Anti Mainstream, Judul Berita Koran Lampu Hijau Dikenal Nyeleneh dan Bikin Ngakak

Baca judul-judul beritanya jadi pengen ketawa, tapi takut dosa…

Di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini, banyak sekali media-media menggunakan strateginya untuk menggaet khalayak. Mulai dari membuat judul berita yang bombastis, judul berita yang bersifat clickbait, atau judul berita yang unik bahkan bisa dikatakan tidak mencerminkan produk jurnalisme.

Berita di Koran (yukepo.com)

Hal tersebut seperti model yang digunakan oleh salah satu media cetak yang berada di Jakarta. Mungkin bagi sebagian warga jakarta sudah tidak asing lagi dengan media cetak Lampu Hijau. Media cetak yang dikenal menyajikan berita kriminal dengan penggunaan judul antri mainstream dan diluar pakem karya jurnalisme.

Bahkan tidak jarang judul yang digunakan Lampu Hijau bisa bikin pembacanya tertawa terbahak-bahak, padahal berita yang sedang dia baca adalah berita kriminal. Mau tahu seperti apa judul-judul berita unik ala lampu hijau? Cekidot…

Isi beritanya kriminal, bahasanya vulgar. Klop!

Menurut Syahroni, atau yang akrab dipanggil Rony, segmentasi pembaca koran lampu hijau memang kalangan menengah kebawah. Hal inilah yang membuat penggunaan bahasa di judul lampu hijau sedekat mungkin dengan orang-orang kelas bawah. Itulah kenapa judul di koran lampu hijau terdengar vulgar dan jauh dari kata formal kebahasaan.

Tanpa basa basi dan sensor kan (palingunik85.files.wordpress.com)

Kasus pemerkosaan pun judulnya masih gak karuan!

Lazimnya media massa saat memberikan berita terkait pembunuhan, perampokan, atau pemerkosaan, biasanya mereka menggunakan judul yang penuh dengan keseriusan, mencekam, atau penuh empati terhadap korbannya. Namun sepertinya hal itu tidak berlaku bagi koran Lampu Hijau.

Duh, gini amat judul (palingunik85.files.wordpress.com)

Tidak layak dibaca anak-anak nih judul!

Kadang koran Lampu Hijau sedikit mendramatisir judul yang mereka suguhkan. Namun lagi-lagi tujuannya ialah bukan nilai urgensi berita yang ditonjolkan, melainkan agar berita terdengar aneh, unik, dan pembaca merasa penasaran.

Semoga para homo tidak terinspirasi untuk melakukannya juga (palingunik85.files.wordpress.com)

Apakah ada orang yang digebukin tambah pinter?

Unsur lain yang menjadikan koran Lampu Hijau bisa dikatakan sebagai koran yang jauh dari pakem jurnalisme ialah dalam memberikan opini, atau gagasan wartawan di judul beritanya. Semisal judul dibawah ini, penggunaan kata “sampai goblok” merupakan opini atau gagasan seorang wartawan. Yang mana dalam laku wartawan hal itu tidak dibenarkan, namun menghibur juga sih bagi pembaca.

Kalau pinter sih gak jadi maling kan (palingunik85.files.wordpress.com)

Ini siapa yang goblok ya, wartawannya, polisinya, apa mayatnya?

Kamu pasti tidak habis pikir dengan judul yang satu ini, aneh sih kedengarannya, namun bikin ngakak. Kalau kamu tidak ketawa, mungkin belum paham sepenuhnya dengan judul beritanya.

Kalau mayatnya bisa bicara pada lari semua tuh orang (palingunik85.files.wordpress.com)

Kisah mahasiswa yang berubah jadi Spiderman.

Entah berita ini penting apa tidak bagi khalayak, namun koran Lampu Hijau berhasil mengemasnya menjadi berita yang menarik. Itulah kenapa sampai saat ini Lampu Hijau memiliki pembaca yang fanatik, karena ia selalu berhasil membuat berita biasa menjadi menarik.

Balada cinta spiderman (palingunik85.files.wordpress.com)

Judul beritanya no sensor, full kronologi kejadian.

Biasanya berita di media cetak dibuat seringkas mungkin, namun sejelas mungkin. Tapi bagi koran Lampu Hijau, judul panjang tidak masalah, yang penting terdengar gokil dan jelas bagi pembacanya.

Mungkin main playstation yang dimaksud (palingunik85.files.wordpress.com)

Meskipun judulnya jauh dari pakem produk jurnalisme, namun koran Lampu Hijau berhasil bertahan dari banyaknya media yang gulung tikar akibat konversi media massa ke digital. Meskipun Lampu Hijau juga kini hadir di portal online nya.

Tulis Komentarmu
Amin Aulawi (Aw)

Written by Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Diundang ke Nikahan Mantan? Ini Tata Krama yang Tak Boleh Dilupakan

Untuk Kamu yang Selalu Merasa Kesepian dalam Pernikahan