Tanpa Harus Pergi Ke Dokter, Tes Kualitas Sperma Kini Bisa Lewat Perangkat Smartphone

Sudah cek kualitas sperma? Cobain pakai aplikasi ini!

165
SHARES

Bagi pasangan suami istri tidak lekas mendapatkan momongan merupakan beban moral tersendiri, pada banyak kasus apabila suami istri sudah bertahun-tahun tidak juga mendapatkan keturunan maka secara psikologi pasangan suami istri tersebut mengalami goncangan. Meskipun beberapa alternatif untuk mendapatkan keturunan sudah dilakukan, namun tidak jarang pasangan suami istri belum juga mendapatakan momongan.

Biasanya jika pasangan suami istri belum juga mendapatkan keturunan, objek utama yang dipertanyakan kesuburannya ialah sang suami. Maka tidak heran beban mental yang diemban suami bisanya lebih besar dibandingkan istri. Hal ini diperparah jika suami dianjurkan untuk mengetes kualitas sperma di klinik atau di dokter spesialis.

sehatfresh.com

Saat suami dianjurkan untuk mengetes kualitas sperma di dokter, biasanya hal ini akan sangat mengganggu mental dari suami. Hal inilah yang mendorong salah satu perusahaan di Jepang membuat terobosan dengan menciptakan perangkat tes sperma mandiri. Jadi kini laki-laki tidak perlu pergi ke dokter untuk mengecek kualitas spermanya. Hanya melalui perangkat smartphone suami istri bisa tahu kualitas spermanya.

Perangkat tes sperma ini terdiri dari lensa mikroskop yang kemudian bisa ditempelkan di kamera smartphone dan sebuah gelas penampung, serta aplikasi yang akan menunjukan data-data tentang kualitas sperma. Perangkat yang dinamai “Seem” ini saat dibanderol dengan harga sekitar Rp. 500.000.

wartaplus.com

Menurut Ryo Irisawa, pengembang aplikasi Seem, ia menyebutkan dengan menggunakan aplikasi smartphone ini kini semua orang bisa mengecek kualitas sperma secara mandiri dengan hanya membutuhkan waktu sekitar satu sampai dua menit. Data yang muncul di layar smartphone berupa grafik, yang akan memudahkan pengguna untuk mengetahui kualitas spermanya.

Cara menggunakan alat ini juga terbilang cukup sederhana. Cukup meneteskan sperma diatas lensa kemudian direkam videonya. Hasil rekaman video ini yang kemudian akan dianalisi oleh aplikasi Seem ini. Ryo menambahkan, adanya aplikasi ini akan banyak membantu pasangan suami istri. Dari mengetahui penyebab belum mendapatkannya keturunan, serta mengurangi beban mental suami istri saat mengecek kualitas sperma di dokter atau klinik.

obatkuwat.com

Bagi masyarakat Jepang hadirnya perangkat ini sangat membantu. Pasalnya beberapa dekade terakhir Jepang mengalami penurunan angka kelahiran bayi. Selain karena rutinitas penduduk Jepang yang sangat tinggi, adanya pengabaian kualitas sperma juga diindikasikan menjadi menurunnya angka kelahiran bayi di Jepang.

Meskipun di pasaran Indonesia perangkat ini belum populer, namun tidak menutup kemungkinan Indonesia bakalan menjadi pasar basah buat penjualan aplikasi yang satu ini.

165
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,