Meski Terkadang Hidup Itu Menyebalkan, Kita Selalu Punya Banyak Alasan Untuk Tetap Bersyukur

Percayalah, sehabis gelap selalu ada terang dan badai pasti berlalu

Tuhan tentu punya alasan-Nya sendiri untuk tidak membiarkan hidup kita selalu berjalan mulus sesuai rencana. Oleh karenanya, terkadang kita bakal merasakan bahwa ada banyak hal menyebalkan yang tak sesuai kemauan kita. Akhirnya kita jadi kehilangan semangat dan mungkin jadi tak punya motivasi lagi.

Baca juga : Kisah Inspiratif Pasien Kanker Payudara yang Sudah 49 Kali Kemoterapi dan Menolak Kalah Oleh Penyakitnya

Padahal, hal-hal menyebalkan tersebut sebetulnya hanya beberapa keping saja dari keseluruhan hidup kita. Artinya, semenyebalkan apapun sesuatu hal terjadi dalam hidup kita, selalu ada alasan untuk kita tetap memanjatkan rasa syukur kepada Sang Pencipta. Kalau kamu masih juga pesimis, coba simak beberapa cara untuk terus bersyukur berikut ini:

Yakinkan dirimu bahwa segala kesulitan yang datang bertujuan untuk menempa dirimu jadi lebih baik

Selalu ada hikmah dibalik setiap maslaah (imgur.com)

Ingatlah selalu bahwa Tuhan tidak akan membebani hambanya dengan beban yang tak bisa ditanggung. Oleh karena itu, sebenarnya masalah seberat apapun pasti bisa kita selesaikan dan lalui dengan baik. Tanamkan dalam pikiran kita bahwa beban berat itu hanyalah ujian untuk menempa diri kita menjadi sosok yang lebih baik. Oleh karenanya, kita pun bisa mensyukuri beban berat yg kita terima loh!

Berlatih cuek untuk mencegah stres

Kalau kita mau mencoba untuk sedikit cuek pada beban yang dihadapi, kita bisa menghindari stres (via wellnesscounselingmilwaukee.com)

Saat beban masalah menghimpit, orang-orang yang tidak siap akan mengalami stres berlebih. Untuk menghindarinya, jadikan masalah yang menimpamu sebagai ajang pembelajaran untuk memanajemen diri agar tidak terkena serangan stres tersebut. Cobalah untuk cuek dan tetap menjalani hidup seperti biasanya. Kalau bisa melaluinya, kamu akan mendapati bahwa rasa syukur bisa membuatmu jauh dari stres.

Alihkan fokus dari masalah yang seolah tak ada habisnya

Cobalah untuk tidak hanya fokus pada masalah yang sedang kamu hadapi, tapi juga fokus pada kelebihan yang kamu punya agar pikiran tetap sehat dan terhindar dari stres (amazonaws.com)

Saat seseorang sedang terkena sebuah masalah besar, biasanya ia hanya akan fokus pada masalah tersebut. Ia akan sibuk memikirkan bagaimana caranya harus bisa segera keluar dari masalah tersebut. Sayangnya, sering tidak disadari bahwa terlalu fokus pada sebuah masalah justru akan membuat kita lupa bersyukur dan rawan stres. Sebisa mungkin, kita juga harus membagi pikiran untuk fokus pada hal lain juga. Jangan sampai karena terlalu fokus pada masalah kita, lantas menelantarkan keluarga yang juga butuh perhatian kita.

Berapa banyak berkah yang kau dapatkan?

Berapa banyak berkah yang kita dapatkan? Kenapa lantas lupa dan bersedih ketika mendapat sedikit cobaan? (pranalatraining.co.id)

Kalau cara-cara di atas tak juga berhasil membuatmu lebih tabah dan nrimo menghadapi cobaan Tuhan, coba ingat lagi satu persatu berkah yang sudah diberikan Tuhan padamu. Berkah hidup sehat, berkah masih bisa makan tiga kali sehari, berkah masih punya anggota keluarga yang bisa diajak berbagi suka duka, dan sebagainya. Setelah itu bandingkan dengan hal menyebalkan dalam hidup yang kamu terima. Saya yakin akan tetap masih banyak jumlah berkah yang kamu terima. Oleh karenanya, bersabarlah dan hadapi dengan berserah diri pada Tuhan.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Lahir dengan Keterbatasan Fisik, Wanita Ini Justru Sukses Jadi Fashion Blogger nan Menarik

PDKT Itu Bukan Soal Senang-Senang, Tapi Memahami Gebetanmu Lebih Dalam