Kulit Belang Setelah Main di Pantai? Tenang, Atasi Saja dengan 5 Bahan Alami Ini

Tak perlu khawatir lagi saat main di pantai

Pantai..Salah satu destinasi wisata yang sangat digemari. Hamparan pasir putih dengan lautan lepas diiringi suara ombak yang syahdu akan membuat siapapun betah berlama-lama. Semakin lama kamu dipantai pikiran akan semakin tenang, hati damai dan kulit hitam belang. Iya sih piknik di pantai memang menyenangkan, tapi efek belang pada kulit sama sekali tak boleh dibiarkan.

(Via merahputih.com)
(Via merahputih.com)

Kebanyakan dari kita pasti mengalami hal ini. Saking asyiknya bermain di pantai hingga kulit terbakar matahari dan menjadi lebih gelap dari sebelumnya. Pemakaian krim anti matahari tak banyak membantu. Kulit merah dan belang menjadi momok tersendiri sehingga kita menjadi ogah untuk bermain lagi di pantai. Sebenarnya, kulit yang terbakar matahari bisa lho diatasi dengan bahan-bahan alami berikut ini. Kamu tak perlu khawatir lagi kulit menghitam setelah dari pantai. Gunakan saja tips berikut agar kulitmu kembali cerah seperti semula.

1. Aloe Vera

Tanaman yang satu ini dikenal banyak manfaatnya. Selain bermanfaat untuk rambut, aloe vera juga mempunyai khasiat untuk kulit. Salah satunya untuk kulit terbakar. Aloe vera atau lidah buaya merupakan salah satu tumbuhan yang dapat menyejukkan jaringan kulit manusia. Menurut beberapa penelitian, aloe vera sangat berguna untuk mendinginkan kulit yang terbakar matahari.

(Via stylecraze.com)
(Via stylecraze.com)

Kamu yang suka cara alami bisa menaruh aloe vera dalam kulkas lalu potong dan oleskan gelnya pada kulit yang terbakar. Untuk kamu yang lebih suka cara praktis, coba saja beli lotion yang mengandung aloe vera. Sebelumnya pastikan dulu lotion tersebut aman untuk kulitmu dan tak menimbulkan alergi ya.

2. Olesan Kunyit

Kunyit dikenal sebagai bumbu dapur yang dapat membuat masakan menjadi lezat menggoda. Namun apa kamu tau fungsi kunyit untuk kulit? Tak banyak diketahui, ternyata kunyit sangat bermanfaat untuk mengembalikan warna kulit yang terbakar matahari lho. Selain lebih alami, penggunaannya pun cukup mudah.

(Via blogoinformasi.com)
(Via blogoinformasi.com)

Siapkan saja bubuk kunyit atau kunyit yang sudah dihaluskan dengan 1/4 gelas susu murni. Campurkan hingga membentuk adonan pasta. Oleskan pada kulit yang terbakar sebagai scrub dan tunggu hingga kering. Setelah kering, gosok-gosok kulit dengan lembut dan diamkan selama 30 menit. Melakukannya secara rutin pada pagi hari akan membuat kulitmu kembali cerah dan juga halus.

3. Kompres dengan timun, kentang dan tomat

Selain sebagai bahan makanan, ketiga buah ini juga bisa kamu gunakan untuk mengembalikan warna kulit yang terbakar. Kandungan lycopene yang tinggi pada tomat dapat mengurangi efek buruk dari sengatan matahari dan juga radiasi ultraviolet. Sementara timun, seperti pada aloe vera, timun juga berfungsi untuk mendinginkan kulit yang terbakar. Irislah timun atau tomat lalu letakkan pada kulkas, setelah itu tempelkan pada kulit yang terbakar matahari. Bisa juga dengan mengkonsumsi langsung.

(Via mentimun.com)
(Via mentimun.com)

Berbeda dengan timun dan tomat, kentang yang juga kaya manfaat untuk kulit ini harus kamu haluskan terlebih dahulu dengan blender sebelum dioleskan ke bagian kulit yang tersengat matahari. Lakukan selama 20 hingga 30 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

4. Minyak zaitun

Salah satu bahan alami yang terkenal manfaatnya untuk kulit adalah minyak zaitun. Minyak esensial yang ramah pada kulit ini sangat bagus untuk memutihkan kulit. Kandungan vitamin E yang ada pada minyak zaitun dapat menutrisi sel kulit sehingga membantu kulitmu tampil lebih cantik. Nah untuk mengatasi kulit yang terbakar, kamu juga bisa menggunakan bahan yang satu ini.

(Via youtube.com)
(Via youtube.com)

Cukup dengan mencampur 1 sendok makan minyak zaitun dengan air perasan 1 buah lemon. Campurkan kedua bahan tersebut lalu oleskan pada kulit yang terbakar. Setelah itu diamkan selama beberapa menit kemudian bilas hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal lakukan secara rutin.

5. Air putih

Cara yang sangat dan paling mudah dilakukan untuk mengatasi kulit yang terbakar karena sinar matahari yaitu dengan banyak-banyak minum air putih. Melalui beberapa penelitian dijelaskan bahwa kulit yang terbakar matahari juga disebabkan karena dehidrasi. Cara yang paling ampuh mencegah dehidrasi adalah dengan banyak minum air putih.

Dengan banyak minum air putih, sel kulit akan menjadi lembab sehingga pori-pori pada kulit dapat menutup kembali. Jadi, jangan sampai kamu melupakan air putih ya.

(Via lingkarannews.com)
(Via lingkarannews.com)

Nah dengan 5 tips ampuh itu tak usah khawatir saat bermain di pantai. Nikmati saja liburanmu dengan puas. Yuk share agar yang lainnya juga bebas bermain di pantai sepuasnya.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *