Cewek Wajib Tahu, Inilah Beberapa Faktor Penyebab Kanker Serviks

Penyakit inilah yang akhirnya merenggut nyawa Julia Perez dan banyak wanita lain di Indonesia

863
SHARES

Aktris Julia Perez atau yang dikenal juga sebagai Jupe telah menghembuskan napas terakhirnya pada Sabtu, 10 Juni 2017 lalu. Mendiang Jupe diketahui meninggal akibat penyakit kanker serviks yang telah lama dideritanya.

Kanker serviks atau kanker leher rahim disebut-sebut sebagai penyebab kematian nomor satu bagi perempuan di Indonesia. Penyakit ini disebabkan oleh human paillomavirus atau HPV, dan menyerang empat dari lima orang (80 persen) di sepanjang hidup mereka. Lantas, apa saja yang menjadi penyebab kanker serviks?

1. Aktivitas seksual di usia dini

Hindari aktifitas seksual di usia dini agar terhindar dari HPV – youtube.com

Bagi para wanita yang telah melakukan hubungan seksual di usia dini, maka resikonya lebih besar untuk terkena HPV. Oleh karenanya, disarankan untuk melakukan aktifitas seksual di atas usia 21 tahun.

2. Berganti-ganti pasangan seksual

Sering berganti partner seksual menjadi salah satu penyebab kanker serviks – www.vebma.com

Seperti halnya penyakit menular seksual, HPV juga bisa ditularkan dari mereka yang suka berganti-ganti pasangan. Meski begitu, seseorang juga dapat terkena HPV walaupun baru pertama kali berhubungan seksual. Ini dikarenakan HPV menular ketika kulit bersentuhan di bagian alat kelamin. So girls, penting juga bagi kalian untuk mengetahui riwayat seksual pasanganmu ya!

3. Merokok

Jangan jadikan merokok sebagai gaya hidup – thirdforcenews.org.uk

Wanita yang merokok punya resiko dua kali lipat untuk terkena HPV. Selain punya kandungan zat-zat berbahaya, merokok membuat sistem kekebalan tubuh di sekitar sel serviks melemah dan sulit mencegah tubuh dari infeksi HPV.

4. Kekebalan tubuh yang lemah

Kekebalan tubuh yang lemah jadi salah satu faktor masuknya HPV – gettyimages

Sistem kekebalan tubuh memegang peranan penting untuk memerangi infeksi HPV, sehingga seseorang yang sehat lebih efektif melawan HPV. Oleh karenanya diperlukan kesadaran untuk selalu menjaga kesehatan. Namun konsumsi obat-obatan tertentu macam imunosupresan (obat yang dikonsumsi agar tubuh tidak menolak donor organ dari orang lain) dianggap memungkinkan dalam menurunkan sistem kekebalan tubuh.

5. Mengkonsumsi pil KB lebih dari 5 tahun

Jangan sembarangan mengkonsumsi pil KB, apalagi dalam waktu lama – hellosehat.com

Konsumsi pil KB dalam jangka waktu yang lama turut punya andil dalam meningkatkan resiko terkena kanker serviks. Kalau kamu adalah wanita yang sudah berkeluarga dan berencana untuk melakukan program KB, lebih baik berkonsultasi dahulu dengan dokter dan tidak sembarangan minum pil KB.

Pada banyak kasus, mereka yang terkena HPV masih dapat hidup tanpa masalah karena belum tentu orang dengan HPV akan terkena kanker. Untuk pastinya, segeralah memeriksakan diri pada dokter untuk mengetahui apakah kamu terkena kanker serviks atau tidak.

863
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~