Asal Usul dan Fakta Dibalik Mitos Makanan Jatuh Belum 5 Menit Masih Layak Makan

Saat makan terus jatuh ke lantai, Upzzz belum lima menit..

Mungkin kamu pernah menjatuhkan makanan dan mengambilnya kembali dan mengatakan “belum lima menit, gpp dimakan”. Lalu sebenarnya darimana sih asal usul pemahaman tersebut? dan apakah benar makanan yang jatuh belum lima menit masih layak makan?

mitos makanan belum 5 menit (rakyatku.com)

Banyak teori dan spekulasi yang mencoba menjelaskan kebiasaan masyarakat kita ini. Berikut ini asal usul dan fakta dibalik misto makanan jatuh belum 5 menit masih layak untuk dimakan.

Asal usul “Belum 5 menit”

Ada beberapa pendapat yang mengatakan asal usul kebiasaan memakan makanan yang jatuh ke lantai, jika belum melebihi lima menit. Pendapat yang pertama mengatakan jika asal usul belum lima menit datang dari kerajaan mongol.

Sebagaimana dilansir dalam laman facebook Sejarah Dunia, konon pendiri kerajaan Mongol, Genghis Khan, membuat sebuah peraturan untuk mewajibkan rakyatnya makan makanan yang jatuh ke lantai sebelum 12 sampai 20 jam jatuh di lantai.

Mitos memakan makanan jatuh yang belum 5 menit (netizenspot.com)

Hal tersebut terpaksa dilakukan guna menghemat persediaan makanan kala itu. Pada perkembangannya, waktu jatuh di lantai makanan yang boleh untuk dimakan kemudian terus dikurangi. Hingga akhirnya hanya 5 menit waktu maksimal makanan jatuh.

Meskipun demikian, pendapat yang satu ini banyak menuai pro dan kontra. Ada sebagian yang mempercayainya dan tidak sedikit yang menolaknya.

Pendapat yang kedua terkait asal-usul pemahaman makanan jatuh ke lantai belum lima menit masih layak makan ini, datang dari sebuah iklan pembersih lantai di Indonesia. Pada iklan pembersih lantai yang tayang di tahun 1992 sampai 2000an ini, menjelaskan bagaimana produk tersebut sangat ampuh membunuh kuman di lantai.

Pernah makan makanan yang jatuh dengan alasan belum 5 menit? (tribunnews.com)

Hingga pada akhir iklan, terdapat adegan sang bintang iklan menjatuhkan buah anggur ke lantai kemudian memakannya sembari mengatakan “belum lima menit”. Menurut sebagian orang, inilah asal muasal jargon belum lima menit makanan jatuh di lantai layak makan.

Fakta makanan jatuh sebelum lima menit, masih layak makan kah?

Banyak yang beranggapan jika saat makanan jatuh ke lantai dan sebelum lima menit maka masih layak makan. Mereka beranggapan jika dibawah waktu lima menit makanan yang jatuh belum terkontaminasi bakteri.

Namun ternyata pemahaman tersebut tidaklah benar. Menurut Profesor Paul Dawson dari Camlon University mengatakan. Perpindahan bakteri ke makanan yang jatuh tidak dipengaruhi oleh lama atau tidaknya waktu makanan itu di lantai.

Seberapa lama jatuh nyatanya tidak mempengaruhi perpindahan bakteri ke makanan (riauonline.co.id)

Namun perindahan bakteri dipengaruhi oleh banyak atau tidaknya bakteri di sebuah lantai tersebut. Semakin banyak bakteri yang bersarang di suatu tempat maka semakin cepat makanan yang jatuh akan terkontaminasi.

Clemon University sendiri pernah melakukan penelitian terkait hal tersebut pada tahun 2007 yang lalu. Penelitian tersebut dengan cara meletakan bakteri salmonella di lantai keramik, lantai kayu, dan karpet.

Bakteri lebih banyak mengkontaminasi jika tempatnya memang kotor (grid.id)

Kemudian peneliti menjatuhkan roti ke tiga tersebut rata-rata 5 detik. Hasilnya, pada saat roti dijatuhkan ke karpet tidak kurang dari 1% bakteri yang berpindah ke makanan.

Sedangkan saat roti dijatuhkan di lantai keramik dan kayu selama 5 detik, ternyata perindahan bakteri mencapai 48-70%. Itu artinya waktu jatuh tidak mempengarhui perpindahan bakteri ke makanan.

Namun, di penelitian selanjutnya, tim peneliti mendapatkan jika makanan bisa langsung terkontaminasi bakteri bahkan di seperdetik pertama saat jatuh ke lantai. Artinya, saat makanan jatuh hanya sekian detik saja sudah terkontaminasi bakteri. Persoalan banyak atau sedikitnya bakteri yang mengkontaminasi, itu tergantung kebersihan lokasi jatuhnya.

Bakteri bisa berpindah hanya dalam hitungan sekian detik (wartakota.com)

Jadi, kesimpulannya jargon “belum lima menit” makanan jatuh di lantai layak makan hanyalah mitos belaka. Sebab saat makanan jatuh dilantai dalam hitungan sekian detik sudah terkontaminasi bakteri. Terlebih jika lantainya kotor.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *