Asal Usul Nama Nama Kunci Inggris yang Bukan Hanya di Indonesia Saja Dinamai Demikian

Jadi, ini ternyata sejarah dibalik nama kunci inggris yang melegenda.

Mendengar kata kunci Inggris tentu kita semua akan sepakat dengan sebuah kunci yang berfungsi sebagai alat untuk memasang atau melepas mur/baut. Namun keunikan dan kelebihan kunci Inggris dibandingkan dengan kunci pelepas atau pemasang baut lainnya ialah kemampuan kunci Inggris untuk di setting ukurannya sesuai dengan ukuran baut yang akan dilepas atau dipasang.

Kunci inggris lebih bisa digunakan untuk segala ukuran baut (wikimedia.org)

Selama ini apakah kamu pernah bertanya pada diri sendiri kenapa kunci tersebut dinamakan kunci Inggris, dan bagaimana asal usul nama kunci Inggris? Jika kamu pernah merasa penasaran dengan asal usul nama kunci Inggris, kamu telah melakukan hal yang tepat dengan membaca tulisan ini.

Asal usul nama kunci Inggris

Dari berbagai literatur yang membahas persoalan ini, semuanya hampir sepakat jika benda ini dinamakan kunci Inggris karena tidak terlepas dari seorang penemunya yang berkewarganegaraan Inggris.

Revolusi industri masa dimana pertama kali kunci inggris ditemukan (scientias.nl)

Kunci inggris pertama kali ditemukan oleh insinyur Inggris bernama Richard Clyburn pada tahun 1842. Pada masa itu, Inggris dikenal sebagai pelopor revolusi industri di Eropa yang gemar menciptakan barang-barang yang semula dikerjakan dengan tangan (tenaga manusia) kemudian digantikan dengan tenaga mesin atau alat yang lebih sederhana.

Salah satu produk dari genjarnya revolusi industri di Inggris ialah munculnya alat-alat kerja yang diciptakan untuk membuat pekerjaan lebih efisien, salah satunya ialah kunci Inggris. Pengaruh revolusi industri di Inggris sangat besar bagi daratan Eropa, sehingga peralatan industri yang diproduksi Inggris pun dengan cepat menyebar ke negara-negara Eropa lainnya, seperti Perancis, Belanda, dan Italia.

kunci inggris berasal dari negara Inggris (pixabay.com)

Kunci Inggris di negara-negara Eropa seperti Perancis, Italia, dan Belanda disebut sebagai “English Key”. Sekali lagi dinamakan demikian karena alat itu berasal dari negara Inggris.

Bagaimana dengan asal-usul nama kunci Inggris di Indonesia?

Adapun asal usul nama kunci Inggris di Indonesia, ini lebih dekat dengan sejarah penjajahan bangsa Indonesia. Belanda yang pernah datang ke Indonesia dan menjajah bangsa ini, sedikit banyak mempengaruhi bahasa yang ada di Indonesia. Termasuk untuk penamaan kunci Inggris.

Kunci Inggris dibawa oleh Belanda ke Indonesia dengan nama English key= Kunci Inggris (youtube.com)

Masyarakat Indonesia menamakan kunci Inggris hasil dari terjemahan “English key” yang digunakan orang Belanda. Mungkin jika Indonesia dulu di jajah Polandia, atau Denmark, kita tidak menggunakan nama kunci Inggris, melainkan kunci swedia.

Sebab menurut masyarakat Denmark, Polandia, dan Israel, kunci Inggris yang ada saat ini tidaklah sama dengan kunci yang dibuat di Inggris seperti masa revolusi dulu, melainkan bentuk penyempurnaan yang dibuat oleh Johan Petter Johansson dari Swedia.

Di sebagian negara lain, kunci inggris juga disebut dengan sewedden key (tokopedia.net)

Itulah asal usul nama kunci Inggris yang sampai detik ini masih kita gunakan. Coba saja kunci itu yang menemukan orang di desamu, tentu nama desamu akan mendunia!

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *