4 Bau dari Badan yang Menjadi Indikasi Penyakit Serius

Kalau muncul, lebih baik segera konsultasi dengan dokter

Bau badan atau dalam istilah medis disebut dengan bromhidrosis merupakan proses alami yang terjadi dari dalam tubuh manusia. Selama ini bau badan dianggap berasal dari keringat, padahal sebenarnya tidak. Bau badan lebih disebabkan karena bakteri yang mengubah keringat menjadi asam sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap pada tubuh.

Bau badan (healthline.com)

Nah bau badan ini tidak hanya disebabkan oleh bakteri saja, namun juga bisa menjadi indikasi beberapa kondisi tertentu pada tubuh, termasuk penyakit. Berikut ini ada beberapa bau yang harus kamu waspadai karena bisa menjadi ciri-ciri sebuah penyakit serius.

Aroma buah busuk pertanda diabetes yang parah

Pernah mencium aroma buah yang sudah membusuk? Seperti itulah gambaran bau badan seseorang yang memiliki penyakit diabetes parah. Aroma ini disebabkan karena tubuh tidak dapat membakar energi sehingga mulai memecah asam lemak untuk dijadikan bahan bakar.

Aroma buah busuk pertanda diabetes yang parah (rd.com)

Karena proses ini kemudian terjadi pembentukan zat kimia asam (keton) dalam darah yang memunculkan asam utama (aseton). Aseton inilah yang dapat menyebabkan munculnya bau busuk terutama pada badan dan nafas penderitanya. Apalagi jika bau ini disertai dengan gejala lain seperti sering mual, mudah lelah, bibir kering dan pengelihatan kabur.

Bau kaki menyengat pertanda penyakit kaki atlet

Umumnya bau kaki yang tidak sedap dikarenakan munculnya jamur akibat pemakaian sepatu atau kaus kaki yang lembab. Namun bau kaki ini juga bisa menjadi indikasi penyakit kaki atlet jika dibarengi dengan ciri kulit kering, lecet, bersisik, dan kemerahan di sekitar jari kaki.

Bau kaki menyengat pertanda penyakit kaki atlet (beautyhealthtips.in)

Jika sekian indikasi di atas muncul bersamaan maka ada kemungkinan terjadinya penyakit kaki atlet yang mengikis kulit dan jaringan jari kaki. Jika dibiarkan, penyakit ini bisa menyebar ke bagian kulit yang lain melalui sentuhan. Misalnya saja melalui tangan yang menggaruk kaki kemudian menyentuh bagian lain.

Gejala intoleransi laktosa ditandai dengan feses berbau menyengat

Memang sangat wajar jika feses memiliki bau yang tidak sedap. Namun kamu harus waspada jika bau tersebut terasa lebih menyengat atau busuk dan disertai rasa kembung, mual, diare, muntah, dan kentut yang berlebihan. Kondisi ini bisa terjadi karena usus kecil tidak menghasilkan cukup enzim yang kemudian menyebabkan terjadinya intoleransi laktosa.

Gejala intoleransi laktosa ditandai dengan feses berbau menyengat (greatist.com)

Nafas tak sedap tanda gejala sleep apnea

Meski sudah menyikat gigi secara teratur, nafas tak sedap bisa saja terjadi karena salah mengkonsumsi makanan atau malah gejala penyakit sleep apnea. Sleep apnea sendiri merupakan penyakit yang memungkinkan penderitanya mendengkur secara berlebihan dan bernafas melalui mulut sepanjang malam.

Nafas tak sedap tanda gejala sleep apnea (oregoncitydentistry.com)

Sleep apnea ini membuat mulut menjadi sangat kering sehingga memungkinkan bakteri berkembang biak dengan sangat baik dan mudah sehingga bau nafas seperti gas belerang. Jangan disepelekan karena penyakit ini sangat terkait dengan adanya resiko penyakit kronis lain seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Jika beberapa bau badan tersebut muncul disertai gejala lainnya, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan disepelekan!

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *