Serupa dan Hanya Beda Nama, 5 Makanan dan Minuman Ini Memiliki Beda Harga yang Signifikan

Cuma beda nama, rasanya pun sama. Kok harganya beda jauh yah.

1
SHARES

Kamu kenal dengan nama artis Samijan? atau mungkin kamu kenal dengan nama Rini Fatimah Jailani? Kalau Ainur Rokhimah kamu kenal? Tentu nama-nama diatas terdengar asing ditelinga kita. Coba kalau nama Ian Kasela, tentu kamu tahu, atau Syahrini pasti tahu lah. Terakhir, Inul Daratista, pasti faham kan? Nah ketiga nama pertama tadi ialah nama asli dari artis-artis tersebut.


Ainur Rokhimah merupakan nama asli dari Inul Daratista

Loh, kok beda banget? Yaiyalah beda, kan bukan nama sebenarnya. Deretan artis tersebut sengaja mengganti namanya untuk “menjual” kepopuleran. Sebab tidak dipungkiri nama memiliki arti penting dari sebuah marketing. Tidak percaya? Nih simak beberapa nama makanan ini cuma beda nama namun harganya jauh berbeda.

1. Gado-gado

Kamu tentu tidak asing dengan makanan khas Indonesia ini, namanya gado-gado, jajanan khas kaki lima yang murah meriah dan banyak penggemarnya. Mungkin saat kita membeli gado-gado di warung langganan kita harganya tidak jauh-jauh dari sepuluh ribuan. Namun saat gado-gado ini berubah nama menjadi Javanes salad with peanut sauce harganya bisa tiga kali lipat.

perbandingan harga gado-gado dan javanes salad peanut sauce. Beda jauh yah.

2. Kentang goreng

Satu lagi nih, makanan yang berubah harga setelah namanya berubah. Kamu yang sering makan kentang goreng jajanan kesukaan anak-anak ini memang murah meriah dan menyehatkan. namun kalau kentang goreng sudah berubah menjadi fried french harganya berbeda jauh. Jika kenang goreng harganya cuma 3.000, maka fried french harganya bisa mencapai 9.000. Beda jauh bukan?

Cuma beda nama kentang goreng ini memiliki beda harga yang signifikan kan?

3. Berondong jagung

Satu lagi nih, jajanan anak-anak yang banyak dijual di warung-warung, berondong jagung. Olahan biji jagung yang disangrai ini selain menyehatkan, enak, juga murah meriah. Namun buat adek-adek yang suka jajan berondong di warung sebelah, sepertinya harus menahan keinginan jajan berondong dulu deh kalau lagi ada di Mall atau gedung bioskop. Sebab disitu namanya sudah berubah menjadi pop corn, dan harganya juga jauh lebih mahal. Untuk harga berondong normalnya sekitar 5000an, namun untuk harga pop corn bisa mencapai 15.000 ampai 35.000an.

Berondong sama pop corn, beda nama beda harga.

4. Es teh lemon

Pernah nongkrong di mall atau cafe lalu memesan Lemon tea ice lalu ternyata yang dihidangkan hanya sebuah es teh lemon biasa? Padahal soal harga keduanya sangat jauh berdeda, namun soal rasa keduanya tidaklah berbeda. Itulah kehebatan sebuah nama. Jika es teh lemon harganya cuma Rp.3000, namun saat namanya berubah menjadi Lemon tea ice harganya sampai Rp.12.000

Sama rasa beda nama. Harganya juga jauh berbeda

5. Nasi goreng

Sama seperti makanan lainnya, nasi goreng pun menggunakan marketing perubahan identitas. Dari yang awalnya bernama nasi goreng diganti menjadi fried rice strata makanan inipun langsung naik. Termasuk dalam soal harga, dengan menyandang nama fried rice dan tampilan agak beda, nasi goreng pun menaikkan harganya sesuai namanya, dari awalnya paling 12.000, setelah berubah nama menjadi 25.000.

Rasanya sih tidak jauh berbeda, cuma namanya yang membedakan harga

Itulah beberapa makanan yang merubah namanya untuk menaikkan strata dan harganya. Dari hal tersebut kita bisa mengambil pelajaran, jika nama bisa mengubah persepsi seseorang terhadap kita. Jadi jika sampai saat ini kamu masih jomblo, mungkin kamu perlu merubah namamu menjadi james, justin, atau Brandon 😀

1
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,