Inilah Ashin Wirathu, Biksu Buddha yang Menjadi Dalang Pembantaian Etnis Rohingya

Inilah ‘The Face of Buddhist Terror’ itu

Ada satu pertanyaan penting yang nyaris terlupakan di tengah maraknya pembantaian etnis Rohingya di Myanmar. Di setiap genosida (pembantaian besar-besaran secara sistematis terhadap satu suku bangsa atau kelompok dengan maksud memusnahkan) pasti ada satu orang yang berperan sebagai dalangnya. Nah, dalam kasus Rohinya, siapa satu orang itu?

Baca juga : Kebetulan Atau Tidak, 7 Tempat Wisata di Indonesia Ini Sangat Mirip Wisata di Luar Negeri Loh

Ashin Wirathu, dalang utama di balik pembantaian etnis Rohingya. | scmp.com

Jawabannya adalah Ashin Wirathu. Meskipun seorang biksu, Ashin merupakan penggerak utama umat Buddha untuk menyerang etnis Rohingya. Sebelum tragedi ini mencuat, Wirasthu pernah dipenjara karena memicu permusuhan antar agama. Lantas, apa lagi track record-nya?

1. ‘The Face of Buddhist Terror’

Majalah TIME menyebut Ashin Wirathu sebagai salah satu tokoh paling kontroversial di dunia. Wirathu dianggap sebagai seorang provokator yang membenci kaum Muslim. Atas perilakunya itu, dia diberi julukan ‘Buddhist Bin Laden’ oleh kalangan media. Bahkan, TIME menjulukinya sebagai ‘The Face of Buddhist Terror’.

Dijuluki ‘The Face of Buddhist Terror’ oleh majalah TIME. | bbc.com

2. Menganggap Muslim adalah sebuah ancaman

Dikutip dari laman The Economist, Wirathu mengatakan bahwa beberapa abad lalu, Indonesia adalah negara Hindu dan Buddha sebelum jatuh ke tangan orang Islam. Karena itu, dia menilai bahwa etnis Rohingya merupakan sebuah ancaman besar, dan membantai mereka sampai habis adalah jihat.

Menganggap bahwa Muslim adalah sebuah ancaman besar bagi Buddha dan Myanmar. | lpcdn.ca

3. Terlibat dalam gerakan nasionalis anti-Muslim 969

SKUAD 969 dibentuk demi melancarkan serangan pada kaum Muslim di Myanmar. Nama kelompok ini mengacu pada sembilan atribut Buddha, yaitu enam ajaran fundamental, dan sembilan perintah monastik yang berkaitan erat dengan unsur-unsur spiritual demi mencapai nirwana.

Menjadi tokoh penting di gerakan nasionalis anti-Muslim 969. | ibtimes.co.uk

4. Penggagas terbentuknya Ma Ba Tha

Ma Ba Tha adalah sebuah organisasi ekstrimis Buddha yang didirikan secara resmi melalui sebuah konferensi para biksu Buddha di Mandalay. Misi mereka adalah membela Buddhisme Theravada. Wirathu sendiri merupakan penggagas sekaligus pemimpin yang paling ekstrim.

Penggagas Ma Ba Tha, sebuah organisasi ekstrimis Buddha. | atimes.com

5. Gembira atas kematian aktivis Muslim, Ko Ni

Ko Ni, seorang pengacara dan aktivis HAM yang giat membantu etnis Rohingya belum lama ini ditembak mati di Bandara Internasional Yangon. Kesedihan menimpa banyak pemuka agama Buddha pada saat pemakaman Ko Ni. Wirathu, justu gembira dan berterima kasih kepada si pembunuh.

Di saat rakyat Myanmar berduka atas kematian aktivis Muslim Ko Ni, Wirathu justru bahagia. | voanews.com

6. Donald Trump-nya Myanmar

Dijauhi pemerintah Myanmar, Wirathu merasa punya kesamaan pandangan tentang Islam dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Saat kampanye, Trump banyak menggunakan retorika anti-Muslim dan mengawasi dengan ketat setiap gerak-gerik kaum Muslim di negaranya.

Karena kesamaan pandangan tentang Islam, Wirathu menganggap dirinya sebagai Donald Trump-nya Myanmar. | irrawaddy.com

Atas dasar kesamaannya itulah, Wirathu punya gagasan untuk bekerja sama dengan kelompok nasionalis di Amerika Serikat.

Setelah mengetahui enam track record Ashin Wirathu di atas, bagaimana pendapatmu sekarang? Dia, merupakan contoh paling jelas bahwa meskipun sehari-hari memakai atribut keagamaan, ternyata tidak bisa menjamin seseorang mau dan mampu mencintai serta mengasihi sesama umat manusia.


Rekomendasi #SobatInovasee:

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Sering Tampil Seksi, Siapa Sangka Artis-artis Ini Dulunya Santriwati

Sering Dikira Nganggur, Kerjaan Menteri Puan Maharani Sebenarnya Apa Aja Sih?