Agar Mudik Lebih Menyenangkan, 5 Aplikasi Khusus Mudik Ini Wajib Ada di Smartphone mu

Aplikasi ini siap membantu dan menemani perjalanan mudikmu.

Mudik sudah menjadi tradisi yang sangat dinantikan oleh masyarakat kita. Meskipun banyak kasus yang tidak mengenakan saat mudik, seperti terjadi kemacetan yang parah, tersesat saat mengambil jalur alternatif, kehabisan bensin ditengah-tengah kemacetan, sampai harus mabuk perjalanan, namun mudik selalu terasa dinanti-nanti bagi sebagian besar penduduk Indonesia.

Kondisi lalu lintas saat mudik lebaran (inspirasibangsa.com)

Nah buat kamu yang berencana melakukan perjalanan mudik, kamu bisa meminimalisir beberapa persoalan yang tidak mengenakan saat melakukan mudik dengan mendownload aplikasi smartphone berikut. Selain menjadi pemandu perjalanan mudik, beberapa aplikasi ini juga bisa menjadi teman perjalanan mudik kamu yang menyenangkan.

1. Waze

Aplikasi yang wajib kamu unduh saat melakukan perjalanan mudik yang pertama ialah Waze, aplikasi ini memang direkomendasikan buat kamu yang melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil.

Waze (cdn-media-1.lifehack.org)

Pada dasarnya aplikasi waze ini hampir sama dengan aplikasi google map, yaitu berfungsi sebagai penunjuk jalan melalui sistem Gps. Namun yang membedakan dari Waze ialah aplikasi ini disambungkan dengan media sosial, jadi antar pengguna aplikasi ini bisa saling memberikan informasi keadaan lalu lintas di suatu tempat, seperti kemacetan, kecelakaaan, penutupan jalan, dan lain sebagainya.

2. Google map

Seperti yang sempat kita singgung diatas, jika google map merupakan aplikasi yang berfungsi untuk memberikan petunjuka jalan saat kita melakukan perjalanan mudik. Aplikasi ini menggunakan GPS sebagai penunjuk jalan, sehingga keakuratan bisa mendekati 99%.

Google map (blog.davestpay.com)

Fitur dari google map saat ini bisa dikatakan lebih baik, sebab ada beberapa fitur yang sangat membantu perjalanan mudik kamu. Seperti fitur penunjuk tempat SPBU, ATM, dan kondisi lalu lintas.

3. Lewat mana

Satu lagi aplikasi yang waib kamu unduh saat perjalanan mudik, aplikasi ini bernama Lewat Mana. Pada dasarnya aplikasi ini sama dengan aplikasi sebelum-sebelumnya, yaitu sebagai penunjuk jalan saat kamu mudik. Namun yang membedakan dari aplikasi ini ialah kamu bisa melihat secara langsung kondisi lalu lintas melalui rekaman Cctv yang dipasang di beberapa titik.

Aplikasi lewat mana (urbandigital.id)

App Lewat Mana bisa dikatakan paling nyata dalam memberikan gambaran kondisi lalu lintas, selain itu kamu juga bisa menggunakan fitur Driving Mode, yaitu kamu bisa mengetahui peta dan posisi kamu secara realtime.

Namun kekurangan dari aplikasi ini ialah pemantauan CCTV kondisi lalu lintas tidak merata, dan hanya dibeberapa titik saja yang dinilai rawan kemacetan. Untuk kota-kota kecil, CCTV yang bisa diakses dengan aplikasi ini masih sangat sedikit.

4. Aplikasi Go mudik

Bisa dibilang aplikasi yang harus dimiliki saat perjalanan mudik yang paling lengkap ialah aplikasi Go Mudik. Aplikasi ini memiliki fitur yang lebih lengkap dari beberapa aplikasi sebelumnya, namun juga memiliki kekurangan tersendiri. Aplikasi ini mendapat dukungan penuh dari CNN Indonesia, inilah yang menjadikan apilkasi ini bisa dikatakan lebih bergengsi.

Aplikasi go mudi CNN (siapp.id)

Aplikasi go mudik merupakan aplikasi mudik yang digunakan secara resmi oleh beberapa kementrian untuk memantau arus mudik, seperti, kementrian Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Korps Polisi Lalu-lintas Polri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Kesehatan, Jasa Marga, serta Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal.

Adapun beberapa fitur unggulan dari aplikasi ini ialah, info lokasi menarik di jalur dan tujuan mudik, dalam 5 kategori: wisata, kuliner, bisnis, sosial, dan event. Selain itu kamu juga bisa mengetahui berita mudik hasil reportase CNN Indonesia dan pantauan dari CCTV sepanjang jalur mudik.

aplikasi go mudik CNN (cnnindonesia.com)

Fitur menarik lainnya ialah kamu bisa berbagi foto dan video suasana mudik yang dikirimkan pengguna aplikasi, ada juga fasilitas untuk berinteraksi sesama pemudik dan fasilitas untuk melaporkan kondisi jalur mudik. Yang paling menarik ialah permainan berupa kuiz berhadiah menarik Toko online yang menjual kebutuhan mudik yang akan menemani perjalanan mudik kamu.

Namun kekurangan dari aplikasi ini ialah, untuk beberapa kasus, apilkasi sering terjadi gagal memuat informasi. Banyak pengguna yang merasakan pembaruan informasi aplikasi ini atau penayangan berita di apilkasi ini tidak secepat aplikasi lewat mana, yang kita bahas sebelumnya.

5. Muslim pro

Terakhir, aplikasi yang wajib kamu miliki saat melakukan perjalanan mudik ialah aplikasi muslim pro. aplikasi ini memang tidak secara spesifik berfungsi sebagai penunjuk jalan atau pemberi informasi tentang keadaan lalu lintas, namun aplikasi ini banyak fitur yang bermanfaat bagi umat muslim saat melakukan perjalanan mudik.

Aplikasi muslim pro (cendekstory.blogspot.co.id)

Fitur-fitur yang ada di aplikasi ini antara lain, informasi waktu sholat dengan adzan otomatis, informasi waktu berpuasa, tasbih digital, kumpulan doa sehari-hari, Al Qur’an digital, informasi masjid terdekat dari posisi kamu, dan yang paling penting informasi tempat makan halal terdekat dari posisi kamu. Sangat membantu bukan?

Itulah 5 aplikasi yang bisa kamu unduh untuk mempermudah perjalanan mudik kamu, jangan lupa berdoa sebelum melakukan perjalanan mudi, cek kendaraan dan aga stamina. Semoga mudik kali ini menyenangkan dan selamat sampai tujuan.

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Yang Pasti Dilakukan Para Pasangan Vs Jomblo Sebelum Lebaran

7 Surga Tersembunyi di Sukabumi yang Keindahannya Harus Kamu Nikmati