Yuk Belajar Memahami Arti Simbol yang Ada di Laundry Tag Bajumu Itu

Sudah tau artinya belum?

Sebut saja laundry tag itu benda kecil yang sering nempel di balik baju namun tidak pernah diperhatikan sama sekali oleh orang yang memakainya. Bahkan beberapa menganggapnya mengganggu dan memilih untuk membuangnya. Padahal jika dicermati, laundry tag sangat penting perannya sebagai panduan merawat bajumu itu.

Laundry tag (mollyssuds.com)

Setidaknya ada 5 simbol dasar yang sering kali tercantum dalam laundry tag. Simbol ini meliputi  cara pencucian (washing), cara mengeringkan (drying), cara menyetrika (ironing), cara pemakaian pemutih (bleaching), dan terakhir adalah simbol untuk proses dry cleaning. Selain itu masih ada simbol pelengkap lainnya seperti garis, titik, gambar tangan, dan garis silang yang memiliki arti masing-masing.

Agar kamu tak salah dalam merawat baju, coba deh pahami arti simbol yang ada di laundry tag berikut ini.

1. Simbol pencucian (washing)

Simbol pencucian (sewguide.com)

Simbol ini umumnya berbentuk wadah yang berisi air. Biasanya terdapat pelengkap berupa gambar tangan, garis, titik, silang, dan keterangan angka temperatur atau suhu yang dapat ditoleransi oleh masing-masing pakaian. Berikut ini adalah arti dari masing-masing simbol pelengkap.

Simbol angka

Simbol angka yang biasanya terdapat di tengah wadah merupakan kepastian angka suhu yang diperbolehkan ketika mencuci. Biasanya angka suhu ini ditulis dalam skala celcius.

Simbol titik

Simbol titik juga menunjukkan keterangan suhu atau temperatur. Biasanya label hanya menggunakan tiga simbol titik untuk menunjukkan toleransi baju pada suhu dingin, sedang atau panas. Jika lebih dari tiga, biasanya mengacu pada keterangan angka.

Simbol garis di bawah wadah

Simbol ini mengacu pada level putaran pada mesin cuci. Tanpa garis artinya putaran normal, satu garis artinya putaran sedang, dan dua garis berarti lambat.

Simbol tangan

Simbol ini menandakan bahwa pencucian baju hanya boleh dilakukan secara manual dengan tangan, tanpa bantuan mesin cuci.

Simbol silang

Artinya larangan untuk mencuci. Baik dengan tangan ataupun menggunakan mesin. Baju yang memiliki simbol ini biasanya dibersihkan secara khusus dengan proses dry clean.

2. Simbol pengeringan (drying)

Simbol pengeringan (sewguide.com)

Dalam simbol pengeringan terdapat dua bentuk utama yaitu simbol kotak dan simbol kotak dengan lingkaran di dalamnya. Jika simbol kotak dengan lingkaran di tengah tanpa tambahan pelengkap artinya dikeringkan secara normal dengan suhu terpanas yang ada pada setting mesin. Nah berikut ini arti dari beberapa simbol pengeringan dengan beberapa pelengkap.

Kotak lingkaran dengan titik di tengah

Simbol titik mengacu pada suhu atau temperatur pada mesin cuci. Titik satu artinya dikeringkan dengan putaran normal dan suhu rendah. Titik dua artinya putaran normal dengan suhu medium. Titik tiga dikeringkan dengan putaran normal dan suhu tinggi.

Kotak dengan lingkaran hitam penuh

Dikeringkan dengan putaran normal tanpa panas atau dengan udara saja.

Kotak lingkaran dengan garis di bawah

Hampir sama dengan simbol pencucian, pada pengeringan kotak lingkaran dengan satu garis di bawah artinya dikeringkan dengan setting tekanan tetap tanpa kerut. Sementara garis dua artinya dikeringkan dengan setting siklus lembut.

Kotak silang

Artinya tidak boleh dikeringkan dengan mesin cuci. Biasanya di produsen menyertai dengan cara pengeringan lainnya.

Kotak dengan garis lengkung di atas

Tanda ini berarti baju tersebut harus dikeringkan dengan cara digantung dan berjajar. Bisa di dalam maupun di luar ruangan.

Kotak dengan tiga garis vertikal

Merupakan simbol instruksi untuk menjemur baju dengan digantung. Biarkan air menetes hingga baju kering tanpa harus diperas dengan tangan.

Kotak dengan satu garis horisontal di tengah

Bisa juga disebut dengan dry flat, proses pengeringan atau anjuran menjemur baju yang hanya diletakkan pada permukaan rata.

Kotak dengan dua garis diagonal pada ujung kotak

Simbol ini merupakan anjuran pengeringan di tempat yang teduh sehingga baju todak terkena sinar matahari secara langsung. Biasanya metode ini menyertai metode pengeringan dengan cara digantung.

3. Simbol penyetrikaan (ironing)

Bisa dibilang simbol ini paling bisa ditebak, yaitu instruksi untuk menyetrika baju. Secara umum berbagai macam simbol pelengkap yang ada pada ironing hampir sama dengan simbol yang disebutkan di poin atas. Lagipula tidak banyak tambahan simbol untuk proses ini sehingga lebih mudah untuk diingat.

Simbol penyetrikaan (amazonaws.com)

Beberapa simbol pelengkap yang ada pada proses ironing biasanya berupa titik yang artinya pengaturan temperatur, tanda silang sebagai larangan menyetrika, sedangkan tanda silang di bawah berarti baju tersebut tidak boleh disetrika dengan setrikaan uap.

4. Simbol pemakaian pemutih (bleaching)

Simbol pemakaian pemutih (tdpservizi.it)

Simbol bleaching biasanya dilambangkan dengan bentuk segitiga yang memiliki pelengkap berupa garis dan silang. Seperti pada proses lainnya, tanda silang artinya tidak boleh menggunakan pemutih dalam proses pencucian. Sementara tanda dua garis berarti boleh menggunakan pemutih dengan bahan chlorine saja. Terakhir segitiga polos artinya boleh menggunakan pemutih dari bahan apa saja.

5. Simbol dry cleaning

Proses satu ini memiliki simbol lingkaran dengan sedikit pelengkap. Biasanya baju dengan bahan tertentu yang terkena noda membandel bisa dengan mudah dibersihkan dengan dry cleaning. Misalnya saja noda cat atau terkena bahan kimia lainnya.

Simbol dry cleaning (amazonaws.com)

Namun proses ini memiliki kekurangan yaitu bisa membuat baju mengkerut serta warnanya memudar. Ada dua simbol, lingkaran polos artinya boleh dilakukan proses dry cleaning, sementara simbol silang artinya tidak boleh dicuci dengan dry clean.

Meski nampaknya sangat banyak simbol dan tanda, sebenarnya artinya hampir sama. Kamu hanya harus menghafal dasar-dasarnya saja sebagai patokan. Nah mulai sekarang jangan cuci baju secara sembarangan lagi ya. Agar bajumu tetap bagus dan awet lebih lama.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *