Ngeri, Ini Lho 4 Bahaya Mengucek Mata yang Jarang Diketahui

Apapun alasannya, hentikan kebiasaan mengucek mata!

Kegiatan mengucek mata sepertinya sudah biasa dan lazim dilakukan semua orang. Entah ketika bangun tidur, kelilipan atau saat mata terasa buram agar bisa lebih fokus. Pun kebiasaan ini tanpa sadar dilakukan ketika mata terasa gatal. Umumnya mata dikucek dengan menggunakan tangan atau ujung jari saja.

Bahaya mengucek mata (Fimela.com)

Namun tahukah kamu, ternyata kebiasaan mengucek mata memiliki dampak buruk bagi kesehatan lho. Bahkan bisa mengakibatkan munculnya penyakit berbahaya yang jarang diketahui. Apa saja ya? Simak informasi berikut ya.

Bisa kena infeksi

Salah satu masalah mata yang paling sering ditemui adalah infeksi. Masalah ini bisa disebabkan karena kebiasaan mengucek mata dengan tangan kotor. Kamu pasti tak sempat cuci tangan kan ketika memegang atau mengucek mata? Percayalah, ada ribuan bahkan jutaan bakteri dan parasit yang siap masuk mata dan menyebabkan infeksi.

Bisa kena infeksi (hellosehat.com)

Mata memiliki membran berlendir untuk menjaga kelembaban. Sayangnya, membran tersebut menjadi tempat favorit bakteri dan parasit untuk singgah. Potensi terkena infeksi sangat besar kalau kamu mengucek mata tanpa cuci tangan apalagi setelah memegang banyak barang atau beraktivitas seharian.

Hati-hati terkena glaukoma!

Kalau infeksi kamu anggap biasa, maka tidak dengan glaukoma. Kalau infeksi disebabkan bakteri dan juga parasit, maka glaukoma disebabkan karena rusaknya syaraf mata. Kerusakan ini bisa terjadi karena mengucek mata dengan tekanan yang keras. Jika tidak segera ditangani dengan baik maka akan semakin parah!

Hati-hati terkena glaukoma! (catatanmini.com)

Apalagi glaukoma ini tidak memiliki gejala khusus sebelumnya. Sehingga banyak yang sadar terkena penyakit ini namun dengan kondisi yang sudah parah. Efek paling mengerikan yaitu kamu bisa kehilangan penglihatan alias buta. Nggak mau kan buta hanya karena sering mengucek mata?

Kornea mata berubah bentuk

Pada mata normal, kornea mata manusia berbentuk kubah namun terkadang bentuknya menyerupai bola. Nah, bentuk ini bisa berubah lagi jika kmau memiliki kebiasaan mengucek mata. Perubahan bentuk kornea ini dikenal dengan istilah keratoconus.

Kornea mata berubah bentuk (Miignon.com)

Penderita keratoconus ini akan mengalami kerusakan sel-sel kornea sehingga tidak bisa menahan bentuknya. Efeknya kornea menjadi kerucut karena menonjol ke luar, pun penglihatan menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu penderitanya harus menggunakan lensa atau kacamata agar bisa melihat dengan jelas.

Hiiii bintitan…

Mengucek dengan tangan yang penuh bakteri nyatanya tak hanya menjadi penyebab infeksi. Lebih parahnya bisa membuat kamu bintitan! Masalah ini terjadi karena tangan kotor menginfeksi bagian kelopak mata hingga kemudian membesar dan merah. Sama seperti bengkak yang membuat mata terasa tidak nyaman.

Bintitan (sopasti.com)

Selain membuat tidak nyaman, biasanya bintitan terasa sangat gatal sehingga rasanya kamu ingin menguceknya. Namun jika dilakukan, muncul rasa sakit yang parah. Yang bisa dilakukan hanya gunakan tetes mata atau seka dengan kapas atau handuk hangat yang bersih.

Nah itu dia beberapa dampak mengerikan yang mengintai kamu yang sering mengucek mata. Mulai sekarang gunakan obat tetes mata atau seka handuk hangat saja jika terasa gatal. Jangan dikucek apalagi digaruk!

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *