Setelah Bakso Beranak, Kamu Wajib Coba Bakso Kuah “Degan” yang Lagi Hits di Jogja!

*buru-buru ke Jogja*

689
SHARES

Bakso menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang banyak digemari masyarakat. Mulai dari bakso kaki lima hingga hotel berbintang mempunyai penggemarnya sendiri. Bakso di setiap tempat juga mempunyai cita rasa serta penyajian yang berbeda-beda sesuai dengan daerahnya. Tapi pada dasarnya satu mangkuk bakso biasa disajikan dengan mie kuning ataupun bihun yang kemudian diberi kuah. Namun akhir-akhir ini masyarakat dikejutkan dengan berbagai jenis bakso yang tak biasa seperti bakso kepala bayi, bakso beranak, bakso granat, hingga bakso astagfirullah.

Jika kamu sedang berkunjung ke Jogja, kamu juga harus mencoba salah satu kuliner bakso yang tak biasa. Jika biasanya bakso menggunakan air kaldu sebagai kuah, bakso unik satu ini menggunakan air kelapa muda atau degan dan disajikan menggunakan batok kelapa. Penasaran dengan rasanya? Sama.

Bakso degan (metrotvnews.com)

Pakai kuah air kelapa muda, gimana ya rasanya?

Bakso degan ini memang termasuk salah satu kuliner nan unik di Jogja. Berbeda pada bakso pada umumnya yang disajikan dengan kuah kaldu yang dilengkapi berbagai bumbu, bakso degan menggunakan air kelapa muda sebagai gantinya. Tak hanya itu, bakso yang digunakan juga bukan dari daging sapi, melainkan bakso ikan.

Dengan racikan bumbu rahasia, air kelapa yang manis bisa disulap menjadi kuah gurih yang nikmat. Kebayang nggak sih gimana rasanya? Kalau kamu berminat mencicipi kamu bisa menemukannya di Jalan Sugeng Jeroni No.62 Wirobrajan, Yogyakarta.

Kuah air kelapa muda (merahputih.com)

Nggak cuma sebatas kuah, mangkok dan mie-nya juga dari kelapa!

Keunikan bakso degan nggak selesai cuma sampai kuahnya aja. Bakso degan ini juga mempunyai penyajian yang unik yaitu di dalam batok kelapa. Nggak cuma batok kelapa aja, kamu juga bisa memesan bakso dengan degan utuh. Yang lebih menarik lagi, mie yang digunakan juga dari kelapa muda yang diparut. Mungkin terkesan aneh rasanya, tapi kamu harus mencobanya. Warung bakso “Berkah” ini selalu ramai pembeli setiap harinya. Bukti bahwa bakso uniknya memang patut diacungi jempol.

Nggak cuma sebatas kuah, mangkok dan mie-nya juga dari kelapa (foody.id)

Berawal dari ide modifikasi

Menurut sang pemilik warung, Wiwiek Adriana, ide bakso degan ini bukanlah ide orisinilnya. Ide ini Wiwiek dapatkan ketika mengunjungi Pelabuhan Ratu dan  menemukan menu serupa di salah satu hotel. Wiwiek kemudian memodifikasinya dan disesuaikan dengan selera orang Jogja. Selain itu, harga yang tadinya mahal juga disiasati dengan mengganti bakso sapi menjadi bakso ikan agar bisa dinikmati semua kalangan. Jadilah bakso degan unik nan lezat ini.

berawal dari modifikasi (kotajogja.com)

Harga bakso degan ini juga relatif terjangkau. Kamu bisa mendapatkan satu porsi bakso degan utuh hanya dengan 18.000 rupiah. Sementara satu porsi bakso degan dengan batok kelapa biasa dipatok harga 13.000 rupiah.

Mengingat manfaat dan khasiat kelapa muda, kamu memang harus mencobanya. Lumayan kan kulineran unik sambil menjaga kesehatan. Yuk ke Jogja! 😀

689
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Author Erinda

"You can if you think you can"