Inilah Deretan “Racun” Berbahaya Dibalik Nikmatnya Gorengan

Jangan berlebihan makan gorengan, berikut bahaya yang mengintaimu.

Gorengan merupakan salah satu jajanan favorit masyarakat Indonesia. Tidak heran jika hampir di setiap titik jalan ada penjual gorengan yang menjajakan dagangannya. Rasanya yang gurih, membuat jajanan ini selalu diminati dalam segala momen.

Bahaya kebanyakan makan gorengan. (steemkr.com)

Namun dibalik kenikmatan yang ditawarkan oleh gorengan, ada berbagai jenis racun berbahaya yang siap mengintaimu. Setidaknya ada beberapa faktor yang menjadikan gorengan menjadi jajanan yang berbahaya bagi tubuh. Berikut penjelasannya.

Racun dalam gorengan yang berasal dari bungkus koran sebagai alas

Tentu kita sering menemukan dimana gorengan dibungkus menggunakan koran bekas. Sepertinya hal tersebut terlihat biasa saja, namun ternyata kebiasaan membungkus gorengan menggunakan koran bekas sangatlah berbahaya.

Demen Bungkus Gorengan pake Kertas Koran???(kaskus.co.id)

Apa saja bahaya yang bisa ditimbulkan dari gorengan berbungkus koran?

Tinta dalam koran bekas bisa menyebabkan kanker

Menurut Dr. T. Jayabalan, seorang Konsultan National Poison Centre Malaysia mengatakan, jika tulisan dalam koran terbuat dari cairan kimia yang apabila masuk ke dalam tubuh sangat berbahaya.

Sayangnya, banyak penjual gorengan yang menjadikan koran sebagai alasnya. Padahal dengan kondisi gorengan panas dan mengandung minyak, hal tersebut bisa membuat tinta koran luntur dan mengenai gorengan yang kita makan.

Lebih lanjut Dr. T. Jayabalan menjelaskan jika kimia yang dibuat untuk bahan tinta pada koran merupakan salah satu faktor munculnya kanker ganas dalam tubuh.

Gangguan pencernaan dan gangguan reproduksi wanita

Koran bekas mengandung diisobutyl phthalate dan benzophenones. Kedua zat ini sangat bebbahaya bagi kesehatan pencernaan dan reproduksi wanita. Dampak dari penggunaan koran bekas untuk bungkus makanan pernah menimpa Malaysia beberapa tahun lalu.

Hingga pemerintah Malaysia melarang penggunaan koran bekas untuk bungkus makanan. Hal ini disebabkan meningkatnya penyakit dalam di kalangan wanita malaysia.

Racun dalam gorengan yang berasal dari minyak goreng

Salah satu alasan kenapa gorengan itu tidak baik bagi kesehatan, ialah terkait penggunaan minyak goreng yang digunakan berulang kali. Minyak goreng memiliki batasan penggunaan yang jika terus-terusan dipanaskan maka akan mengeluarkan asap.

Bahaya minyak gorengan. (giziberkarya.blogspot.com)

Batasan penggunaan atau suhu maksimal minyak goreng biasa disebut dengan smoke point. Semakin lama minyak digunakan maka semakin banyak yang dihasilkan berarti smoke point-nya semakin kecil.

Minyak yang digunakan berulang kali seperti ini mampu menimbulkan dampak yang mengerikan. Mulai dari tersumbatnya pembulu darah, munculnya kanker, sumber lemak jahat, dan faktor pemicu serangan jantung.

Racun dari gorengan yang berasal dari plastik

Racun pada gorengan lainnya muncul dari penggunaan plastik sebagai bungkusnya. Tidak dipungkiri jika plastik merupakan wadah yang terbuat dari bahan kimia berbahaya. Saat membungkus makanan panas seperti gorengan, kandungan kimia pada plastik akan mencemari makanan tersebut.

Bahaya makan gorengan berlebihan. (uzone.id)

Ada beberapa dampak yang bisa ditimbulkan jika makanan kita terkontaminasi dengan plastik, seperti Bisphenol A (BPA), atau gangguan penurunan kesuburan pada wanita, Polystirena (PS) yang bisa memicu tumbuhnya kanker.

Itulah beberapa racun yang terkandung dalam gurihnya gorengan. Makan gorengan boleh-boleh saja sih, asal tidak setiap hari, agar racun di dalam tubuh tidak menumpuk.

 

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *