Bahaya Mematikan yang Mengintai Kamu yang Suka Gigit Kuku, Ngeri!

Tag temen kamu yang suka gigit kuku guys!

Di sekilingmu bahkan mungkin dirimu sendiri, pasti ada yang suka gigit-gigit kuku sampai jari jemarinya tidak terlihat cantik. Ternyata dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang Psikiater asal Universitas Montreal Kanada, Kieron O’Connor, menemukan fakta menarik tentang bagaimana kondisi psikologi orang yang memiliki hobi mengigit kukunya. Penasaran?

Secara psikis, gemar gigit kuku pertanda ia mudah cemas (tribunnews.com)

Dari hasil penelitian tersebut, ditemukan jika orang yang gemar menggigit kukunya memiliki karakter yang mudah cemas, sering gugup, dan mudah memikirkan sesuatu. Kabar baiknya, orang yang memiliki kebiasaan menggigit jari, menurut Kieron cenderung lebih perfeksionis dari orang pada umumnya.

Tidak hanya dilihat dari segi psikologi, kebiasaan ini juga menarik perhatian kalangan kesehatan. Menurut para ahli kesehatan, inilah dampak yang bisa ditimbulkan jika kamu memiliki hobi menggigit kuku.

Bisa mengakibatkan infeksi pada saluran pencernaan

Kuku merupakan sarang berkumpulnya kotoran, bakteri, dan kuman. Terlebih jika sudah panjang, potensi berbagai macam jenis bakteri yang ‘ngumpet’ di baliknya jadi jauh lebih besar.

Dampak buruk hobi gigit kuku (gregetan.com)

Bakteri yang sering ditemui pada kuku manusia ialah jenis bakteri salmonella dan E.coli. Jika kamu mengigit kuku, bakteri ini secara bersamaan akan masuk melalui mulut dan menyebar sampai ke saluran pencernaan.

Padahal, diketahui jika kedua bakteri ini merupakan bakteri jahat pemicu munculnya berbagai jenis gangguan kesehatan pada pencernaan, seperti diare atau sakit perut.

Pemicu munculnya herpes jari tangan

Resiko lainnya akibat kebiasaan menggigit kuku yaitu bisa memicu penyakit herpes jari tangan atau bahasa ilmiahnya adalah herpetic whitlow atau abses herpetik. Penyakit ini disebut sebagai herpes karena memiliki gejala yang sama dengan penyakit tersebut.

Herpes jari tangan akibat virus herpes oral (go-dok.com)

Jika kamu terjangkit herpes jari tangan, maka rasa nyeri dibarengi pembengkakan dan kemerah-merahan akan terjadi pada jari-jarimu. Herpes jari tangan sendiri banyak mengenai mereka yang memiliki infeksi herpes oral. Saat ia menggigit kuku, virus tersebut akan menular ke jari dan mulai menyerang jari-jarimu.

Mengakibatkan infeksi pada sekitar kuku

Biasanya, orang yang memiliki kebiasaan menggigit kuku, tidak hanya menggigit kuku yang panjang namun juga yang sudah pendek. Akibatnya, tidak jarang kebiasan yang kerap dilakukan secara refleks ini mengakibatkan lapisan kulit dibawah kuku ikut terkelupas.

Infeksi pada kuku (sidomi.com)

Saat lapisan kulit terkelupas, maka potensi terjadinya infeksi pada kulit kuku sangat besar. Rochelle Torgeson seorang ahli kesehatan dari Mayo Clinic, Amerika serikat mengatakan, jika infeksi pada kulit kuku (paronychia) tidak segera diobati, maka bisa mengakibatkan luka yang serius pada jari manusia. Seperti pembengkakan disertai cairan nanah.

Menyebabkan keroposan pada gigi

Kebiasaan menggigit kuku ternyata tidak hanya berdampak pada permasalah kesehatan pada kuku, namun juga berdampak pada kondisi gigi. Dilansir dari laman health.detik.com, menggigit kuku dalam jangka panjang dapat membuat gigi rapuh, terkikis, dan bisa menimbulkan penyakit gusi.

Keroposan gigi akibat kebiasaan ggit kuku (liputan6.com)

Itulah beberapa dampak yang bisa muncul akibat kebiasaan menggigit jari. Meskipun kebiasaan sepele tapi dampaknya lumayan besar juga yah, tag teman kamu yang memiliki hobi gigit kuku jari guys!

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *