7 Aplikasi Smartphone yang Wajib Dimiliki Para Pelajar Untuk Mempermudah Belajar

Buat pelajar wajib diinstal nih.

301
SHARES

Tidak dipungkiri kehidupan kita saat ini tidak bisa terlepas dari yang namanya teknologi, dari bangun tidur sampai mau tidur lagi kita selalu bersinggungan dengan teknologi. Tidak terkecuali dengan teknologi smartphone, bahkan sepertinya smartphone merupakan teknologi yang paling banyak menghabiskan waktu bersama kita.


Smarthone tidak hanya digunakan untuk buang-buang wktu, tetapi untuk membantu belajar juga (tamarpl.files.wordpress.co)

Namun sayangnya terkadang kita lalai dengan teknologi, sehingga waktu kita terbuang sia-sia hanya untuk bermain dengan smartphone. Terlebih buat kamu pelajar yang tidak bisa terlepas dari smartphone, tantangan utama kamu tentu waktu belajarmu yang mulai terbuang sia-sia.

Sebenarnya smartphone tidak melulu memberikan dampak negatif buat kita, tergantung kita memanfaatkannya. Nah, buat kamu para pelajar sepertinya harus lebih memanfaatkan smartphone kamu untuk meningkatkan presatasimu dengan memiliki aplikasi ini.

1. PhotoMath

Aplikasi yang satu ini bisa dibilang sangat membantu kamu dalam mengerjakan tugas-tugas matematika yang rumit. Hitung-hitungan serumit apapun bisa kamu selesaikan hanya dengan memfokuskan soal tersebut dengan kamera smartphone mu, dan jawaban akan muncul sendiri.

Dengan photomath, kamu bisa menyelesaikan soal matematika hanya dengan memotretnya (okezone.com)

Namun perlu diingat, meskipun ini sangat simple dan sangat membantu kamu, alangkah lebih baiknya jika kamu berusaha mengerjakannya terlebih dahulu. Mencari jawabannya dengan rumus yang telah guru jelaskan, sebab jika kamu bisa menemukan jawaban dari usaha kerasmu sendiri, kamu akan merasakan kenikmatan ilmu pengetahuan. Percayalah!

2. Google translate

Aplikasi yang satu ini khusus buat kamu yang tidak begitu menguasai bahasa Inggris, namun sering bertemu dengan soal-soal pakai bahasa Inggris. Google translate merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Google.Inc untuk memudahkan alih bahasa penggunanya dari berbagai negara di dunia.

dengan google translate kamu bisa menyalin bahasa asing dengan mudah (youtube.com)

Awalnya google translate hanya bisa diakses melalui web peramban, namun kini google translate hadir dengan bentuk aplikasi yang sangat simple dan sangat membantu. Kini input kata yang akan disalin juga lebih bervariasi, bisa diketik manual, difoto, atau melalui ucapan. Pokoknya keren deh.

3. CamScanner

Sepertinya untuk aplikasi yang satu ini masih belum banyak digunakan para pelajar di Indonesia. Mungkin kamu juga masih asing? Kalau sudah pakai berarti kamu pelajar yang up to date tentang teknologi. CamScamer sendiri merupakan aplikasi yang akan membantumu merubah hard file menjadi soft file.

Camscamer merubah hard file menjadi soft file (aplikanologi.com)

Jadi buat kamu yang ingin berbagi catatan dengan teman kamu, tetapi kamu malas untuk menuliskannya ulang, kamu bisa merubah catatan fisikmu tadi ke bentuk file pdf melalui aplikasi ini. Cara kerja aplikasi ini sama dengan mesin scanner. Namun ini lebih simple, kamu tinggal fotoin dokumen tersebut, lalu ubah formatnya menjadi pdf, dan siap dibagikan ke teman kamu.

4. Free graphing calculator

Aplikasi yang wajib dimiliki pelajar yang selanjutnya ialah free graping calculator, aplikasi kalkulator canggih ini memang sangat membantu kamu saat membutuhkan perangkat yang simple dan akurat dalam hasil perhitungan. Free graphing calculator memiliki banyak fitur yang canggih, yang pastinya akan sangat membantu kamu menyelesaikan tugas sekolah.

Free graphing calculator merupakan kalkulator terlengkap dan tercanggih

Fitur-fitur yang disediakan free graphing calculator antara lain, fitur grafik, fitur converter, fitur membuat statistik dengan data yang sudah ada, membuat tabel sesuai yang kamu inginkan, dan fitur rumus quadran, rumus sin, cos, dan tan. Serta masih banyak lagi rumus matematika yang lainnya.

5. Duolingo

Selain google translate, aplikasi yang dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu adalah duolingo. Namun berbeda dengan google translate, duolingo lebih bertujuan untuk media pembelajaran.

Duolingo merupakan aplikasi belajar bahasa inggris dengan game (dribbble.com)

Duolingo bermaksud menjadikan pelajaran bahasa Inggris kedalam sebuah permainan, dimana permainan tersebut terdapat level-level yang harus ditaklukan. Semakin tinggi levelnya, nilainya semakin tinggi juga, dan tentunya soal bahasa Inggrisnya juga lebih sulit. Namun duolingo begitu menarik untuk kamu coba, selain menyenangkan juga mencerdaskan loh.

6. WPS Office + PDF

Disaat era digital seperti saat ini, sepertinya penggunaan catatan fisik atau dengan menggunakan buku sudah mulai berkurang, pun dalam buku pelajaran. Kini banyak buku pelajaran yang hadir dalam bentuk soft file atau ebook, selain lebih ringan dan praktis, ebook juga lebih mudah didapatkan.

aplikasi WPS ini berfungsi untuk membuka file pdf dan mengelola file Ms Word (youtube.com)

Nah, biasanya ebook yang ada saat ini berupa file pdf. Jadi agar kamu bisa menikmati jutaan ebook-ebook penting di internet, kamu perlu menginstal dahulu aplikasi WPS Office + PDF ini. Selain itu, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk mengelola Ms Word, baik itu membuka, mengedit ataupun menulis. Simple bukan?

7. Ruang guru

Aplikasi yang terakhir ini sepertinya wajib dan harus kamu install sekarang juga. Sebab aplikasi ruang guru memang didedikasikan buat kamu para pelajar yang menginginkan materi lebih dari hanya dalam kelas. Dengan aplikasi ruang guru kamu akan mendapatkan materi pengayaan dari semua mata pelajaran.

Aplikasi ruang guru bermanfaat bagi siswa (kilatstorage.com)

Aplikasi ruang guru menawarkan les online secara privat. latihan ujian harian, latihan try out, latihan SBMPTN, dan latihan seluruh soal-soal dari jenjang SD sampai SMA.

Aplikasi ruang guru berisi tes soal lengkap, dan materi pelajaran yang cukup lengkap (istribawel.com)

Nah itulah tujuh aplikasi yang wajib dimiliki para pelajar, jadi waktumu jangan cuma dihabiskan buat game online atau mainan media sosial aja ya bro sis, jadi pengguna teknologi yang cerdas.

301
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,