VOB: Band Metal yang Tetap Tunduk pada Nada-Nada Hijab yang Kental

Ngedadak suka metal gara-gara eneng semua. Musik sekaras apapun, kalo eneng-eneng yang mainin mah.. jadi adem kayak ubin mushola

Sejak penampilan mereka di festival musik metal yang berlangsung di Pantai Pameumpeuk, Garut, Jawa Barat, tiga gadis berhijab ini sontak menjadi buah bibir di jagat maya Indonesia dan dunia. Membawakan musik cadas dari band-band metal dunia, banyak orang benar-benar kagum dengan aksi mereka.

Inilah ketiga gadis yang mendadak viral karena penampilan yang sangat kontras dengan musik yang mereka bawakan itu | scmp.com

Sebelumnya, tak pernah sekali pun terbayangkan oleh gadis-gadis yang masih duduk di bangku sekolah ini bahwa mereka akan menjadi viral dengan cara seperti itu. Apa yang telah mereka capai seakan mendobrak stigma bahwa musik metal hanya diperuntukkan untuk kaum pria saja. Apalagi dengan balutan hijab semua personelnya, tentu ini menjadi taste baru dalam dunia musik cadas.

VOB sejak 2014

Tergabung dalam band Voice of Badceprot (VOB), Firda Kurnia (gitaris dan vokalis), Widi Rahmawati (bassis) dan Euis Siti (drummer) sudah sejak 14 Desember 2014 lalu memilih musik metal sebagai musik yang mereka mainkan.

Tiga gadis dan berhijab yang memilih musik metal sebagai tujuan hidup | brta.in

Pada awalnya, langkah tiga gadis yang masih duduk di bangku SMK Insan Mandiri, Garut ini tak mendapat dukungan dari orang tua mereka masing-masing, dengan alasan takut terjerumus dalam dunia musik yang penuh stigma negatif itu. Namun kemudian mereka membuktikan bahwa apa yang orang tua mereka khawatirkan itu salah melalui sejumlah prestasi.

Merilis single sebagai bukti eksistensi

Musik mereka terinspirasi oleh sejumlah musisi luar negeri, seperti Slipknot, Red Hot Chili Peppers, System of A Down, dan Rage Against the Machine. Sedangkan single ‘Guerila Radio’ dan ‘Take The Power Back’ dari Race Againt The Machine menjadi andalan mereka yang selalu menyedot perhatian.

Paling piawai membawakan single ‘Guerila Radio’ dan ‘Take The Power Back’ dari Race Againt The Machine | brta.in

Sampai saat ini, VOB masih terus mencoba mencurahkan kreativitas mereka dalam bermusik sambil terus belajar di sekolah, dan tetap tunduk pada nada-nada hijab yang kental.

Mereka akan terus bermusik dengan hijab yang asyik seperti itu | iputan6.com

Sejumlah lagu pun mereka ciptakan, ‘The Enemy of Earth Is You’ yang bercerita tentang manusia perusak alam dan ‘School Revolution’ yang menjadi bentuk protes akan aturan di sekolah adalah karya-karya kreatif yang menjadi bukti keseriusan dan eksistensi mereka.

Penampilan VOB di Dahsyat RCTI

Penampilan VOB di CNN Indonesia

VOB saat merekam single ‘School Revolution’

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Ternyata Ini Alasan Mengapa Perempuan Selalu Lebih Lelah Ketimbang Pria

Info Cegatan Jogja, Grup Facebook yang Lebih Cepat dari Polisi