Biar Nggak Ketipu, Begini Cara Bedakan Jam Tangan Asli dan Palsu!

Jangan sampai tertipu ya!

Bagi sebagian besar orang, jam tangan menjadi aksesoris wajib yang harus dibawa kemana saja. Rasa kurang percaya diri terkadang menghampiri ketika lupa membawa benda satu ini, pun tangan rasanya kosong dan hampa. Apalagi bagi mereka yang hobi koleksi, jam tangan menjadi harta berharga yang istimewa. Sebut saja beberapa merek terkenal seperti Rolex, Guess, Omega, hingga Daniel Wellington.

Cara bedakan jam tangan asli dan palsu (themodestman.com)

Sayangnya zaman sekarang banyak sekali merek ternama yang dipalsukan. Kehadiran jam kualitas KW ini tentu meresahkan mereka yang menggemari barang original. Bentuk fisik yang hampir serupa dan sulit dibedakan membuat kita was-was dan merasa takut mendapatkan jam palsu.

Namun kini tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengenali mana yang original dan barang palsu. Berikut ini beberapa tanda yang bisa kamu amati dengan seksama.

Detikan jarum jam

Salah satu indikator asli atau palsu bisa kamu amati dari detikan jarum jam. Jam tangan asli yang didesain oleh merek ternama kemungkinan besar memiliki ratusan komponen kecil yang tersusun sempurna. Komponen tersebut terbentuk menjadi bagian yang bergerak secara halus. Bahkan suaranya pun bisa nyaris tak terdengar karena terlalu halus.

Detikan jarum jam (hiconsumption.com)

Sangat jauh berbeda dengan jam palsu yang tentu dibuat secara sembarangan dan asal-asalan. Coba saja dengarkan suara detikan yang terkesan kasar, bandingkan dengan jam original yang dibeli dari outlet resmi.

Kerapihan dan detail sempurna

Jam tangan yang asli selalu memiliki standar kualitas yang sangat tinggi dan juga ketat. Tidak ada toleransi untuk kesalahan sekecil apapun. Misalnya saja terdapat sedikit goresan, kesalahan tulisan, jahitan yang tidak rapi, logo yang tak sesuai tempatnya atau ukuran yang berbeda. Kesempurnaan menjadi hal wajib yang harus selalu dipenuhi dalam setiap produksinya.

Kerapihan dan detail sempurna (googleapis.com)

Jika terdapat sedikit saja kesalahan, maka jam tangan tersebut tidak akan lolos untuk dipasarkan. Coba saja lihat jam yang hendak kamu beli, jika ada cacat apapun meski hanya sedikit bisa dipastikan bahwa itu barang palsu.

Lihat nomor seri

Asli atau palsunya jam tangan juga bisa dipastikan melalui nomor seri yang terdapat pada setiap gelangnya sama dengan yang terdapat pada kotak. Pastikan nomor serial tersebut sama seperti nomor pada produsen resmi jam tersebut. Jangan sampai berbeda meski hanya satu angka maupun satu huruf saja.

Lihat nomor seri (ytimg.com)

Beberapa produk merek ternama juga menempatkan nomor serial yang ditempel pada stiker di belakang jam tangan tersebut. Jangan beli jam yang tidak memiliki kotak atau tidak terdapat nomor seri karena bisa dipastikan itu barang palsu. Apalagi jika harganya sangat murah sehingga terkesan tak masuk akal.

Nah itulah beberapa tanda yang bisa kamu amati ketika membeli jam tangan. Kuncinya adalah ketelitian dan juga kecermatan. Pelajari dulu jam yang hendak dibeli, usahakan beli di distributor atau outlet resmi yang terpercaya.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *