Nggak Cuma Indonesia, Bahasa Jawa Juga Digunakan 6 Negara Ini Untuk Percakapan Sehari-hari

Bangga ya dengan bahasa Jawa…

Keberagaman budaya dan kekayaan alam Indonesia memang sudah dikenal hingga mancanegara. Mulai dari wisata, kuliner, adat istiadat hingga bahasa daerah salah satunya bahasa Jawa. Jangan salah, bahasa Jawa ternyata tidak hanya digunakan oleh masyarakat Jawa di Indonesia saja tapi juga beberapa negara di dunia.

Bahasa Jawa digunakan di 6 negara (youtube.com)

Beberapa negara berikut ini bahkan menggunakan bahasa Jawa untuk percakapan sehari-hari. Lalu mana saja negara tersebut? Dilansir dari bintang.com, berikut ini 6 negara yang menggunakan bahasa Jawa dalam keseharian.

Belanda

Jika kembali membuka buku sejarah, Belanda telah menjajah Indonesia 3,5 abad lamanya. Dalam kurun waktu tersebut tentu kedua kebudayaan telah bercampur meski tidak menghilangkan budaya asli, misalnya saja bahasa Jawa.

Belanda (beritabelanda.files.wordpress.com)

Banyak orang Belanda yang berminat dengan bahasa Jawa, tak sedikit dari mereka bahkan menjadi pakarnya. Di Belanda juga banyak ditemukan naskah-naskah kuno dengan huruf Jawa yang terawat di Universiteit Leiden, Belanda.

Suriname

Bicara tentang eksistensi bahasa Jawa di mancanegara, Suriname tak boleh dilupakan. Negara bekas jajahan Belanda yang letaknya di Amerika Selatan ini bahkan menggunakan bahasa Jawa sebagai salah satu dialek sehari-hari.

Orang-orang Jawa di Suriname (tirto.id)

Di Suriname kamu juga akan menemukan banyak orang Indonesia keturunan, terutama suku Jawa. Hingga rasanya tak heran bahasa Jawa begitu kental disana. Tak hanya bahasa, bahkan kabarnya kamu juga bisa menemukan banyak kebudayaan dan tradisi khas Jawa.

Malaysia

Faktanya negara tetangga Indonesia ini juga menggunakan bahasa Jawa sebagai salah satu dialek sehari-hari. Hal ini disebabkan banyaknya orang Jawa yang menghuni Malaysia. Sebut saja jumlah penduduk di Selangor dan Johor yang hampir 20 persen adalah orang Jawa. Di Johor kamu bahkan bisa menemukan Parit Jawa, yaitu tempat yang sangat kental dengan nuansa Jawa.

Kampung Padang Jawa di Selangor (isigood.com)

Singapura

Tidak jauh berbeda dari Malaysia. Singapura juga menjadi salah satu negara yang banyak ditinggali orang Jawa. Banyak sekali masyarakat Jawa yang datang sejak tahun 1825 dan mereka bisa hidup berdampingan dengan etnis lainnya seperti Melayu dan juga China. Jadi jangan heran kamu bakal menemukan dialek Jawa di Kota Singa tersebut.

Singapura (travel keren)

Kaledonia Baru

Kaledonia Baru merupakan sebuah negara yang terletak di sub-benua Melanesia di Samudra Pasifik. Sejak tahun 1896, banyak orang Jawa yang datang disana untuk bekerja di pertambangan nikel.

Kaledonia Baru (worldtravelguide.net)

Jumlah keturunan orang Jawa di Kaledonia Baru sudah lebih dari 7.000 orang yang terbagi menjadi tiga kategori, yaitu golongan Niaouli, Golongan wong baleh dan golongan wong jukuan.

Kepulauan Cocos

Kepulauan Cocos merupakan salah satu wilayah yang termasuk dalam teritorial Australia. Di kepulauan tersebut, mayoritas dihuni oleh orang Melayu dan sebagian berasal dari etnis Jawa.

Kepulauan Cocos (islandgirldiscovery.com.au)

Jika kamu berkunjung kesana kamu akan menemukan orang-orang keturunan Jawa yang masih memegang erat kebudayaan. Misalnya saja menggunakan bahasa Jawa dan menerapkan penggolongannya.

Data diatas merupakan salah satu bukti eksistensi bahasa dan budaya Jawa di mancanegara. Sebagai orang Jawa tulen, tentu kamu bangga dong bahasa Jawa bisa mendunia.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *