untuk dikonsumsi langsung, melainkan untuk bumbu makanan. Aroma dan rasanya pun hampir mirip sehingga sulit dibedakan. Nah biar nggak bingung, berikut ini beberapa perbedaan dari berbagai macam jeruk.

Dilihat dari penampilan fisik

Jeruk limau dan jeruk nipis (4.bp.blogspot.com)

Dilihat dari luar, ketiga jeruk ini memiliki warna yang sama yaitu hijau. Namun untuk jeruk limau dan juga purut, warnanya lebih gelap jika dibandingkan dengan jeruk nipis. Sementara untuk ukuran, jeruk limau lebih kecil dibandingkan purut dan nipis. Dirasakan dari tekstur, nipis lebih halus daripada yang lainnya.

Kandungan air dan bulir

Jeruk nipis (ResepKoki)

Masih belum bisa membedakan? Baiklah kini saatnya peras ketiga jeruk tersebut. Limau yang lebih kecil dibanding yang lainnya memiliki jumlah air yang tentu sedikit. Untuk bulir ketiganya hampir serupa yaitu berwarna hijau agak kekuningan. Tapi warna bulir jeruk purut dan limau lebih bening jika dibandingkan dengan nipis.

Dari rasanya

Jeruk limau (popeti.com)

Kesamaan paling umum dari ketiganya adalah sama-sama memiliki rasa yang asam. Meski begitu, rasa jeruk limau terbilang lebih asam daripada yang lainnya. Dari segi aroma, jeruk nipis memiliki aroma lebih kuat jika dibandingkan dengan kedua jeruk lainnya.

Fungsi dan kegunaan

Jeruk purut (Vidio.com)

Jeruk limau biasa digunakan untuk campuran sambal atau masakan dengan cita rasa kuat. Sedangkan jeruk purut dan jeruk nipis, biasanya digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan dan daging tanpa mengubah rasa ikan serta daging tersebut. Dua buah jeruk ini juga sering digunakan sebagai campuran masakan soto agar rasanya makin segar.

Nah, itulah perbedaan jeruk limau, jeruk purut dan jeruk nipis. Meski hampir sama, kamu bisa kok membedakan ketiganya jika cermat. Jangan sampai salah ya.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *