Terkena “Jet Lag” Setelah Libur Panjang? Atasi Saja dengan 5 Tips Ampuh Ini

Tips ini juga bisa membuatmu semangat bekerja lagi lho…

Tak terasa libur panjang lebaran telah usai, saatnya kamu kembali lagi menjalani aktivitas seperti biasanya, kerja. Saking menyenangkannya masa liburan, hingga tak terasa libur panjang habis dalam waktu yang singkat dan sekejap. Kebiasaan bangun siang, bersantai-santai, bermain kesana kemari harus mulai kamu tinggalkan dan berganti dengan rutinitas semula. Akibatnya, banyak yang merasakan efek yang mirip ‘jet lag’. Jet lag sendiri merupakan keadaan dimana kamu merasakan kelelahan dan kebingungan setelah pejalanan udara yang panjang. Efek yang sama seperti jet lag ini juga bisa kamu rasakan setelah libur panjang dan harus kembali ke rutinitasmu.

Rasa malas bangun pagi, badan terasa lelah, dan juga kebingungan biasanya akan menghampirimu ketika akan mulai bekerja kembali. Tentunya hal ini bisa menghambat produktivitasmu, jangan sampai ya. Nah kali ini Inovasee akan memberikanmu tips ampuh cara mengatasi jet lag setelah libur panjang agar kamu bisa kembali semangat menjalani rutinitas. Yuk simak tips berikut ini.

(Via travelandleisure.com)
(Via travelandleisure.com)

1. Sisakan waktu liburmu untuk istirahat

Menghabiskan waktu liburan dengan jalan-jalan dan melakukan kegiatan yang menguras tenaga memang sangat wajar. Mudik saat libur lebaran tentu saja sangat menguras tenagamu apalagi ditambah kemacetan panjang. Berkunjung ke sanak saudara tentu juga membutuhkan banyak energi. Semua kegiatan saat lebaran yang kamu lakukan tentu meninggalkan lelah untuk tubuhmu. Kamu membutuhkan waktu khusus untuk istirahat sebelum kembali menjalani rutinitas seperti biasa.

Menyiapkan energi dan stamina untuk memulai aktivitas sangat diperlukan. Sisakan saja satu hari libur terakhir untuk beristirahat penuh dirumah. Selain untuk mengumpulkan tenaga, kamu juga bisa menggunakan waktu untuk mempersiapkan apa saja yang kamu butuhkan esok harinya. Jangan lupa kumpulkan semangat juga ya.

(Via travelandleisure.com)
(Via travelandleisure.com)

2. Ingatlah moment terbaik saat liburan

Lebaran merupakan momen terbaik untuk berkumpul dengan keluarga. Kamu bisa menggunakan momen menyenangkan bersama keluarga atau orang tersayang untuk mendongkrak kembali semangat saat bekerja. Atau mungkin kamu punya momen menyenangkan saat liburan bareng pacar dan pasangan? Ingat-ingat saja momen itu dan rasakan asupan semangat yang akan membuatmu lebih produktif saat bekerja.

(Via huffingtonpost.com)
(Via huffingtonpost.com)

3. Berolahraga ringan

Salah satu cara menghilangkan jet lag setelah liburan ini adalah dengan berolah raga ringan. Olahraga ini bisa kamu lakukan dengan berjalan santai selama 20 menit untuk menyesuaikan jam alami tubuh setelah sekian lama berada dilingkungan yang berbeda saat liburan. Selain untuk menghilangkan rasa jenuh dan malas, olahraga juga akan membakar energi sehingga membuatmu lebih bersemangat. Olahraga ringan saja yang perlu kamu lakukan, jika terlalu berat tubuhmu bisa bertambah lelah.

(Via fastcompany.net)
(Via fastcompany.net)

4. Tidur berkualitas juga dibutuhkan

Setelah berhari-hari begadang dan sibuk dengan segala sesuatu tentang lebaran, kini giliranmu untuk mengistirahatkan badan. Ini salah satu cara menghilangkan jet lag yang masih menempel setelah liburan panjang. Cobalah untuk tidur 8-9 jam selama 4 hari berturut-turut. Pastikan juga kamu mendapatkan tidur yang berkualitas. Hal ini akan membuat badan kembali segar dan siap untuk menjalani hari yang panjang.

(Via wellbuzz.com)
(Via wellbuzz.com)

5. Rencanakan liburanmu selanjutnya

Setelah selesai liburan ekstra panjang, kamu bisa mulai dengan merencanakan liburanmu berikutnya. Carilah destinasi yang belum pernah kamu kunjungi dan rencanakan kunjunganmu saat liburan selanjutnya. Hal ini bisa memacu semangatmu untuk bekerja lebih giat dan juga semangat. Dengan begitu jet lag yang kamu alami akan hilang dengan sendirinya.

(Via nivalink.com)
(Via nivalink.com)

Rasa malas saat kembali bekerja memang sangat terasa. Namun jangan sampai hal ini menghambat produktivitasmu. Lakukan 5 tips diatas agar mengembalikan semangat bekerjamu ya, selamat mencoba!

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *