Keberhasilan Terbesarmu Bukanlah Tidak Pernah Gagal, Namun Selalu Bangkit disaat Kamu Gagal

Semakin sering dihampiri kegagalan, semakin kuat pulalah melawannya. Maka kamu haya tinggal beberapa langkah lagi dari keberhasilan

Ketika mendapat pertanyaan, “sudah sukseskah kamu?”, maka jawaban dari pertanyaan itu bisa beragam. Ada yang sudah merasa sukses dengan bisa menjadi pengusaha kaya, bisa sekolah di luar negeri, atau punya family goals yang diimpikan banyak orang. Kalau sudah menyandang predikat itu semua, seolah-olah keberhasilan sudah kita raih.

Apalagi jika semua kesuksesan dan keberhasilan itu bisa diraih dengan jalan yang mulus. Rasanya tidak ada seorangpun yang tidak ingin mempunyai kehidupan seperti itu, bukan? Namun sadarkah kalian jika definisi keberhasilan sebenarn justru didapatkan dari kegagalan yang datang berkali-kali?

Keberhasilan dibentuk oleh mental yang kuat

Memang menyenangkan rasanya jika kita bisa mencapai kesuksesan tanpa jalan berliku. Semua mulus lancar bak melaju di jalan tol. Sayangmya, kesuksesan yang demikian ini bukanlah kesuksesan yang sesungguhnya.

Setiap orang pasti menginginkan kesuksesan (gulalives.co)

Kalau kamu menjadi pengusaha sukses karena meneruskan usaha warisan orang tua, atau bersekolah di luar negeri dengan biaya orang tua, apakah itu bisa disebut kesuksesan? Rasanya tidak. Karena kesuksesan sejati dibangun dari bawah dengan berdarah-darah.

Daripada iri dengan keberhasilan orang, kenapa tidak memulai keberhasilanmu sendiri dengan mulai merintisnya? (karinsebelin.com)

Oleh karenanya, bolehlah kita katakan bahwa keberhasilan terbesar bukanlah tidak pernah gagal, melainkan selalu bisa bangkit disaat menemui kegagalan. Dengan begitu, mental kita jadi terbentuk dan terlatih sehingga lebih kuat dalam menghadapi kehidupan. Kita tidak mudah depresi saat menemui jalan buntu, dan tidak lantas mencari jalan pintas yang justru menyesatkan.

Mereka yang tidak pernah gagal berarti tidak pernah mencoba

Takut pada kegagalan adalah hal yang wajar. Siapa sih yang ingin mendapatkan kegagalan? Bedanya, orang yang mempunyai ‘bakat’ sukses akan menghadapi kegagalan dengan gagah berani Mereka tergoda untuk menaklukkan kegagalan menjadi kesuksesan. Sedangkan orang yang takut gagal lalu mundur teratur sebelum berperang, hidupnya akan terasa stagnan karena bahkan untuk mencoba saja ia tak berani.

Dalam kehidupan tentu ada kesuksesan dan kegagalan. Berani melangkah maju meski kegagalan mengancam di depan adalah sebenar-benarnua keberanian (iwansujana.com)

Kalau kamu ingin meraih sukses dalam hidupmu, maka janganlah takut pada kegagalan. Hadapi saja dengan gagah berani. Namun jangan lupa untuk juga menyiapkan berbagai strategi untuk melawan kegagalan tersebut. Jatuh dalam kegagalan berkali-kali juga tidak masalah, selama kamu masih terus memiliki semangat membara, lambat laun kegagalan justu akan menjadi guru yang mengajarimu langkah terbaik untuk mencapai kesuksesan.

Dozan Alfian

Written by Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Kisah Hana, Gadis Mandiri yang Mulai Belajar Mengurus Rumah Tangga Sejak Usia 5 Tahun

Bukan Berarti Nakal, 5 Kelakuan Anak Kecil Ini Justru Tanda Jika Ia Cerdas